Menemukan Konsumen yang Tepat Melalui Riset Pasar

2 February 2021 • By heppi

Konsumen pada hari ini memiliki kekuatan yang sangat kuat. Mereka memahami kebutuhan serta keinginan mereka sendiri. Konsumen juga mampu melakukan riset tentang produk dan kemudian menentukan keputusan pembelian atas riset tersebut. Artinya, Sobat tidak lagi mampu mengatur konsumen untuk menggunakan produk Sobat. Sebaliknya, Sobat harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu, agar Sobat menemukan konsumen yang tepat, Sobat perlu melakukan riset pasar.

Menemukan konsumen yang tepat
Menemukan konsumen yang tepat (Sumber: Freepik)

Riset pasar atau dalam bahasa inggris adalah market research, merupakan proses mengumpulkan informasi dan memeriksa tentang bagaimana keadaan industri yang telah menjadi target. Mulai dari produk yang paling diminati, siapa saja penjual produk, bagaimana konsumen mendapatkan produk, hingga bagaimana kebiasaan konsumen. Dengan data tersebut, Sobat dapat memposisikan diri di pasar dan memprediksi kemana arah pasar bergerak dimasa depan.

Selain itu dengan melakukan riset pasar, Sobat dapat menjawab pertanyaan besar yang mendasar:

  1. Dimana dan bagaimana konsumen melakukan riset?
  2. Siapa saja kompetitor yang menjadi pilihan alternatif konsumen untuk membeli produk?
  3. Tren apa yang sedang hangat dicari?
  4. Apa masalah yang dihadapi konsumen?
  5. Apa yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian?

Manfaat tersebut bisa Sobat dapatkan melalui riset pasar yang benar. Lalu bagaimana cara melakukan riset pasar yang benar? Ada 2 jenis riset pasar: primer dan sekunder. Berikut dibawah merupakan perbedaan keduanya.

Riset primer

Riset primer adalah riset pasar yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari konsumen secara langsung. Tujuan dari riset primer ini adalah untuk menghasilkan informasi tentang keadaan atau kondisi pasar terkini.

Melalui riset primer, Sobat juga dapat menentukan jenis data seperti apa yang Sobat inginkan. Kuantitatif atau kualitatif. Kuantitatif adalah jenis data berupa angka-angka. Data kuantitatif dapat didapatkan melalui pemberian pertanyaan tertutup seperti ya/tidak.

Sedangkan data kualitatif adalah hasil dari penafsiran atas jawaban-jawaban yang diperoleh dari konsumen. Biasanya pertanyaan untuk data kualitatif merupakan pertanyaan terbuka seperti menanyakan pendapat konsumen.

Riset sekunder

Riset sekunder adalah riset pasar yang dilakukan dengan menganalisa data-data yang sudah diterbitkan secara umum, kemudian hasil analisis data tersebut digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat strategi pemasaran perusahaan.

Sobat dapat mendapatkan data-data dari sumber publik dalam arti dapat diakses oleh umum dan gratis seperti Google Trend yang dapat memberikan informasi terkait hal-hal yang sedang menjadi ketertarikan konsumen. Selain itu, Sobat dapat memperoleh data dari sumber komersial, dan data internal.

Data internal dapat menjadi bahan riset untuk mengkaji ulang kinerja bisnis Sobat. Sebelum mencari jawaban diluar terkait tidak naiknya angka penjualan misalnya, Sobat dapat terlebih dahulu melihat data internal. Bagaimana performa pemasaran, produk serta customer service.

Itu dia pembahasan menemukan konsumen yang tepat melalui riset pasar.ย  Untuk membaca artikel lain terkait bisnis, Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya