5 Tips Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis Online

31 March 2020 • By Indah

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang berdiam diri di rumah. Segala aktivitas di luar rumah, diminimalisir sehingga banyak hal mencari kesibukan untuk mengisi waktu. Salah satu cara paling umum yang dilakukan orang-orang dalam menjalani social distancing, tentu bermain media sosial termasuk Instagram. Meningkatnya akses Instagram ini merupakan peluang yang harus kamu manfaatkan jika kamu adalah pengusaha yang butuh mempromosikan barang/jasa yang kamu tawarkan. Maka dari itu, penting, lho untuk mengetahui tips mengoptimalkan Instagram untuk bisnis.

tips instagram bisnis
Optimalkan Instagram untuk bisnis. (Foto: Skygrid)

Sebab, walau Instagram bisa menjadi salah satu platform efektif untuk promosi, tapi sebaiknya Sobat jangan sembarangan mengunggah promosi di Instagram. Jika asal tanpa memperhatikan taktiknya, bisa-bisa usaha Sobat menggunakan Instagram untuk promosi menjadi tidak maksimal. Simak tips memanfaatkan Instagram untuk bisnis ini.

5 Tips memanfaatkan Instagram untuk promosi bisnis

Buat konten yang menarik dan interaktif

Hal pertama yang harus Sobat perhatikan dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah konten yang Sobat unggah. Jika mengunggah foto selfie saja Sobat memilih foto terbaik, demikian pula saat mengunggah foto atau konten lainnya untuk bisnis. Baik berupa foto, video maupun desain grafis, pastika konten yang Sobat unggah di Instagram bisnis Sobat sudah menarik dan mampu menarik perhatian para pengguna Instagram.

Tidak hanya itu, jangan melulu mengunggah foto promosi. Sesekali, buatlah konten yang interaktif berupa pertanyaan atau gim sehingga para pengikut akun Sobat bisa saling berkomunikasi dan sekaligus meningkatkan engagement Instagram Sobat.

Rajin unggah Instastory

Tidak seperti unggahan dalam feeds yang sering tertumpuk dan tidak muncul di timeline seseorang, Instastory Insatgram lebih mudah ditemukan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Sobat mengunggah foto produk atau promosi melalui Instastory. Lakukan dengan tersus menerus sehingga para pengikut Sobat makin lama makin ama tertarik dan takin untuk membeli dagangan Sobat.

Balas komentar dan pesan dengan cepat dan ramah

Pembeli paling tidak suka menunggu. Selain itu, pembeli juga sangat membutuhkan jawaban responsif atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka miliki tentang sebuah produk atau jasa. Keberadaan admin Instagam yang seru dan komunikatif sangat berpengaruh dalam laju usaha online. Usahakan Sobat selalu memastikan bahwa admin Instagram Sobat selalu membalas komentar dan pesan langsung Instagram dari para penggemar. Respon yang baik, tentunya akan meningkatkan minat korban untuk melakukan pembelian.

Buat promo yang sesuai situasi

Salah satu cara lain untuk memanfaatkan Instagram dalam mempromosikan bisnis adalah dengan membuat promo-promo yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, kebiasaan masyarakat tentu berubah. Maka dari itu, Sobat harus pandai-pandai menyelami kebutuhan masyarakat yang Sobat sesuaikan dengan komoditas Sobat. Buatlah promosi yang tepat sasaran agar meski dalam kondisi wabah seperti ini, bisnis Sobat bisa tetap berjalan.

Beriklan

Sobat tentu tahu bahwa Instagram memiliki layanan iklan berbayar yakni Instagram Ads. Dengan memanfaatkan iklan dari Instagram, Sobat bisa mempromosikan bisnis Sobat kepada sasaran konsumen yang bisa Sobat sesuaikan sendiri berdasarkan beberapa kategori seperti jenis kelamin, lokasi, usia dan lain-lain. Biaya untuk beriklan di Instagram juga tidak mahal. Dengan biaya mulai dari puluhan ribu saja, Sobat sudah bisa beriklan untuk makin memperkenalkan bisnis Sobat ke khalayak yang lebih luas.

Lima tips memanfaatkan Instagram untuk promosi bisnis ini tentu bisa Sobat lakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan usaha, Sobat bisa mendapatkan kesempatan lebih besar untuk menjaring pembeli. Maka dari itu, yuk, lakukan tips optimalkan Instagram untuk promosi bisnis biar usaha Sobat lebih maju.

Jangan lupa untuk selalu cuci tangan dan jaga kesehatan. Mari bersama lawan COVID-19 dengan melakukan social distancing. #tetapdirumah dan lekas lepas dari wabah. Baca juga tips bisnis menarik lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks