4 Cara Kreatif Mengatakan Terima Kasih kepada Pelangggan

18 September 2021 • By admin_it

Menunjukkan penghargaan yang tulus adalah salah satu cara termudah untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembeli saat mereka sedang menelusuri peta perjalanan untuk menjadi pelanggan Sobat.

Meskipun menjadi kunci utama untuk membuat pembeli menjadi pelanggan, tetapi sangat sedikit perusahaan yang benar-benar meluangkan waktu untuk benar-benar berterima kasih kepada pembeli atas pembelian mereka.

Apabila Sobat baru mau memulai untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada pelanggan, tapi masih bingung bagaimana cara melakukannya, berikut 4 cara kreatif untuk mengatakan terima kasih kepada pelangggan.

Terima kasih kepada pelanggan
4 Cara kreatif mengatakan terima kasih kepada pelanggan (Sumber: Monstera)

4 cara kreatif mengatakan terima kasih kepada pelangggan

Kirimkan kartu ucapan terima kasih

Mungkin cara ini terlihat ketinggalan jaman, tapi mengirimkan kartu ucapan dengan tulisan tangan menunjukkan bahwa ada sentuhan tangan manusia dibalik proses bisnis.

Mengirimkan kartu ucapan melalui email atau pesan langsung pada platform media sosial memang sangat efektif dan efisien. Namun, kartu ucapan terima kasih yang ditulis tangan serta dipersonalisasikan akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Sisipkan free gift atau produk sampel

Apakah ada yang lebih disukai pelanggan selain sampel produk gratis? Memberikan sampel produk atau hadiah di dalam packaging produk adalah cara yang bagus untuk mengatakan, “Terima kasih telah membeli.”

Memberikan sampel produk gratis bukan hanya cara luar biasa untuk mengejutkan dan menyenangkan pelanggan, tapi juga cara yang murah dan mudah untuk mempromosikan produk kepada pelanggan.

Jika pelanggan menyukai sampel produk tersebut, Sobat mungkin akan melihat mereka membeli produk sampel dalam ukuran full size di pesanan berikutnya.

Pastikan untuk mencoba dan mencocokkan sampel produk yang dikirimkan dengan profil dan riwayat pembelian mereka untuk memastikan produk sampel yang dikirimkan dapat mereka gunakan.

Soroti pelanggan Sobat

Menampilkan pelanggan dalam konten unggahan di media sosial (user-generated content) adalah cara yang bagus untuk memperlihatkan secara publik betapa Sobat menghargai mereka.

User-generated content (UGC) selain sebagai cara untuk mengekspresikan rasa terima kasih juga dapat bermanfaat untuk membangun kredibilitas kedua pihak (bisnis Sobat dan pelanggan).

Memberikan kupon diskon untuk pembelian selanjutya

Menghargai pelanggan setia dengan memberikan penawaran diskon dan kupon adalah cara yang bagus untuk membuat mereka kembali membeli sambil mengekspresikan rasa terima kasih.

Namun, Sobat juga perlu berhati-hati dengan pemberian diskon, karena dapat membuat pelanggan selalu menanti penawaran. Jadi, perhatikan kembali jadwal pemberian kupon dengan tetap mengembangkan kualitas dan nilai tambah produk agar pelanggan tetap kembali melakukan pembelian meskipun tidak ada penawaran diskon.

Ada begitu banyak cara berbeda untuk berterima kasih kepada pelanggan dan menciptakan momen menyenangkan setelah pembelian. Selain itu, selalu ingat untuk menjadi personal dan tulus. Karena dua hal tersebut adalah kunci membangun hubungan pelanggan.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Tanda Konsumen Puas dengan Pelayanan Bisnis Sobat

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks