Sobat yang sudah terjun menjadi pebisnis atau pengusaha, pasti sudah paham betul mengenai pepatah ‘pembeli adalah raja’. Pepatah kuno ini memang banyak menjadi pegangan para pebisnis hingga sukses karena mampu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan atau konsumennya. Konsumen pun ada macam-macam jenisnya, lho, Sobat. Berbagai jenis konsumen ini penting diketahui dalam menjalankan bisnis agar bisa menentukan pelayanan yang dibutuhkan.

Kira-kira, seperti apa ya berbagai jenis konsumen yang wajib diketahui pengusaha. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:
5 Jenis Konsumen yang Penting Diketahui dalam Bisnis
Daftar isi
Konsumen loyal
Konsumen loyal atau biasa dikenal dengan istilah langganan adalah konsumen atau pembeli yang telah puas dengan layanan Sobat dan melakukan pembelian dan transaksi berulang. Dalam menghadapi konsumen tetap, Sobat justru tidak boleh melalaikannya. Sobat harus tetap memberikan diskon tertentu kepada pelanggan lama agar makin betah dan puas terhadap pelayanan dari Sobat. Jangan lupa juga untuk terus mempertahankan kualitas dan pelayanan agar konsumen tetap ini tidak kabur, ya.
Konsumen agen
Konsumen agen adalah konsumen yang membeli produk Sobat untuk dijual kembali. Oleh karena fokus utamanya adalah keuntungan berupa laba, untuk menggaet konsumen ini, Sobat bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah dibandingkan pembeli perorangan. Sobat bisa memberikan penawaran paket harga khusus untuk pembelian banyak sekaligus. Walau keuntungan per unit atau itemnya lebih kecil dibandingkan keuntungan pada konsumen personal, namun pembelian yang lebih banyak juga bisa membuat bisnis makin lancar, Sobat.
Konsumen promo
Salah satu jenis konsumen yang cukup banyak ditemui adalah konsumen promo, yakni konsumen yang hanya membeli pada saat ada promosi tertentu saja. Hal ini tentu wajar terjadi karena setiap orang pasti ingin mendapatkan keuntungan masing-masing dari pembelian yang dilakukan. Untuk menjaga konsumen seperti ini agar terus tertarik bertransaksi dengan Sobat, Sobat bisa sering-sering mengadakan promosi dan diskon.
Konsumen coba-coba
Pernah mendengat istilah ‘impulsif’? Istilah ini sering terjadi pada orang-orang yang gemar belanja. Konsumen yang melakukan pembelian karena dorongan sesaat ini disebut konsumen coba-coba atau impulsif. Konsumen seperti ini mudah terbawa dengan berbagai hal yang menarik seperti kemasan atau konsep promosi tertentu. Untuk menggaet konsumen ini, Sobat harus pandai-pandai berinovasi agar tampil beda dan menarik bagi konsumen untuk mencoba produk Sobat.
Konsumen baru
Konsumen baru adalah pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi bersama Sobat. Konsumen seperti ini merupakan konsumen potensial yang bisa menjadi konsumen loyal jika merasa puas dengan kualitas produk dan pelayanan. Oleh karena itu, wajib bagi pebisnis untuk terus memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan baru untuk meningkatkan potensi kepuasan dan keloyalan pelanggan.
Berbagai jenis konsumen bisnis ini tentunya memiliki ciri dan karakter berbeda. Seorang pebisnis harus luwes dan pandai menyesuaikan diri dengan karakter konsumennya agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Dengan demikian, potensi bisnis untuk maju menjadi lebih besar pula. Maka dari itu, apapun bidang bisnis Sobat jangan pernah lelah dan bosan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, ya!
Yuk, baca berbagai tips bisnis dan keuangan yang pastinya berguna banget untuk Sobat di sini.