Strategi Menggunakan Instagram Marketing untuk Bisnis Sobat

15 January 2021 • By heppi

Siapa sih yang nggak tahu Instagram? Platform media sosial yang fokus utamanya untuk berbagi foto ini masih tetap menjadi favorit bagi individu, organisasi maupun perusahaan. Kenapa masih menjadi favorit? Karena selain dapat menjadi tempat untuk membagi foto kenangan terbaik, saat ini Instagram juga dapat menjadi tempat untuk membangun brand image, media promosi hingga tempat jual beli produk dan jasa. Banyak sekali manfaat yang dapat Sobat eksplorasi untuk keperluan bisnis Sobat dengan mengikuti strategi menggunakan Instagram marketing.

Strategi menggunakan instagram marketing
Strategi menggunakan instagram marketing (Sumber: Freepik)

Hingga akhir tahun 2020, Instagram tetap menjadi tempat yang tepat untuk para pebisnis menjual dan mempromosikan produk mereka. Karena 72% pengguna Instagram membuat keputusan pembelian di sana. Jadi, apabila Sobat tidak menggunakan Instagram dengan baik, berarti Sobat melewatkan hal besar. Tapi jangan khawatir, Sobat dapat memulainya sekarang dengan mengikuti cara di bawah ini.

Cara menggunakan Instagram marketing

Ubah Instagram menjadi Instagram bisnis

Tahap ini merupakan tahap paling pertama dan utama agar Sobat dapat menggunakan Instagram marketing. Karena ada banyak sekali fitur dalam akun Instagram bisnis (Instagram for business) yang tidak ada di akun Instagram pribadi. Contohnya adalah Sobat dapat membuat Instagram Ads serta terdapat fitur insight untuk memudahkan Sobat menganalisis performa akun Instagram bisnis. Mengubah akun menjadi Instagram bisnis juga membuat bisnis Sobat terlihat lebih profesional.

Optimasi Profil Bisnis

Profil Instagram yang bagus akan menarik perhatian konsumen dan juga dapat membuat konsumen menjadi pelanggan tetap. Ada beberapa cara untuk mengoptimasi profil bisnis. Pertama adalah pilih username yang simpel dan mudah dibaca. Kedua, pasang foto profil dari brand anda. Buatlah desain foto profil yang eye cathing. Jangan lupa sertakan nama brand dalam foto profil agar konsumen mengetahui bahwa akun tersebut adalah akun brand Sobat.

Selanjutnya jangan lupa untuk menuliskan bio. Karena setelah melihat foto profil, konsumen akan melihat bio akun bisnis Sobat untuk mencari tau produk atau jasa apa yang Sobat tawarkan ataupun kontak yang dapat dihubungi.

Optimasi feed Instagram

Apabila sampai saat ini akun Instagram bisnis Sobat hanya mengunggah foto-foto produk yang Sobat jual, maka Sobat perlu memperkaya konten feed instagram. Karena ada banyak hal yang dapat diunggah pada feed Instagram bisnis. Sobat bisa mengunggah foto maupun video behind the scene pembuatan produk, foto tentang edukasi, testimoni atau review produk dari konsumen dan yang lainnya.

Dengan menambah konten foto ataupun video, akan menambah nilai positif akun instagram Sobat dan konsumen yang mendapat manfaat dari konten Sobat akan semakin sering berkunjung akun Instagram bisnis Sobat.

Menggunakan Instagram story

Instagram story adalah fitur yang berbeda dengan Instagram feed. Perbedaannya terletak pada masa simpan konten. Konten yang akan Sobat unggah di Instagram story akan hilang dalam satu hari. Jadi apabila Sobat belum mampu mengunggah konten setiap hari di Instagram feed, Instagram story dapat menjadi alternatif yang baik.

Bekerjasama dengan influencer

Karena setiap influencer memiliki pengikutnya sendiri, strategi ini bisa menjadi pilihan ketika Sobat ingin menjangkau konsumen baru. Jangan lupa untuk memilih influencer yang memiliki kesesuaikan image dengan bisnis Sobat. Kesalahan dalam memilih influencer dapat berdampak buruk baik citra bisnis Sobat bahkan kehilangan konsumen.

Itu dia beberapa strategi menggunakan Instagram marketing yang dapat Sobat lakukan untuk membangun brand image, menjangkau konsumen baru hingga melakukan penjualan. Untuk membaca artikel terkait bisnis lainnya, Sobat bisa klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya