3 Jenis Content Marketing Favorit Tahun 2021

29 January 2021 • By admin_it

Content marketing atau pemasaran dengan menggunakan konten, telah dan masih akan menjadi strategi pemasaran favorit dalam beberapa tahun kedepan karena efektif untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Konten yang menarik dan informatif dapat mengubah pengunjung biasa menjadi pelanggan tetap. Untuk itu, sebelum Sobat memutuskan membuat sebuah konten, pikirkan jenis konten marketing favorit target konsumen Sobat.

Jenis konten marketing favorit
Jenis konten favorit tahun 2021 (Sumber: Freepik)

Menjadi strategi pemasaran yang efektif tidak lantas membuat konten marketing mudah untuk dibuat. Karena kenyataannya menciptakan ide dan membuatnya menjadi suatu konten yang dapat membuat konsumen tertarik adalah hal yang tidak mudah dan membutuhkan tenaga, pikiran serta waktu. Berikut adalah 3 jenis konten marketing favorit ditahun 2021 yang dapat membantu Sobat membuat konten.

3 Jenis konten marketing favorit tahun 2021

Konten video

Jika bicara tentang jenis konten favorit, Sobat tidak akan pernah salah dengan membuat konten video. Karena 43% konsumen lebih suka dan menginginkan konten dalam bentuk video. Dengan memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen, dapat membuat konsumen terus kembali pada akun media sosial ataupun website Sobat.

Pertanyaan selanjutnya, konten video apa yang bisa Sobat buat? Sobat dapat membuat panduan video jika Sobat menjual produk fisik dengan banyak fungsi atau menawarkan layanan online. Gunakan strategi ini agar konsumen dapat terlibat dengan bisnis Sobat serta membuat calon pembeli melihat manfaat yang diberikan oleh produk atau layanan Sobat.

User-generated content

User-generated content atau konten buatan pengguna adalah video, email, atau postingan media sosial yang mendukung bisnis atau produk tertentu Sobat. Pemilik bisnis dan pemasar menyukai jenis konten ini karena mudah untuk dibuat dan juga dapat menjadi bukti untuk konsumen maupun calon pembeli.

Testimoni, yang juga termasuk user-generated content membuat fenomena psikologis dimana orang cenderung lebih membuat keputusan pembelian berdasarkan pendapat orang lain. Jadi, jika calon pembeli melihat bahwa bisnis Sobat memiliki halaman testimonial yang sarat dengan umpan balik positif, mereka cenderung akan membaca konten Sobat dan lebih berpeluang besar berbelanja produk Sobat.

Live event

Saat ini banyak sekali permintaan kepada para pemilik bisnis dan pemasar untuk membuat live event atau acara langsung. Webinar, ask me anything (tanyakan apa saja), dan chat session sangat popular diindustri apapun.

Sobat dapat melihat media sosial hari ini dan menemukan ratusan orang yang mengadakan acara langsung. Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Sobat bisa membantu konsumen memahami industri, produk, dan bisnis Sobat melalui live event. Hal-hal seperti webinar membutuhkan lebih banyak perencanaan, sementara konten ask me anything adalah tempat yang sangat baik untuk melakukan percakapan yang mengalir bebas dengan audiens Sobat.

Terlepas dari siaran langsung apa yang Sobat pilih, jangan lupa untuk mempersilahkan audiens Sobat untuk mengajukan pertanyaan diakhir acara. Hal ini tidak hanya membantu Sobat untuk menjalin hubungan dengan audiens dan calon pelanggan, tetapi juga memberi Sobat pandangan tentang orang-orang yang benar-benar tertarik dengan bisnis Sobat.

Semua jenis konten yang dibahas di atas, sampai saat ini masih menjadi favorit dan belum menunjukan penurunan populeritas. Dengan memiliki strategi yang telah dipersiapkan dengan baik, akan membuat segalanya lebih mudah bagi tim Sobat serta memastikan bahwa calon pembeli maupun pelanggan akan memiliki pengalaman yang luar biasa dengan bisnis Sobat.

Apabila sobat tertarik untuk membaca artikel lain terkait bisnis, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks