Mungkin masih banyak di antara Sobat yang bertanya-tanya mengapa sangat sulit untuk membuat konsumen membeli produk yang Sobat tawarkan bahkan setelah melakukan riset pasar, riset konsumen serta memiliki produk dengan kualitas produk yang bagus?
Ada banyak kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas. Mungkin harga produk yang tidak sesuai, foto katalog yang tidak menarik hingga cara Sobat menjangkau target konsumen.
Untuk membantu Sobat meningkatkan angka penjualan, berikut 5 tips menarik konsumen potensial untuk membeli produk. Yuk, disimak!

5 tips menarik target konsumen untuk membeli produk
Daftar isi
Berikan deskripsi lengkap mengenai produk
Jika Sobat menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan bisnis, maka jangan lupa untuk memberikan deskripsi lengkap mengenai produk berupa caption dalam konten foto maupun video.
Deskripsi lengkap mengenai produk membantu konsumen untuk memahami produk yang Sobat jual dan juga membantu mereka membuat keputusan pembelian lebih cepat.
Apa saja informasi yang perlu diberikan? Jawabannya adalah tergantung produk yang Sobat jual. Namun, umumnya berupa harga, warna, dan ukuran produk.
Jika Sobat menjual makanan, maka Sobat dapat menambahkan informasi berupa tanggal kadaluarsa, komposisi makanan. Jika Sobat menjual pakaian, maka Sobat juga dapat memberikan informasi berupa komposisi kain.
Yang perlu diingat adalah jangan sampai Sobat memberikan informasi yang tidak dapat Sobat pertanggungjawabkan. Hal ini akan membua Sobat terperangkap dalam ‘konsumen satu kali’ yang membuat konsumen tidak melakukan pembelian ulang.
Selain deskripsi produk, berikan konten foto dengan kualitas yang baik. Foto produk yang berkualitas dengan konsep yang unik dapat menjadi daya tarik konsumen.
Berikan bonus
Konsumen sangat menyukai bonus. Bonus membantu membangun relasi positif dengan konsumen melalui perasaan senang.
Perasaan senang dari pemberian bonus ini meningkatkan citra baik bisnis dan membuat konsumen kembali membeli produk karena ingin merasakan kembali pengalaman tersebut.
Jadi, untuk setiap pembelian konsumen, berikan sampel produk, gunakan packaging menarik, tambahkan kartu terima kasih, atau fitur tambahan lainnya yang tidak dibayar oleh pelanggan Sobat tetapi mungkin berguna bagi mereka.
Pada intinya, lakukan apa pun untuk membedakan diri dari kompetitor lain. Jadilah unik dan menarik, tetapi tetap ingat untuk menyesuaikan dengan target konsumen Sobat sehingga tidak ada resiko kerugian dan menimbulkan masalah di kemudian hari.
Informasikan tentang syarat dan ketentuan yang berlaku
Selalu ingat untuk menginformasikan kepada konsumen tentang syarat dan ketentuan (S&K) yang berlaku dalam bisnis Sobat. Apa saja syarat dan ketentuan tersebut?
Contohnya adalah syarat dan ketentuan refund. Terkadang, walaupun Sobat sudah melakukan double checking produk sebelum dikirim, Sobat akan tetap mengalami masalah produk salah kirim ataupun mengirimkan produk dengan jumlah yang kurang atau berlebih.
Pada masalah-masalah inilah syarat dan ketentuan berperan. Misalnya, Sobat dapat membuat syarat dan ketentuan harus menunjukkan video unboxing ketika ingin mengajukan refund uang atau barang. Atau Sobat juga dapat menyelipkan S&K yang berlaku di dalam paket produk.
Jadi, ketika konsumen menghubungi Sobat untuk melapor bahwa produk yang dikirim salah atau kurang, Sobat dapat langsung meminta video unboxing untuk kemudian segera melakukan proses refund produk atau barang.
Tunjukkan bahwa bisnis Sobat dapat dipercaya
Tidak ada konsumen yang ingin membeli produk dari bisnis yang tidak mereka percaya. Untuk itu, Sobat perlu menunjukkan kepada konsumen bahwa bisnis Sobat memang terpercaya dan konsumen tidak perlu khawatir membeli produk yang Sobat jual. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya?
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan user-generated content. Apa itu? Singkatnya user-generated content adalah semua konten buatan pengguna atau konsumen. Contohnya adalah testimoni konsumen.
Mintalah konsumen untuk memberikan ulasan tentang produk yang mereka gunakan dan tampilkan ulasan konsumen tersebut pada akun media sosial bisnis ataupun situs bisnis. Semakin banyak testimoni yang Sobat unggah, semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis Sobat.
Mudahkan konsumen untuk menjangkau Sobat
Salah satu alasan konsumen memutuskan untuk membeli produk adalah kemudahan dalam berkomunikasi dengan bisnis Sobat untuk menanyakan apapun yang mereka butuhkan.
Untuk itu selalu ingat untuk menuliskan kontak informasi berupa nomor telepon atau alamat email dalam website atau akun media sosial bisnis agar konsumen mudah menghubungi Sobat saat mereka perlu informasi lebih mengenai produk ataupun mengalami kendala saat menggunakan produk.
Mengubah konsumen potensial menjadi pelanggan atau bahkan pelanggan setia, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk itu tetap jaga hubungan Sobat dengan konsumen, dukung mereka selama seluruh proses pembelian dan setelah pembelian, serta kirim produk tepat waktu.
Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.
Baca juga: 7 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen secara Online