Brand Trust: Definisi dan Manfaatnya Bagi Bisnis Sobat

6 May 2021 • By heppi

Saat ini, berkat adanya teknologi, konsumen memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. Namun sebaliknya, konsumen juga memiliki waktu yang sulit untuk menentukan produk mana yang akhirnya mereka pilih.

Konsumen sekarang juga dengan sukarela dan pasti melakukan penelitian terlebih dahulu tentang produk dan brand yang mereka inginkan. Untuk itu, tugas Sobat di sini adalah membuat konsumen membuat keputusan pembelian dengan lebih mudah dengan membentuk brand trust.

Manfaatnya bagi bisnis Sobat
Definisis dan manfaat brand trust (Sumber: Unsplash)

Di situlah pentingnya kepercayaan merek dapat membantu. Konsumen jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian dengan perusahaan yang brand-nya mereka percayai dan dalam jangka panjang mengarah pada loyalitas pelanggan. Selanjutnya, mari kita bahas faktor apa yang membentuk brand trust.

Kenapa konsumen bisa mempercayai suatu bisnis?

Menurut suvey dari Edelman’s Global ada 3 hal yang membuat seorang konsumen percaya dengan suatu brand:

Pengalaman produk:

Dalam studi tersebut, 87% konsumen yang diwawancarai mengatakan bahwa pengalaman mereka dengan suatu produk merupakan alasan untuk mereka mempercayai suatu merek. Jika dirinci lebih lanjut, 73% menyatakan kualitas produk atau layanan sebagai alasan kepercayaan mereka.

Pengalaman pelanggan:

56% menyebutkan pengalaman pelanggan yang mereka alami dengan suatu merek sebagai hal penting dalam menciptakan kepercayaan. Termasuk dalam kategori tersebut adalah hal-hal seperti bagaimana perusahaan memperlakukan konsumen, seberapa cepat menanggapi keluhan dan seberapa baik melindungi privasi konsumen.

CSR atau Corporate Social Responsibility:

38% responden mencantumkan alasan yang mencakup dampak perusahaan terhadap masyarakat, termasuk seberapa adil perusahaan memperlakukan stafnya (faktor terbesar dalam kategori ini), tetapi juga hal-hal seperti pendirian bisnis (jika ada) pada masalah sosial yang lebih luas seperti lingkungan , ras dan jenis kelamin.

Setelah melihat faktor-faktor yang dapat membuat konsumen percaya pada sebuah brand ataupun bisnis, tanyakan pada diri Sobat sendiri, apakah bisnis Sobat sudah memberikan kualitas produk yang baik? Atau apakah Sobat telah memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan?

Selanjutnya, untuk membuat Sobat lebih memahami pentingnya membentuk brand trust, berikut adalah 5 manfaat memiliki brand trust yang kuat.

5 manfaat brand trust

Pengakuan pelanggan

Memiliki brand trust yang kuat berfungsi untuk membangun pengenalan pelanggan. Ditengah banyaknya merek yang ada bahkan untuk satu jenis produk, jika konsumen percaya dengan merek Sobat, maka mereka akan langsung mencari produk dari brand Sobat tanpa melirik brand lain.

Konsumen jauh lebih cenderung memilih merek yang mereka kenal dan percaya daripada sesuatu yang tidak mereka kenal, meskipun mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan Sobat pada saat itu.

Membentuk keunggulan kompetitif

Merek Sobat adalah yang membuat bisnis Sobat berbeda di tengah kompitisi bisnis yang ada. Ketika pelanggan mengenali dan mendukung bisnis Sobat, hal ini akan membantu memberikan keunggulan kompetitif kepada bisnis.

Semakin banyak pengakuan dan kepercayaan yang Sobat terima, Sobat akan semakin menemukan bahwa merek Sobat meningkat dan bersaing dengan merek terkenal lainnya.

Mudah untuk mengenalkan produk baru

Ketika Sobat sudah memiliki merek yang kuat dan kepercayaan pelanggan, seringkali akan lebih mudah dan lebih murah untuk memperkenalkan produk baru atau mengujinya sebelum Sobat berinvestasi lebih lanjut di dalamnya.

Jika Sobat memiliki pengikut brand yang setia, pelanggan Sobat akan sering tertarik dengan produk baru dan bahkan mengantisipasi peluncurannya.

Mempermudah keputusan pembelian konsumen

Memiliki brand trust yang kuat akan meningkatkan kredibilitas Sobat dengan pelanggan, industri, dan pasar secara keseluruhan. Kepercayaan akan mempermudah konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian.

Jika merek Sobat memiliki brand trust yang tinggi, saat Sobat akan meluncurkan produk baru atau bahkan saat konsumen ingin membeli ulang produk, mereka tidak akan membutuhkan proses berpikir yang lama untuk memutuskan apakah mereka akan membeli atau tidak.

Nah, itu dia penjelasan mengenai definisi dan manfaat dari brand trust. Kepercayaan selelu menjadi yang utama saat melakukan bisnis. Jika konsumen belum percaya pada brand Sobat, maka buat mereka mempercayai Sobat.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya