5 Fitur Instagram yang Penting untuk Bisnis Online

15 September 2020 • By Indah

Instagram saat ini bukan hanya merupakan ‘panggung’ untuk berbagi cerita dan mengekspresikan diri, namun juga ‘pasar’ dimana berbagai produk dan jasa bisa kita temukan dengan mudah. Banyak pengguna yang menggunakan media sosial ini untuk berbisnis. Hal ini disikapi secara baik oleh Instagram dengan mennghadirkan fitur yang berguna bagi para pengusaha yang memiliki bisnis online.

Fitur Instagram Bisnis Online
Fitur Instagram untuk Bisnis Online (Foto: Freepik)

Berbeda dengan penggunaan pribadi yang mungkin hanya berorientasi pada jumlah like dan komentar, penggunaan Instagram untuk bisnis memiliki tujuan akhir untuk menarik pelanggan untuk melakukan pembelian. Maka dari itu, penggunaan berbagai fitur di Instagram pun harus dimaksimalkan. Jika Sobat memiliki toko online di Instagram, intip dulu 5 fitur menarik untuk bisnis online ini:

5 Fitur Instagram Menarik untuk Bisnis Online

Optimasi Bio

Dalam membuat sebuah akun Instagram bisnis, Sobat perlu melengkapi bio pada profil selengkap dan sejelas mungkin. Sobat bisa menyantumkan garis besar produk yang Sobat jual, lokasi, nomor dan nama rekening serta tautan yang langsung terhubung ke pemesanan. Sobat bisa menyertakan link menuju WhatsApp atau tautan toko online di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Seiring dengan meningkatnya penipuan online shop melalui Instagram, pembeli kini lebih nyaman dan merasa aman belanja melalui marketplace. Jika Sobat ingin bisnis lebih kredibel, Sobat bisa mulai membuat toko online di marketplace dan menautkannya ke bio Instagram.

Insight

Salah satu fitur yang sangat berguna di Instagram adalah fitur Insight. Dengan fitur ini, Sobat bisa melihat demografi pengguna Instagram yang melihat profil Sobat. Sobat juga bisa melihat jumlah like, komentar serta berapa kali sebuah konten dari Sobat disimpan dan dibagikan oleh para pengguna Instagram. Dengan keberadaan Insight, Sobat bisa menerka konten seperti apa yang disukai oleh pengguna Instagram. Berdasarkan demografi penggunanya, Sobat juga bisa melakukan promosi yang tepat disesuaikan dengan usia, jenis kelamin atau lokasi para pengikut Sobat di Instagram.

Baca juga: 5 Tips Mengoptimalkan Instagram untuk Bisnis Online

Filter komentar

Kesal jika unggahan di kolom bisnis dijadikan lapak untuk orang lain mempromosikan bisnisnya sendiri? Untuk menghindari terjadinya hal ini, Sobat bisa melakukan pengaturan filter komentar, lho. Sobat bisa masuk ke pengaturan privasi dan memfilter komentar dengan beberapa kata kunci dan variasinya yang biasa digunakan oleh ‘penumpang gelap’ di kolom komentar. Dengan melakukan filter, akan makin mudah bagi Sobat untuk menjaga kolom komentar tetap bersih dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Filter inbox

Berbeda dengan filter komentar yang menyaring kata-kata tertentu, filter inbox dapat membantu Sobat untuk mengelompokkan pesan yang penting dan spam atau orang yang hanya iseng saja. Sobat juga bisa menggunakan filter unread message untuk menyaring pesan yang belum terbaca sehingga tidak ada pesan dari pelanggan yang tidak terbalas. Dengan keberadaan filter inbox ini, tentu makin mudah bagi Sobat untuk melakukan pengelolaan pesan di Instagram.

Quick reply

Salah satu fitur penting yang dimiliki Instagram adalah adanya quick reply untuk pesan masuk atau direct message. Untuk akun bisnis, biasanya calon pelanggan menanyakan hal yang mirip seperti lokasi toko, ketersediaan toko online di marketplace, daftar harga, promosi dan sebagainya. Dengan fitur quick reply, Sobat tidak perlu mengetik ulang jawaban untuk setiap pertanyaan dari pelanggan. Sobat bisa melakukan pengaturan keyword shortcut yang akan memunculkan balasan panjang di direct message Instagram.

Wah, menarik banget ya 5 fitur Instagram untuk bisnis online ini. Jika Sobat memiliki toko online di Instagram, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur ini, ya! Simak artikel menarik soal bisnis dan keuangan lainya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks