5 Alasan Consumer Behavior Penting untuk Sobat Pelajari

18 March 2021 • By admin_it

Stabilnya nilai penjualan untuk jangka panjang bukan hanya tentang memiliki produk yang hebat. Namun, hal ini adalah tentang memenuhi kebutuhan konsumen, memahami apa yang membuat mereka memutuskan untuk membeli, dan berbicara kepada mereka dengan cara yang mereka sukai dan membuat konsumen ingin terlibat (engage). Untuk menjawab tantangan tersebut, pemahaman tentang perilaku konsumen (consumer behavior) sangat penting untuk kelangsungan bisnis Sobat.

Alasan consumer behavior penting
Pentingnya consumer behavior untuk bisnis (Sumber: Freepik)

Perilaku konsumen atau consumer behavior adalah ilmu yang memperlajari perilaku pembelian konsumen diberbagai situasi. Mulai dari jenis produk apa yang dibeli konsumen, mengapa mereka membeli, kapan mereka membeli, seberapa sering konsumen membeli, untuk alasan apa mereka membeli, dan masih banyak lagi.

Mengapa pemahaman akan perilaku konsumen menjadi sangat penting? Menurut data dari Salesforce 76% konsumen ingin pemilik bisnis memahami kebutuhan dan ekspektasi mereka. Jika Sobat tidak dapat memahami dan memberikan kebutuhan konsumen, maka sudah pasti konsumen akan beralih pada kompetitor sobat.

Berikut adalah 5 alasan consumer behavior penting agar bisnis Sobat mapan

5 Alasan consumer behavior enting

Diferensiasi konsumen

Dalam pemasaran, diferensiasi konsumen merupakan cara untuk membedakan seorang konsumen dari beberapa konsumen lainnya. Hal ini membantu untuk membuat kelompok sasaran konsumen dengan perilaku yang sama atau serupa.

Meskipun Sobat memiliki demografis pelanggan yang telah menjadi target dalam bisnis, Sobat masih dapat memiliki variasi di antara pelanggan individu. Setiap kelompok konsumen dapat memiliki perberdaan kebutuhan serta keinginan yang berbeda dari kelompok lain.

Ketika Sobat memiliki pengetahuan tentang diferensiasi setiap kelompok konsumen, Sobat dapat merancang program pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan kelompok konsumen.

Mempertahankan konsumen

Perilaku konsumen tidak hanya penting untuk menarik konsumen baru, tetapi juga sangat penting untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada. Jika konsumen senang dengan produk tertentu, mereka pasti akan melakukan pembelian ulang.

Oleh karena itu, Sobat perlu membuat pemasaran produk yang dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk tersebut berulang kali.

Jadi, sangat jelas bahwa menarik konsumen baru dan mempertahankan mereka sangat penting. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan memahami dan memperhatikan perilaku pembelian konsumen.

Membuat strategi pemasaran yang relevan

Pemahaman tentang perilaku konsumen akan membantu Sobat membuat strategi pemasaran yang cocok untuk setiap kelompok target konsumen. Dan dengan pemahaman perilaku konsumen juga, campaign atau promosi akan memiliki peluang besar diterima oleh konsumen.

Misalnya, saat menargetkan pasar anak-anak, Sobat mungkin harus mencari platform promosi seperti iklan TV, program sekolah, dan blog yang menargetkan ibu muda. Sobat perlu mengambil pendekatan yang berbeda untuk kelompok konsumen yang berbeda.

Studi tentang perilaku konsumen memungkinkan Sobat memahami apa yang menjadi motif konsumen melakukan pembelian. Selanjutnya motif yang sama dapat dimanfaatkan dalam media periklanan untuk menggugah keinginan melakukan pembelian.

Memenangkan kompetisi

Salah satu alasan terpenting untuk mempelajari perilaku konsumen adalah untuk menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah pelanggan membeli produk dari kompetitor Sobat?
  • Mengapa konsumen membeli produk dari kompetitor Sobat?
  • Fitur apa yang menarik konsumen untuk membeli produk kompetitor?
  • Perbedaan apa yang diindentifikasi konsumen antara produk Sobat dengan kompetitor?

Mempelajari consumer behavior memudahkan dalam memahami dan menghadapi persaingan. Berdasarkan ekspektasi konsumen, bisnis Sobat dapat menawarkan keunggulan kompetitif.

Tetap relevan untuk konsumen

Ketika dunia berubah sangat cepat, tantangan terbesar yang Sobat hadapi adalah tetap relevan dengan target pasar Sobat. Dan tahukah Sobat apa alasan utama di balik perubahan yang sangat cepat ini? Perubahan yang cepat ini terjadi karena perilaku konsumen juga terus dan selalu berubah.

Konsumen saat ini memiliki lebih banyak pilihan dan peluang, yang berarti mereka dapat dengan mudah beralih kepada kompetitor yang menawarkan produk dan layanan yang lebih baik.

Memahami kebutuhan dan motivasi konsumen dapat membuat bisnis Sobat terus memberikan dan menyediakan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang konsumen hadapi.

Kesimpulan

Analisis perilaku konsumen telah muncul sebagai alat penting untuk memahami konsumen. Dengan melihat psikologi konsumen dan kekuatan dibalik perilaku pembelian konsumen, Sobat dapat membuat produk baru, kampanye pemasaran, dan meningkatkan profitabilitas.

Dan jangan lupa untuk selalu mendengarkan pendapat serta keresahan konsumen. Karena disanalah letak peluang-peluang baru yang mungkin saja belum pernah terpikirkan oleh Sobat.

Apabila Sobat ingin membaca artikel lain terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks