Bisnis kecil perlu membangun strategi yang menghasilkan profitabilitas dan kesuksesan jangka panjang. Dan salah satu cara untuk mendapatkan wawasan yang mengarah pada pengembangan strategi bisnis adalah competitive analysis.
Melihat secara mendalam bagaimana kinerja kompetitor di pasar dapat membantu Sobat menentukan bagaimana posisi bisnis Sobat terkait dengan pesaing, pelanggan, penawaran produk dan layanan, dan masih banyak lagi.

Apa itu competitive analysis?
Menurut Hubspot, competitive analysis atau analisis kompetitif adalah strategi mengidentifikasi kompetitor untuk mendapatkan wawasan tentang produk, penjualan, dan taktik pemasaran mereka.
Kenapa competitive analysis penting untuk dilakukan?
Seringkali banyak pelaku bisnis kecil yang percaya diri dengan ide dan cara mereka menjalankan bisnis hingga melewatkan satu proses yang sebenarnya sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kecil mereka, yaitu analisis kompetitif. Berikut di bawah adalah 5 alasan mengapa analisis bisnis penting untuk Sobat lakukan:
Daftar isi
Mengidentifikasi unique value
Competitive analysis membantu Sobat mengidentifikasi nilai unik (unique value) produk dan apa yang membuat produk Sobat berbeda dari produk pesaing. Data yang didapat dari analisis ini dapat menjadi panduan strategi pemasaran kedepannya.
Mengindentifikasi kekuatan kompetitor
Analisis kompetitif memungkinkan Sobat mengidentifikasi strategi dengan performa baik yang digunakan oleh kompetitor. Informasi ini sangat penting untuk membuat bisnis Sobat tetap relevan dan memastikan produk serta kampanye pemasaran Sobat yang sedang dan akan dilakukan dapat bekerja dengan baik.
Mengidentifikasi kelemahan kompetitor
Selanjutnya, analisis kompetitif dapat memberi tahu Sobat di mana letak kelemahan pesaing. Informasi ini dapat membantu Sobat mengidentifikasi area peluang di pasar, dan menguji strategi pemasaran baru dan unik yang belum kompetitor gunakan.
Mengkonversi lebih banyak pelanggan
Analisis kompetitif dapat membantu Sobat mengidentifikasi pelanggan baru yang dapat Sobat akuisisi dengan memberikan layanan atau insentif yang lebih baik.
Sobat hanya perlu mempelajari dan memahami kebutuhan dan apa yang audiens ekspektasikan dari bisnis Sobat serta mencari peluang produk atau layanan baru yang dapat Sobat adaptasi dalam bisnis.
Dengan menggunakan analisis pesaing, Sobat dapat mengetahui produk atau layanan kompetitor mana yang tidak berkinerja baik untuk menghindari kesalahan yang sama.
Menemukan kelemahan dalam produk atau layanan Sobat
Tidak hanya mengetahui titik kelemahan kompetitor, dengan analisis kompetitif, Sobat dapat mengidentifikasi area mana dari bisnis Sobat sendiri yang mungkin memerlukan beberapa perbaikan. Sobat mungkin menemukan strategi baru yang belum Sobat coba, atau bahkan Sobat menemukan cara lain untuk membuat strategi yang sedang bisnis Sobat jalankan berperforma lebih baik.
Analisis kompetitif memberi Sobat tolok ukur yang akurat untuk mengukur kesuksesan bisnis dan menentukan di mana area perbaikan diperlukan.
Terakhir, melakukan analisis kompetitif bukan berarti Sobat melakukan peniruan terhadap kompetitor. Namun, melakukan analisis kompetitif berarti Sobat memahami bahwa Sobat bukanlah satu-satunya pelaku bisnis di industri. Ada banyak pelaku bisnis yang juga memiliki produk dan target konsumen yang sama yang mengharuskan Sobat terus melakukan perbaikan, pengembangan serta melihat tren.
Itu dia penjelasan mengenai competitive analysis. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.
Baca juga: Apa Itu Market Opportunity Analysis dan 5 Cara Melakukannya