5 Tanda Konsumen Puas dengan Pelayanan Bisnis Sobat

16 June 2021 • By heppi

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif ini, jika ada faktor yang menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis Sobat, maka faktor tersebut adalah pelayanan yang Sobat berikan kepada pelanggan.

Faktor kepuasan pelanggan saat ini berada pada peringkat pertama yang menjadi pembeda dan nilai tambah dari suatu bisnis, menggantikan faktor harga dan produk. Meskipun harga dan produk memiliki arti penting, tapi faktor kepuasan pelanggan membuat bisnis dapat beroperasi untuk waktu yang lama.

5 tanda konsumen puas
5 tanda pelanggan puas dengan bisnis Sobat (Sumber: Freepik)

Untuk itu, mengubah model bisnis menjadi customer-based dan terus meng-update diri Sobat mengenai informasi bagaimana kepuasan pelanggan tentang pelayanan yang Sobat berikan, harus menjadi fokus bisnis kedepannya.

Jika Sobat mempertanyakan bagaimana cara mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak dengan pelayanan yang Sobat berikan, berikut 5 tanda konsumen puas dengan pelayanan bisnis Sobat berikan.

5 tanda konsumen puas dengan bisnis Sobat

Konsumen terus melakukan pembelian ulang

Ketika pelanggan telah menaruh rasa percaya dengan bisnis Sobat, mereka cenderung terus melakukan pembelian ulang dan membeli lebih banyak.

Pelanggan mempercayai kualitas produk, karyawan Sobat, dan tahu bahwa layanan yang Sobat berikan tidak akan mengecewakan mereka. Oleh karena itu, melihat seringnya pelanggan kembali ke toko ataupun melakukan pembelian ulang, merupakan tanda bahwa Sobat telah memberikan pelayanan yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Konsumen sering memberikan ulasan yang positif

Menerima feedback positif adalah tanda pelanggan puas dengan bisnis Sobat.

Ketika pelanggan Sobat senang, mereka tidak ragu untuk mengunggah ulasan tentang pengalaman menyenangkan mereka di manapun. Baik di kolom komentar akun media sosial bisnis Sobat, di situs web bisnis Sobat, ataupun di akun media sosial mereka sendiri.

Baca juga: Mengapa Merespon Review Online Sangat Penting untuk Bisnis?

Konsumen merekomendasikan bisnis kepada orang terdekat

Salah satu tanda pelanggan senang adalah mereka merekomendasikan bisnis Sobat kepada orang lain.

Mereka membawa kerabat, teman, atau kolega mereka untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa Sobat. Semakin banyak pelanggan yang puas dengan layanan Sobat, semakin besar kemungkinan mereka untuk merekomendasikan bisnis Sobat kepada orang lain.

Konsumen mengikuti semua channel media sosial

Tanda lain yang menunjukkan konsumen Sobat puas dan senang dengan bisnis Sobat adalah mereka mengikuti semua channel media sosial bisnis karena tidak ingin ketinggalan informasi terbaru.

Tidak hanya mengikuti (follow) saja, tapi juga selalu melakukan keterlibatan dengan meninggalkan komentar, menyukai unggahan konten, dan membagikan konten kepada orang lain.

Konsumen menunjukkan apresiasi secara langsung

Terkadang, konsumen akan mengungkapkan apresiasinya secara langsung untuk menunjukkan kepuasannya. Ketika pelanggan melakukan apresiasi langsung, maka hal ini merupakan tanda yang sangat jelas untuk mengetahui bahwa pelanggan merasa puas akan pelayanan yang Sobat berikan.

Jika misalnya Sobat membuka tempat makan, maka saat pelanggan membayar di kasir, pelanggan Sobat mungkin akan memberikan apresiasi dengan cara mengatakan secara langsung jika makanan/minuman yang mereka pesan rasanya enak.

Nah, Ketika Sobat mendapatkan konfirmasi secara langsung dari pelanggan Sobat (atau banyak pelanggan), hal ini berarti lampu hijau untuk terus melakukan apa yang telah dan selalu Sobat lakukan, dan melakukannya dengan lebih baik lagi.

Terakhir, selalu ingat bahwa kepuasan pelanggan adalah hal terpenting dari segala aktivitas bisnis yang Sobat lakukan. Karena bisnis Sobat hanya dapat berkembang jika pelanggan Sobat senang, sehingga dapat membawa lebih banyak orang untuk membeli dan menggunakan produk/jasa Sobat.

Itu dia 5 tanda konsumen puas dengan pelayanan bisnis Sobat, jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Jenis Konsumen yang Penting Diketahui dalam Bisnis

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya