Mengapa Merespon Review Online Sangat Penting untuk Bisnis?

23 February 2021 • By heppi

Sebagai pemilik bisnis, apakah Sobat juga ingin membeli produk yang Sobat jual? Atau saat Sobat mencari informasi mengenai ulasan bisnis Sobat di Google, apakah Sobat menyukai informasi yang muncul?

Di era digital dengan persaingan bisnis yang sangat ketat, dan semua pelaku bisnis menyatakan bahwa produk atau jasa mereka merupakan yang terbaik, bagaimana konsumen akhirnya menentukan produk mana yang akhirnya mereka beli? Jawabannya adalah ulasan. Semakin banyak ulasan positif tentang produk Sobat, peluang konsumen memutuskan membeli produk Sobat semakin tinggi.

Review online sangat penting
Mengapa merespon review online sangat penting? (Sumber: Freepik)

Tapi bagaimana cara untuk mendapatkan banyak ulasan yang baik? Apakah cukup dengan memiliki produk dengan kualitas yang baik? Tidak. Memiliki produk yang berkualitas memang menjadi salah satu faktor mendapat ulasan positif. Tapi ada satu hal yang penting agar Sobat mendapatkan banyak ulasan positif. Hal tersebut adalah reputasi.

Jika Sobat mengira bahwa skemanya adalah mendapatkan ulasan positif dulu agar reputasi bisnis baik, Sobat salah. Yang benar adalah sebaliknya. Sobat perlu membangun reputasi yang baik dulu untuk mendapatkan ulasan positif. Karena, bagaimana Sobat mendapatkan ulasan posiitf jika reputasi bisnis Sobat itu buruk?

Lalu, bagaimana cara membangun reputasi yang baik?

Caranya sangat sederhana, biayanya pun murah. Yaitu dengan merespon seluruh review online yang ada. Tidak hanya ulasan negatif saja, tapi juga ulasan positif yang diterima Sobat.

Cara merespon ulasan positif

Balas ulasan secepatnya

Merespon ulasan dengan cepat akan lebih bermakna dan terlihat tulus. Namun, Sobat tidak harus membalas satu menit setelah ulasan positif tersebut muncul, tapi jangan menunggu hingga 24 jam.

Sapa pemberi ulasan dengan nama

Jika seseorang bernama Ayu memberikan ulasan positif, jangan hanya direspon dengan “Terima kasih atas review nya!” , tapi mulai balasan ulasan dengan nama “Hai, Ayu. Terima kasih atas review positif nya!

Tawarkan diskon atau hadiah

Meskipun ini opsional, menawarkan diskon atau hadiah untuk konsumen yang memberikan ulasan positif dapat mendorong loyalitas.

Respon dengan singkat dan jelas

Merespon ulasan positif tidak harus panjang. Sobat hanya perlu melakukan dengan cara-cara diatas. Dan selalu akhiri dengan kata terima kasih atau ungkapan rasa senang lainnya.

Bagikan ulasan positif Sobat

Setelah merespon seluruh ulasan, unggah ulasan positif pada media sosial Sobat. Sobat juga dapat menambahkan ulasan positif tersebut pada website/akun testimonial Bisnis.

Kenapa Sobat harus membalas ulasan positif?

5 alasan kenapa Sobat harus membalas ulasan positif

Memberitahu bahwa Sobat peduli pada semua konsumen, bukan hanya konsumen yang komplain

Umumnya saat Sobat sedang membaca ulasan tentang bisnis Sobat dan menemukan beberapa ulasan negatif, Sobat akan berfokus pada ulasan negatif tersebut. Seperti bagaimana bahasa yang cocok untuk membalas ulasan, serta mengumpulkan banyak bukti bahwa komentar negatif itu tidak benar.

Dengan melakukan cara tersebut, alih-alih membuat konsumen percaya dengan bisnis Sobat, konsumen yang melihat bahwa Sobat lebih berfokus pada ulasan negatif dari pada banyak ulasan positif malah akan beranggapan bahwa bisnis Sobat hanya memikirkan reputasi saja.

Jika Sobat dapat merespon semua ulasan online dengan cermat dan bijak, Sobat tidak hanya menjaga konsumen lama, tapi juga menarik konsumen baru.

Berikut tips tentang membalas ulasan positif: Jangan hanya menanggapi dengan “Terima kasih!” atau “Kami menghargai Anda.” Namun jangan lupa untuk membuatnya lebih personal dan bermakna. Saat Sobat menginvestasikan waktu untuk merespon ulasan online, Sobat akan mendapatkan lebih dari yang Sobat pikirkan.

Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Ketika Sobat menanggapi ulasan pelanggan, Sobat memiliki peluang emas untuk memasarkan kepada pelanggan yang sudah ada. Tahukah Sobat bahwa saat Sobat menanggapi ulasan pelanggan, pelanggan akan tahu bahwa Sobat membalas ulasan mereka? Sebagian besar platform ulasan memberi tahu pelanggan saat pemilik bisnis menanggapi ulasan mereka. Ini adalah cara mudah untuk membuat pelanggan Sobat merasa dihargai, dan membuat mereka kemungkinan besar menjadi pelanggan tetap.

Terlalu banyak pemilik bisnis dan wirausahawan yang terlalu fokus untuk mendapatkan pelanggan baru sehingga mereka mengabaikan pelanggan yang sudah ada. Seorang pelanggan akan lebih cenderung untuk terus membeli produk Sobat dan bahkan memasarkan produk Sobat kepada teman-temannya ketika Sobat mengungkapkan rasa terima kasih secara terbuka atas ulasan positif mereka.

Meningkatkan upaya SEO

Setiap kali pelanggan mengulas bisnis Sobat, baik secara positif atau negatif, itu adalah kesempatan Sobat untuk memberikan nilai SEO tambahan untuk bisnis Sobat. Mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo terus memantau untuk menemukan informasi baru sehingga mereka dapat menyediakan konten terbaru dan relevan bagi penggunanya. Saat Sobat menanggapi setiap ulasan pelanggan, Sobat dapat menambahkan konteks tentang pengalaman pelanggan dengan bisnis Sobat.

Kita ambil contoh Unitedpay. Saat seorang member Unitedpay meninggalkan komentar positif tentang pelayanan, maka admin dapat merespon dengan “Hai, Sobat. Terima kasih atas komentar positifnya! Kami akan terus berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanan agar dapat menjadi aplikasi menjual paket data dan voucher game terbaik. Kami sangat senang Sobat memilih Unitedpay untuk bertransaksi. Jika Sobat, menemukan kendala dalam penggunaan aplikasi, Sobat dapat menghubungi customer service kamu 24/7.”

Perhatikan kata kunci “Unitedpay” serta “aplikasi menjual paket data dan voucher game” dalam respon ulasan. Hal ini dapat menjadi nilai tambah untuk SEO bisnis Sobat dimata mesin pencari. Semakin banyak Sobat membalas ulasan dengan kata kunci yang Sobat targetkan, maka SEO Sobat semakin kuat.

Melindungi reputasi bisnis dengan kepercayaan dan transparansi

Konsumen saat ini sudah paham bahwa tidak ada bisnis yang dapat menyenangkan 100% konsumennya setiap saat. Pesaing Sobatpun juga kemungkinan besar memiliki satu atau dua ulasan negatif. Kuncinya adalah memiliki ratusan ulasan positif yang lebih banyak daripada ulasan negatif. Saat Sobat menggabungkan ulasan positif dengan tanggapan yang personal untuk semua ulasan, Sobat telah menciptakan benteng yang kuat untuk reputasi bisnis Sobat.

Saat konsumen melihat ratusan ulasan positif dan hanya ada satu atau dua ulasan negatif, mereka cenderung mengabaikan ulasan negatif, terutama jika pemilik bisnis telah membalas semua ulasan dengan jujur ​​dan transparan. Konsumen akan memahami bahwa perusahaan membuat kesalahan dan bahkan dapat berempati dengan mereka dalam situasi tertentu.

Memikat pelanggan baru

Sekitar 78% konsumen mempercayai ulasan online sebagai rekomendasi terpercaya. Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan strategi pemasaran reputasi yang membantu Sobat mengembangkan kepercayaan dengan calon pelanggan Sobat

Saat Sobat mendapatkan lebih banyak ulasan untuk bisnis dan secara konsisten membalasnya, calon pelanggan akan melihat alasan mengapa mereka harus memilih bisnis Sobat daripada pesaing Sobat. Mereka akan melihat bahwa Sobat peduli dengan semua pelanggan. Hasilnya, lebih banyak orang akan mempercayai bisnis Sobat, dan Sobat akan menjadi pemimpin bisnis yang kuat.

Nah, itu dia alasan kenapa merespon review online itu penting dan bagaimana cara merespon ulasan. Sobat dapat langsung mencoba beberapa cara diatas agar bisnis Sobat semakin maju.

Untuk artikel lain terkait bisnis, Sobat dapat membacanya di blog Unitedpay.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks