Marketing Mix: Definisi dan Pentingnya untuk Bisnis Sobat

25 March 2021 • By admin_it

Sobat pasti sudah familiar dengan konsep marketing mix. Mungkin Sobat membacanya dibuku atau mendengar lewat seminar atau webinar. Marketing mix jika dijelaskan secara sederhana, merupakan alat yang dapat membantu Sobat membangun bisnis yang tepat sasaran. Baik dalam segi produk, harga, strategi pemasaran, dan platform penjualan. Nah, kali ini kita akan membahas apa itu marketing mix dan pentingnya untuk bisnis Sobat.

Pentingnya untuk bisnis Sobat
Marketing mix 7P untuk bisnis

Apa itu marketing mix?

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan. Inti dari marketing mix adalah memastikan pemilik bisnis memilih produk, mentapkan harga, platform penjualan dan strategi promosi yang tepat agar bisnis dapat sustainable atau bertahan untuk waktu yang lama.

Awalnya, pada tahun 1960 strategi marketing mix hanya memiliki 4 elemen atau biasa disebut dengan marketing mix 4P: Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat). Namun, dengan berbagai perkembangan dan perubahan situasi, saat ini kita mengenal marketing mix 7P. Tiga elemen tambahan tersebut adalah People (sumber daya manusia), Process (prosedur), Physical Evidence (bukti fisik).

Agar Sobat lebih paham dengan bauran pemasaran 7P, berikut di bawah adalah penjelasan lebih lanjut.

Membahas marketing mix 7P

Product

Elemen produk adalah tentang produk apa yang akan Sobat jual. Produk di sini dapat berupa barang, jasa, ataupun produk virtual. Yang perlu digaris bawahi adalah jangan asal menjual produk. Selalu lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk dapat menjual produk yang tepat sasaran.

Jangan sampai karena asal menjual, bisnis Sobat tidak memiliki siklus hidup yang panjang. Selalu mulai dengan pertanyaan-pertanyan di bawah ini:

  • Masalah apa yang dihadapi konsumen?
  • Solusi (produk) apa yang bisa Sobat tawarkan?
  • Bagaimana cara agar konsumen dapat menggunakan produk?
  • Nilai tambah apa yang produk Sobat miliki dibanding dengan produk lainnya?

Price

Price atau harga adalah elemen tentang berapa biaya yang harus konsumen keluarkan untuk membeli produk Sobat. Penentuan harga produk juga tidak boleh sembarangan. Karena harga yang terlalu murah akan merusak bisnis Sobat walaupun mungkin banyak konsumen yang membeli. Sebaliknya, harga yang terlalu mahal juga akan mengurangi minat konsumen.

Tapi masalahnya bukanlah tentang harga yang murah atau mahal. Namun, kembali lagi dengan hasil riset yang telah Sobat lakukan sebelumnya. Target konsumen mana yang bisnis Sobat tuju.

Jika memang produk tersebut ditargetkan untuk konsumen kelas atas, maka harga yang mahal pun tidak masalah. Begitu pula sebaliknya, jika target Sobat adalah konsumen kelas menengah dan bawah, maka harga yang murah juga merupakan keputusan yang tepat.

Promotion

Promosi adalah segala aktivitas bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Mulai dari iklan TV, iklan internet, katalog, pameran dagang, papan reklame, dan bahkan iklan pada kaca belakang mobil merupakan promosi.

Promosi mencakup apa yang dikomunikasikan, dengan siapa dikomunikasikan, bagaimana audiens itu dijangkau, dan seberapa sering promosi terjadi.

Place

Elemen Place adalah setiap lokasi dimana pelanggan dapat menggunakan, mengakses, atau membeli produk. Ini termasuk kantor pusat, pabrik, gudang dan juga outlet atau toko fisik.

Dengan segala perubahan situasi yang ada, saat ini elemen Place tidak hanya lokasi fisik saja. Karena sekarang merupakan era digital, ditambah adanya pandemi covid, Place beralih menjadi digital atau online. Malah, apabila Sobat tanpa perhitungan yang matang dan langsung membuka toko fisik untuk memasarkan produk, Sobat dapat mengalami kerugian.

Kembali lakukan riset untuk mengetahui dimana target konsumen Sobat berada. Setelah itu, datangi lokasi atau platform tersebut dan promosikan produk Sobat di sana.

People

Yang dimakksud dengan elemen People adalah sumber daya manusia (SDM) yang membantu Sobat menjalankan bisnis. Mulai dari HR (human resource) yang memiliki tugas merekut sumber daya yang kompeten, finance, riset, hingga mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan (marketing, sales, customer service, dan juga pengantar)

Kenapa People masuk menjadi salah satu elemen dari marketing mix? Karena karyawan merupakan kunci dari berjalannya bisnis. Semua elemen produk, promosi, tempat, ataupun harga hanya dapat berjalan jika ada sumber daya yang menjalankannya, yaitu manusia atau karyawan.

Kesalahan merekrut karyawan pasti akan memberikan dampak negatif pada bisnis Sobat.

Process

Segala aktivitas di dalam perusahaan yang berdampak pada bagaimana produk atau layanan ditangani oleh karyawan dan dikirimkan ke konsumen serta proses yang membentuk konsumen memiliki pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Proses di dalam perusahaan termasuk bagaimana SOP yang berlaku dan budaya perusahaan. Jika budaya perusahaan mendukung karyawan untuk terus berkembang dengan melakukan banyak inovasi dan kolaborasi, maka bisnis Sobat memiliki peluang besar untuk berkembang.

Sedangkan proses di luar perusahaan adalah aktivitas yang berhubungan dengan konsumen. Bagaimana konsumen menemukan bisnis Sobat, proses atau mekanisme jika konsumen ingin melakukan pembelian, hingga proses komplain setelah produk diterima.

Physical evidence

Segala sesuatu yang berwujud terkait dengan produk atau lingkungan fisik tempat layanan berlangsung. Bukti fisik dapat mencakup pengemasan produk, logo, tanda terima pengiriman, papan nama, kartu ucapan, hingga tata letak toko fisik.

Nah itu dia penjelasan marketing mix 7P dan bagaimana pentingnya untuk bisnis Sobat. Jika Sobat ingin membaca artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks