6 Tips Jitu Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

18 June 2021 • By heppi

Apapun skala bisnis Sobat, baik bisnis kecil ataupun bisnis yang sudah bertumbuh pesat, kenaikan angka penjualan sudah pasti ada dalam tujuan bisnis.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana caranya? Bagaimana cara meningkatkan angka penjualan di dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif ini? Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis online, jika dengan menulis satu kata kunci saja, konsumen dapat melihat banyak sekali pilihan produk?

Meningkatkan penjualan bisnis online
6 tips jitu meningkatkan penjualan bisnis online (Sumber: Freepik)

Nah, jika Sobat bingung bagaimana cara meningkatkan penjulan bisnis online, berikut 6 tips jitu yang dapat Sobat lakukan.

6 tips jitu meningkatkan penjualan bisnis online

Menentukan target konsumen Sobat

Langkah pertama dalam meningkatkan penjualan bisnis adalah menentukan siapa target konsumen Sobat dengan melakukan riset konsumen.

Dengan menentukan target konsumen, Sobat akan mengetahui banyak informasi yang nantinya akan membantu Sobat menentukan strategi pemasaran yang sesuai sehingga tepat sasaran dan hasilnya dapat meningkatkan penjualan bisnis, seperti:

  • Demografi konsumen: umur, pekerjaan, status perkawinan, kondisi finansial, ataupun kepribadian.
  • Masalah yang sedang dihadapi dan bagaimana bisnis Sobat memberikan solusi.
  • Alasan konsumen membeli.

Optimasi toko online Sobat

Apapun itu, baik memiliki website sendiri, maupun membuka toko di platform marketplace, mengoptimasi toko online adalah suatu keharusan.

Optimasi yang di maksud di sini adalah medesain toko sehingga menarik dan nyaman untuk dilihat, memudahkan dalam mencari produk yang diinginkan konsumen, serta kemudahan mengakses toko online melalui perangkat seluler (HP) ataupun laptop/komputer.

Hal ini dikarenakan mayoritas konsumen yang langsung membeli produk dari ponsel mereka.

Mempermudah proses konsumen untuk membeli produk

Seperti yang Sobat ketahui, konsumen suka dengan proses membeli yang mudah. Yang dengan beberapa klik saja sudah selesai, dan hanya tinggal menunggu produk dikirim ke rumah.

Jika proses pembelian di toko online Sobat tidak praktis, maka, konsumen akan memilih membeli di toko lain dengan proses yang lebih praktis.

Nah, untuk mempermudah proses konsumen dalam membeli produk, Sobat dapat melakukan hal beberapa ini:

  • Menyediakan berbagai metode pembayaran: Seringkali, konsumen memiliki preferensi cara pembayaran mereka sendiri. Untuk itu, sertakan banyak pilihan pembayarabn seperti kartu kredit, transfer lewat ATM, COD, ataupun melalui dompet digital.
  • Hindari biaya tambahan: Tidak ada yang lebih mengganggu pembeli daripada membayar produk yang dibeli di toko online dan menyadari bahwa harganya lebih tinggi dari yang tertera di kolom deskripsi produk. Jika Sobat akan mengenakan biaya tambahan pada harga suatu produk, selalu sertakan penjelasan di awal atau tulis pada kolom deskripsi produk.
  • Biaya pengiriman yang murah: Bila memungkinkan, buat biaya pengiriman produk menjadi Rp0, atau gratis.
  • Kebijakan pengembalian barang yang mudah: Jika terjadi kesalahan kirim barang ataupun terdapat cacat produk, buat kebijakan pengembalian barang yang memudahkan konsumen dengan ketentuan yang telah ditentukan. Misalnya, harus menyertakan video unboxing, ataupun produk belum digunakan atau dicuci.
  • Pengiriman cepat: Tunjukkan dengan jelas estimasi kapan pesanan akan tiba di rumah konsumen.

Miliki foto produk yang jelas dan menarik

Foto produk tidak bisa dipungkiri adalah kunci dari bisnis online. Karena pengguna tidak dapat melihat, menyentuh, atau mencoba produk Sobat secara langsung, maka Sobatperlu memberi mereka informasi visual sebanyak mungkin.

Yang perlu diingat adalah jangan sampai Sobat hanya mengunggah foto produk ala kadarnya. Unggah banyak foto produk yang jelas dari sudut yang berbeda dengan tetap memperhatikan estetika.

Jika memungkinkan, Sobat juga dapat memberikan video singkat produk agar konsumen lebih yakin untuk melakukan pembelian.

Gunakan fitur iklan untuk mempromosikan bisnis

Iklan sosial adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti menarik pelanggan, mendorong orang untuk mengunduh aplikasi, menampilkan katalog produk, hingga mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Keuntungan lainnya adalah fitur iklan media sosial memiliki banyak pilihan penargetan konsumen. Sobat dapat memanfaatkannya untuk meluncurkan kampanye yang sangat spesifik untuk target konsumen yang spesifik juga.

Jika Sobat menggabungkan kekuatan segmentasi dengan berbagai format dan jenis iklan, Sobat akan melihat bahwa jenis iklan ini memungkinkan Sobat meningkatkan penjualan online.

Baca juga: Strategi Menggunakan Instagram Marketing untuk Bisnis Sobat

Ciptakan rasa urgensi

Trik pemasaran klasik, tapi efektif lainnya adalah memberi tahu konsumen bahwa mereka hanya memiliki waktu terbatas untuk mendapatkan produk dengan stok terbatas. Membuat copywriting seperti ini dapat mendorong pengunjung untuk memanfaatkan tawaran itu sesegera mungkin.

Nah, itu dia 6 tips meningkatkan penjualan bisnis online Sobat. Segera lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel lain tentang bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Baru untuk Genjot Penjualan

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya