5 Cara Menarik Pelanggan Baru untuk Genjot Penjualan

2 September 2020 • By Indah

Dalam mengembangkan bisnis, khususnya meningkatkan penjualan, para pengusaha terus berpikir untuk menarik pelanggan baru. Berbagai cara dilakukan untuk menarik pelanggan baru demi meningkatkan penjualan. Sobat yang sedang menjalankan usaha, mungkin juga sedang mencari tips jitu untuk bisa menggenjot omzet dengan mengundang pembeli-pembeli baru.

cara menarik pelanggan baru
Berbagai cara untuk menarik pelanggan baru. (Foto: Freepik)

Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk menarik pelanggan baru, agar tertarik untuk mencoba produk kita. Seperti apa saja ya, caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

5 Cara Menarik Pelanggan Baru untuk Bisnis

Membuat diskon dan promosi

Salah satu cara paling umum yang dilakukan untuk menarik pelanggan baru adalah dengan mengadakan diskon dan promosi. Tentu ada anggaran khusus yang harus Sobat alokasikan untuk memberikan diskon dan promosi ini, namun kiat ini sangat efektif untuk menarik pelanggan baru. Sebab, bisa jadi ada calon pembeli yang sudah lama ingin mencoba produk Sobat, namum menunggu adanya promo dan diskon. Jadi, Sobat bisa mencoba cara ini untuk menarik pelanggan yang belum pernah melakukan pembelian sebelumnya.

Giveaway

Cara lain yang cukup ampuh adalah dengan mengadakan giveaway. Sobat tentu tahu bahwa di luar sana, banyak orang yang gemar mengikuti giveaway produk-produk tertentu. Dalam mengadakan giveaway, Sobat mungkin akan rugi karena harus memberikan barang secara cuma-cuma, namun bisa jadi, orang yang mendapat hadiah giveaway akan puas dengan kualitas produk Sobat dan selanjutnya melakukan pembelian. Biasanya, orang yang menang giveaway juga akan mengunggah hadiahnya di media sosial sehingga memungkinkan untuk para pengikutnya melihat produk Sobat.

Membuat kompetisi dan lomba berhadiah

Selain giveaway, Sobat juga bisa membuat kompetisi atau lomba berhadiah agar produk Sobat lebih banyak dilirik dan mendapatkan perhatian. Sobat bisa mengadakan kompetisi yang mudah seperti mengunggah foto, mengunggah cerita atau membuat video yang menarik. Jangan lupa sediakan hadiah yang menarik pula agar banyak orang tertarik untuk mengikuti kompetisi yang Sobat adakan. Dengan banyaknya orang yang mengikuti kompetisi ini, makin banyak pula orang yang akan melihat produk Sobat dan tertarik mencoba.

Testimoni

Berbeda dengan endorse dimana Sobat harus membayar seseorang untuk mengulas produk Sobat, Sobat bisa meminta testimoni dari konsumen yang sudah membeli produk Sobat. Testimoni bisa berupa chat, foto atau video yang Sobat unggah sesuai izin konsumen tersebut. Lebih baik lagi jika Sobat bisa meminta konsumen untuk membuat postingan testimoni di media sosial seperti stories Facebook dan Instagram. Dengan melihat unggahan testimonial seperti ini, besar kemungkinan akan bisa mendatangkan pembeli baru untuk Sobat.

Evaluasi laporan pembelian

Hal selanjutnya yang perlu Sobat lakukan adalah dengan mengevaluasi laporan pembelian. Sobat bisa mengecek laporan pembelian produk Sobat selama ini terkonsentrasi pada pasar yang seperti apa dalam hal lokasi geografis, usia, jenis kelamin dan sebagainya. Berdasarkan laporan tersebut, Sobat bisa menentukan target promosi selanjutnya untuk menarik pasar yang selama ini belum tersentuh. Dengan memperluas target promosi. Maka besar kemungkinan Sobat bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Itu dia, Sobat, 5 tips untuk menarik pelanggan baru agar penjualan bisnis Sobat bisa terus meningkat. Yuk, coba praktekkan cara ini dan lihat pengaruhnya untuk bisnis Sobat ya. Untuk tips dan saran pengembangan bisnis lainnya, simak terus berbagai artikel menarik di Blog Unitedpay.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya