Apa Itu User-Generated Content dan Manfaatnya untuk Bisnis?

14 June 2021 • By heppi

User-Generated Content (UGC) atau dalam bahasa Indonesia disebut konten buatan pengguna adalah aset yang ampuh bagi bisnis yang ingin tumbuh dalam dunia digital. Kenapa? Karena di tahun 2021 salah satu konten yang paling di minati oleh konsumen adalah user-generated content.

UGC adalah cara yang murah dan mudah untuk berbagi konten berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan angka penjualan bisnis Sobat. Jika Sobat mengenal strategi word of mouth, maka dalam dunia digital Sobat akan mengenal UGC yang cara kerjanya sama walaupun dengan bentuk yang berbeda.

Apa itu user-generated content
Definisi user-generated content dan 5 manfaatnya untuk bisnis (Sumber: Unsplash)

Jadi, apa sebenarnya user-genareted content itu? Bagaimana cara mendapatkannya? Dan apa manfaatnya bagi bisnis? Baca penjelasan di bawah untuk tau jawabannya.

Apa itu user-generated content?

Singkatnya, user-genareted content adalah semua jenis konten yang dibuat oleh pengikut (followers) akun media sosial bisnis, pengguna produk, atau konsumen.

Contohnya, Jika ada konsumen yang menambahkan akun Sobat di dalam unggahan foto Instagramnya (tag foto), maka Sobat telah mendapatan satu UGC.

Karena UGC adalah konten yang dibuat oleh siapapun, baik followers, ataupun pengguna produk dan tidak harus konten yang dibuat oleh influencer, jadi konten ini adalah rekomendasi asli dan jujur yang dibagikan oleh pengikut dan pengguana produk.

Kenapa user-generated content harus ada dalam strategi pemasaran bisnis Sobat?

Terlepas dari bentuk kontennya, UGC memiliki beberapa manfaat:

  • Kemudahan dalam mengumpulkan konten dan mengunggahnya pada akun media sosial.
  • Membentuk komunitas penggemar setia produk brand Sobat.
  • Memberikan traffic yang besar pada situs web bisnis dengan pengguna yang telah membuat keputusan membeli produk.
  • Meminimalisir anggaran pemasaran.

Selain itu, menurut laporan dari AdWeek, 85% konsumen mengatakan bahwa keputusan pembelian mereka lebih dipengaruhi oleh konten buatan pengguna daripada konten foto atau video yang dibuat oleh brand.

Mengapa? Karena rekomendasi dari sesama pengguna adalah cara yang ampuh dalam pemasaran.

Coba tempatkan diri Sobat sebagai konsumen, jika Sobat akan membeli suatu produk, faktor apa yang mempengaruhi keputusan Sobat? Apakah konten promosi yang dibuat oleh brand, atau rekomendasi dari konsumen yang telah menggunakan produk sebelumnya?

Apa manfaat dari user-generated content?

Memberikan bukti otentik

Bukti sosial atau social proof adalah bentuk validasi yang diberikan pelanggan kepada bisnis Sobat tentang kepercayaan, keaslian, keandalan produk & bagaimana produk Sobat bekerja. Memiliki bukti sosial sangat penting di era digital ini karena mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Salah satu hal kenapa Sobat membutuhkan UGC untuk memberikan bukti otentik kepada konsumen adalah karena Sobat tidak mungkin membuat bukti sosial sendiri. Sobat memerlukan feedback/ulasan dari konsumen yang telah menggunakan produk/jasa Sobat. Nah, di sinilah peran UGC diperlukan untuk memberikan bukti otentik kepada audiens dan calon konsumen.

Membentuk kepercayaan

Apapun bisnis Sobat, baik itu produk, jasa, ataupun pengalaman, konsumen ingin tahu apa yang akan mereka dapatkan sebelum membuat keputusan pembelian.

Karena sebenarnya kunci kesuksesan bisnis adalah tentang menciptakan kepercayaan. Sebanyak 92% konsumen memercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal, dan 70% memercayai pendapat konsumen online.

Baca juga: Brand Trust: Definisi dan Manfaatnya bagi Bisnis Sobat

Memudahkan pembuatan konten

Seperti yang Sobat ketahui, bahwa proses membuat konten bukanlah proses yang mudah. Ada banyak tantangan yang akan Sobat temui. Dan salah satunya adalah kehabisan ide untuk membuat konten yang menarik.

Nah, dengan konten buatan pengguna, Sobat mendapatkan aliran konten tanpa batas yang dibuat oleh konsumen yang memiliki perspektif dan pemikiran yang berbeda. UGC dapat memberikan Sobat ide baru untuk konten bisnis Sobat selanjutnya.

Membangun koneksi dengan konsumen

User-genarated content menjadi solusi di era teknologi dan serba digital yang membuat bisnis kesulitan untuk menunjukan pendekatan manusiawi. Pendekatan manusiawi berarti menambahkan elemen emosional & membangun hubungan dalam pemasaran Sobat.

Namun, konten yang dibuat pengguna memungkinkan pemasar untuk membangun hubungan emosional dengan audiens, mendapatkan kepercayaan mereka, menunjukkan keaslian, dan membentuk hubungan yang bermakna.

UGC menyoroti bagaimana pengalaman pelanggan yang telah terlebih dahulu membeli dan/atau menggunakan produk/jasa Sobat, dan hal ini menimbulkan perasaan empati atau keinginan untuk untuk mencoba.

Memanfaatkan emosi konsumen membantu Sobat meningkatkan keterlibatan dan konversi untuk kesuksesan jangka panjang.

Mendorong keputusan pembelian

Semua manfaat sebelumnya dari konten buatan pengguna benar-benar mengarah ke yang satu ini: dampak pada keputusan pembelian. Dan ini adalah hal yang terpenting. Karena hampir 80% orang mengatakan UGC memiliki dampak tinggi pada keputusan pembelian mereka.

Jika Sobat tidak memasukkan pemasaran konten yang dibuat pengguna, Sobat kehilangan alat yang sangat ampuh yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan secara langsung.

Memiliki strategi pemasaran yang tepat akan membantu kesuksesan bisnis Sobat. Dan UGC adalah satu strategi pemasaran yang menjanjikan karena dapat membentuk kepercayaan konsumen.

Namun, UGC tidak lantas membuat pekerjaan pemasaran Sobat selesai. Karena mengkurasi UGC yang berkualitas juga membutuhkan waktu, sumber daya, keahlian, dan komitmen yang kuat.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru tentang bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: FOMO Marketing: Definisi dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya