5 Prinsip Customer Service untuk Kepuasan Pelanggan

16 November 2020 • By admin_it

Layanan pelanggan alias customer service yang baik adalah salah satu hal terpenting yang wajib dimiliki setiap bisnis agar bisa maju dan berkembang. Meskipun sebuah bisnis atau toko berani menawarkan harga murah atau diskon besar, namun customer service yang buruk bisa membuat pelanggan kapok, lho. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan prinsip dalam customer service dilakukan secara maksimal agar tercapai kepuasan pelanggan.

prinsip customer service
Prinsip penting customer service. (Foto: Freepik)

Lewat customer service yang baik, pembeli lama akan cenderung kembali dan berbelanja lagi, yang pasti bisa mendorong laba bisnis agar meningkat. Dengan bisnis yang selalu untung, tentu tak sulit untuk membawa bisnis Sobat makin maju, kan? Meski begitu, seperti apa ya yang dimaksud dengan layanan pelanggan yang baik? Simak rangkumannya di bawah ini, yuk!

Prinsip Customer Service agar Pelanggan Puas

Jawab Pesan yang Masuk

Pesan yang masuk bisa lewat telepon, email, chat, atau pesan di media sosial bisnis Sobat. Hal ini menunjukkan profesionalisme dan memberikan keyakinan besar di hati pelanggan bahwa bisnis Sobat selalu siap untuk membantu dan melayani kebutuhan mereka.

Dengarkan Pelanggan

Sobat barangkali sudah merasakan sendiri kejengkelan ketika Sobat menceritakan apa masalah atau keinginan Sobat pada orang lain, tapi ternyata orang tersebut tidak mendengarkan sehingga Sobat harus mengulang cerita. Nah, pastikan hal tersebut tidak dialami oleh pelanggan Sobat, ya. Perhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh pelanggan dan berikan respon yang tepat. Misalnya dengan merangkum hal-hal yang sudah disampaikan pelanggan dan menyampaikan solusi yang bisa diberikan.

Tanggapi dan Selesaikan Komplain

Berikan tanggapan yang baik dan sopan kepada pelanggan yang menyampaikan keluhan. Sekali lagi, dengarkan apa yang disampaikan pelanggan. Setelah itu, selesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan seperti yang disampaikan di dalam keluhannya. Sebab, tahukah Sobat kalau complain yang ditangani dengan baik justru bisa jadi peluang? Karena dengan begitu, Sobat pun mendapatkan peluang untuk menemukan masalah yang ada pada produk – barang maupun jasa – dan memperbaikinya.

Berikan Bantuan Tanpa Memandang Untung

Dalam memberikan customer service yang baik, fokus pada pelanggan, bukan keuntungan material yang akan Sobat buat. Kalau pelanggan akan sedikit-sedikit dibebankan dengan biaya setiap kali ada masalah pada produk yang dibelinya, jangan heran kalau mereka akan merasa kapok dan tak lagi ingin bertransaksi dengan Sobat.

Berikan Nilai Lebih

Sebagai contoh, ada pembeli yang datang ke toko dan ingin mencari barang. Daripada sekadar memberikan jawaban seperti, “Ada di rak ketiga dari kanan,” Sobat atau karyawan yang bertugas bisa bantu antarkan ke rak yang dimaksud. Pada intinya, jika ada hal lebih yang bisa diberikan, berikanlah. Sebab, hal sekecil apapun yang bisa memberikan pengalaman positif pada pelanggan akan mampu meningkatkan loyalitasnya, bahkan bisa jadi cara promosi efektif lewat word of mouth alias promosi dari mulut ke mulut.

Pelayanan bagi pelanggan yang baik dan berkualitas penting bukan hanya untuk bisnis yang sudah maju, lho! Untuk Sobat yang punya bisnis kecil atau bisnis rumahan sekalipun, prinsip customer service di atas juga dapat diterapkan agar bisnis selalu menghasilkan keuntungan dan berkembang.

Salah satunya adalah bisnis sampingan atau rumahan sebagai agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedpay. Tanpa harus keluar modal sampai jutaan, Sobat bisa mulai jalankan bisnis kapan saja dan bertransaksi di mana saja, bahkan tanpa harus punya konter atau mengganggu aktivitas di kantor, kok.

Ingin punya usaha sendiri yang anti ribet? Yuk download aplikasi Unitedpay sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis! Simak juga berbagai tips menarik untuk bisnis di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks