Cara Optimalkan Promosi Penjualan dengan Influencer

21 July 2020 • By Indah

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis. Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan influencer di media sosial, baik di Instagram, Youtube maupun media sosial lainnya. Meski demikian, untuk mencapai hasil yang optimal, Sobat harus cermat memilih influencer yang tepat untuk promosi produk Sobat. Ada beberapa cara yang bisa Sobat ikuti untuk membantu optimalkan promosi dengan influencer.

Cara optimalkan promosi influencer
Cara optimalkan promosi influencer. (Foto: Freepik)

Sebab, jika asal pilih, bisa jadi, dana yang Sobat keluarkan untuk membayar influencer tidak sesuai dengan hasil yang Sobat ekspektasikan. Untuk itu, daripada salah pilih, simak dulu lima tips di bawah ini:

5 Tips Optimalkan Promosi dengan Influencer

Tentukan platform

Promosi oleh influencer tidak cuma bisa Sobat lakukan di Instagram, tapi juga media sosial lain seperti Twitter dan Youtube. Sobat terlebih dahulu harus memilih platform yang tepat untuk promosi produk Sobat. Sobat bisa melakukan riset mengenai biaya dan feedback yang didapatkan dari masing-masing influencer di tiap platform. Dengan demikian, Sobat bisa memilih inluencer yang tepat dari platform yang tepat pula.

Jangan lihat follower, lihat engagement

Tahukah Sobat bahwa tidak semua influencer yang memiliki banyak follower juga memiliki interaksi yang tinggi dengan khalayak? Untuk itu, dibandingkan hanya terlena karena melihat jumlah follower, Sobat bisa lebih cermat melihat engagement atau keterlibatan tiap konten yang diunggah oleh inluencer tersebut. Makin banyak likes dan komentar tentu akan lebih efektif untuk promosi sebuah produk.

Lihat kesesuaian produk dengan influencer

Untuk promosi yang lebih efektif, Sobat sebaiknya memilih influencer yang cocok dengan produk Sobat. Jika Sobat ingin mempromosikan produk make up, misalnya, maka sebaiknya Sobat memilih influencer yang selama ini mengunggah konten mengenai make up. Jangan sampai, Sobat mempromosikan produk produk make up dengan bantuan influencer yang gemar mengunggah konten mengenai game online karena audience yang dimiliki pun tentu tidak sesuai.

Selidiki riwayat influencer

Jika Sobat sudah menemukan sosok yang kiranya pas untuk mempromosikan bisnis Sobat, langkah selanjutnya adalah dengan menyelidiki riwayat endorsement influencer tersebut. Apakah influencer tersebut bisa mempromosikan produk-produk sebelumnya dengan menarik dan komunikatif? Jika iya, Sobat bisa memilih influencer tersebut untuk promosi bisnis Sobat.

Bandingkan harga

Sobat sebaiknya jangan fokus pada satu influencer saja. Ada baiknya Sobat melakukan perbandingan tarif endorsement dari beberapa influencer sejenis. Jangan karena Sobat tidak melakukan perbandingan harga, Sobat jadi gegabah dan rela membayar harga tinggi. Lebih baik melakukan pencarian dan perbandingan informasi secara lengkap dan hati-hati sebelum melakukan kerja sama dengan influencer manapun.

Nah, itu dia lima cara untuk optimalkan promosi penjualan produkmu dengan influencer, ya, Sobat. Ingat untuk selalu berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam menjalankan langkah apapun untuk bisnis Sobat. Baca juga berbagai tips bisnis lainnya di sini, yuk, Sobat!

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya