Wajib Tahu! 7 Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Diskon

7 October 2021 • By heppi

Besarnya pasar bisnis online membuat Sobat memiliki harapan besar pada bisnis ini, tapi di sisi lain juga membuat Sobat berpikir bagaimana cara memenangkan kompetisi penjualan saat ada banyak sekali pemain dalam industri yang sama.

Pada akhirnya, saat Sobat memikirkan strategi untuk meningkatkan penjualan, Sobat berakhir dengan memutuskan untuk memberikan diskon. Strategi diskon ini memang strategi yang sering digunakan karena memang terbukti berhasil meningkatkan penjualan.

Meningkatkan penjualan tanpa diskon
7 cara meningkatkan penjualan tanpa diskon (Sumber: Clay Banks)

Namun, meskipun benar bahwa strategi diskon dapat memberikan peningkatan pendapatan sementara, pada akhirnya strategi ini bukanlah strategi yang sehat untuk digunakan dalam jangka panjang dan hanya akan memberi bisnis Sobat kesuksesan jangka pendek.

Untuk itu, Sobat perlu mencari strategi lain yang dapat menarik konsumen untuk membeli tanpa harus menurunkan harga produk. Berikut 7 cara meningkatkan penjualan tanpa harus mendiskon produk.

7 cara meningkatkan penjualan tanpa harus mendiskon produk

Beli satu dapat dua

Promosi beli satu dapat dua adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menghasilkan penjualan. Bahkan, terkadang peningkatan penjualan lebih besar dari pada ekspektasi Sobat, karena pembeli melakukan pembelian lebih banyak untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan tanpa harus membayar utuh.

Memberikan hadiah gratis tanpa minimal pembelian

Menawarkan hadiah gratis tanpa minimal pembelian dapat menjadi insentif yang kuat, memberi pelanggan dorongan untuk membeli. Karena konsumen mana yang tidak menyukai hadiah gratis?

Dan jika daftar hadiah yang diberikan adalah produk-produk yang disukai atau diminati oleh banyak konsumen, hal itu akan memberi pelanggan alasan tambahan untuk membeli produk Sobat. Konsumen akan dengan senang hati membeli produk untuk mendapatkan produk yang mereka sukai secara gratis.

Bebas ongkos kirim

Banyak faktor yang menyebabkan konsumen tidak jadi melakukan pembelian produk. Salah satunya adalah biaya ongkos kirim. Meskipun harga produknya murah, tapi jika ada ongkos kirim yang masih harus dibayar, peluang pembatalan pembelian masih tinggi.

Menawarkan promosi bebas ongkos kirim dapat menjadi alternatif untuk meminimalisir pembatalan pembelian dan meningkatkan penjualan.

Program pengembalian barang gratis

Menawarkan pengembalian gratis (product return) membuat pelanggan merasa nyaman dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Mereka tahu bahwa mereka dapat dengan mudah mengembalikan produk jika mereka memiliki masalah. Cara ini mungkin akan meningkatkan tingkat pengembalian produk Sobat, tetapi juga akan meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Program loyalitas pelanggan

Program loyalitas memungkinkan Sobat memberi penghargaan kepada pelanggan yang sangat setia pada bisnis Sobat. Baik melalui diskon khusus untuk barang dengan permintaan tinggi atau akses eksklusif pada produk tertentu. Program loyalitas akan membuat pelanggan terus datang kembali.

Garansi uang kembali

Ketakutan terbesar sebagian besar pembeli online adalah ketika mereka membeli produk secara online dan ada menemukan masalah pada produk seperti ukuran yang tidak pas, produk yang tidak lolos quality control ataupun produk rusak, tapi mereka tidak dapat dengan mudah mendapatkan pengembalian uang.

Nah, dengan memberikan kemudahan dan jaminan pengembalian produk atau uang akan menarik konsumen untuk membeli dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Memberikan layanan after sales yang baik

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa perjalanan konsumen (customer journey) tidak langsung berakhir setelah konsumen selesai melakukan pembelian. Ada hal-hal yang masih perlu dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, penjualan dan menciptakan loyalitas.  

Memberikan after sales yang baik akan membuat bisnis Sobat berada pada daftar nomor satu pilihan konsumen ketika akan membeli produk meskipun Sobat sedang tidak memberikan diskon produk apapun.

Terus menerus mengandalkan diskon untuk meningkatkan penjualan adalah strategi yang akan membuat bisnis Sobat kalah dalam jangka panjang. Memang benar pendapatan meningkat, tetapi keuntungan bisnis akan menurun. Terlebih lagi, strategi ini akan melabeli bisnis Sobat sebagai bisnis ‘murah’ di mata banyak pelanggan, dan begitu bisnis Sobat berada di jalur itu, sulit untuk keluar dari citra tersebut.

Ada cara efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online tanpa diskon. Dengan memanfaatkan promosi, eksklusivitas dan kelangkaan, serta jaminan pelanggan secara strategis, Sobat dapat memaksa pelanggan untuk terus melakukan pembelian sambil tetap mempertahankan margin keuntungan yang sehat.

Baca juga: Cara Optimalkan Promosi Penjualan dengan Influencer

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya