Semakin banyak konsumen menuntut agar perusahaan mengubah cara berbisnis, menjadi lebih transparan, dan berperan aktif dalam menangani masalah sosial, budaya, dan lingkungan. Hal ini membuat banyak perusahaan saat ini berfokus merencanakan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai apa itu CSR dan 6 manfaatnya bagi perusahaan.

Apa itu CSR?
Tanggung jawab sosial perusahaan berarti bahwa perusahaan mengambil langkah-langkah untuk memastikan adanya dampak positif terkait dengan cara bisnis beroperasi pada sisi sosial dan lingkungan. Bisnis yang terlibat dalam upaya CSR akan selalu memperhatikan cara mereka beroperasi dan turut memasukkan penanganan masalah budaya dan sosial, dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari keduanya dalam proses tersebut.
Menarapkan CSR tidak hanya dapat meningkatkan bisnis dan pendapatan, tetapi juga mendorong perubahan dan kemajuan di seluruh dunia dengan berpartisipasi dalam peningkatkan kualitas sumber daya manusia serta dan lingkungan.
Untuk itu bisnis yang mengabaikan tanggung jawab sosial berisiko besar mengalami permasalahan dengan penjualan, laba hingga keberlangsungan bisnis. Karena dengan mengabaikan tanggung jawab sosial, dapat diasumsikan bahwa bisnis hanya fokus pada laba dan bisnis, tanpa memperhatikan semua orang yang terlibat dengan proses bisnis. Mulai dari supplier, karyawan, kurir hingga konsumen sendiri.
Dengan peran yang begitu besar bagi bisnis, apa saja sebenarnya manfaat dari menjalankan CSR untuk perusahaan?
6 manfaat CSR untuk bisnis
Daftar isi
Mendorong loyalitas pelanggan
Untuk menarik pelanggan dan menjaga loyalitasnya, Sobat perlu memperhatikan apa yang menjadi perhatian pelanggan. Jika seorang pelanggan merasa seperti sedang menerapkan dan menjalankan nilai-nilai yang mereka anut dengan mendukung bisnis tertentu, mereka lebih cenderung untuk tetap menggunakan produk dari bisnis tersebut. Mereka akan merasa bangga saat membeli produk dan kemungkinan besar akan merekomendasikannya. Pelanggan setia adalah pemasaran terbaik yang bisa diperoleh perusahaan.
Contohnya, jika seorang konsumen memiliki nilai hidup minimalis dengan seminimal mungkin menggunakan dan membeli produk yang memiliki kandungan plastik di dalamnya, maka jika bisnis Sobat adalah bisnis fashion yang 100% menggunakan bahan katun atau non polyester, maka konsumen tersebut akan berpeluang besar menjadi pelanggan tetap Sobat karena memiliki nilai yang sejalan.
Baca juga: 5 Alasan Consumer Behavior Penting untuk Sobat Pelajari
Memberikan keunggulan kompetitif
Pelanggan peduli tentang peran bisnis dalam masalah sosial dan mereka akan setia kepada perusahaan yang mereka yakini sejalan dengan nilai-nilai mereka. Artinya, perusahaan yang menjalankan CSR memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan yang tidak menjalankan CSR. Mereka mungkin menawarkan produk dan layanan yang sama, tetapi fakta bahwa mereka menjadikan tanggung jawab perusahaan sebagai prioritas membuat mereka lebih menarik dan memiliki citra yang baik di mata konsumen.
CSR membuat karyawan lebih bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa karyawan perusahaan yang memprioritaskan CSR lebih bahagia dan lebih puas. 80% karyawan melaporkan merasa lebih memiliki tujuan saat mereka yakin pekerjaan mereka membawa dampak positif untuk lingkungan dan masyarakat. Rasa tujuan itu penting untuk loyalitas dan dedikasi karyawan. Jika dipenuhi secara pribadi, orang tidak akan mudah lelah dan stres. Mereka juga lebih cenderung untuk tetap bersama perusahaan.
Pelanggan bersedia membayar lebih
Saat pelanggan mengetahui bahwa bisnis Sobat menjalankan CSR dengan baik dan mengetahui bahwa banyak orang telah mendapatkan manfaat dari CSR tersebut, pelanggan akan cenderung lebih mau membayar lebih atas produk atau layanan Sobat.
Kenapa? Karena pelanggan memahami bahwa secara tidak langsung dengan membeli produk dari perusahaan Sobat, maka mereka juga turut menjalankan tanggung jawab sosial mereka sebagai individu kepada masyarakat dan lingkungan.
Membuka peluang serta pasar baru
Jika dilihat lebih jauh, sebenarnya ada banyak pasar yang belum tersentuh oleh bisnis Sobat karena pemikiran bisnis tradisional yang sering kali tidak melihat pasar baru sebagai pasar yang “menguntungkan”. Untuk itu mereka hanya terus berada di pasar yang sama walaupun pasar tersebut sudah jenuh.
Dengan menjalankan CSR dan mindset “memberikan manfaat sosial”, Sobat bisa membuka peluang serta merambah pasar yang baru. Track record tanggung jawab sosial yang baik akan menarik perhatian banyak orang yang sebelumnya bukan merupakan konsumen ataupun pelanggan bisnis Sobat. Dengan begitu Sobat memiliki peluang besar untuk mengakusisi pelanggan baru.
Tanggung jawab perusahaan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik
Bisnis, baik skala kecil seperti UKM ataupun skala besar seperti perusahaan multinasional, dapat berperan membuat dunia menjadi lebih baik dengan caranya masing-masing.
Perusahaan multinasional dengan pengaruhnya yang besar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas dan juga dapat memainkan peran penting dalam permasalahan dunia seperti perubahan iklim. UKM juga dapat memberikan kontribusi yang sama walaupun levelnya berbeda.
Karena untuk membawa dunia ke arah yang lebih baik, sekecil apapun kontribusi yang diberikan tetap memberikan dampak yang baik.
Itu dia penjelasan mengenai apa itu CSR dan 6 manfaatnya bagi bisnis. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat bisa klik di sini.
Baca juga: Kenapa Google Review Penting untuk Bisnis Sobat? Berikut 5 Alasannya!