Apa Itu Market Opportunity Analysis dan 5 Cara Melakukannya

30 September 2021 • By heppi

Untuk menonjol dalam persaingan bisnis, perusahaan Sobat perlu mengembangkan keterampilan untuk mengidentifikasi peluang pasar yang akan membantu bisnis Sobat berkembang.

Namun, meskipun ada banyak peluang di luar sana, tidak semuanya layak untuk eksekusi. Agar tim Sobat tidak kewalahan dengan mengerjakan peluang bisnis yang salah, penting untuk meluangkan waktu untuk menentuan ide bisnis apa yang akan dijalankan dengan menganalisis peluang pasar.

Market opportunity analysis
Apa itu market opportunity analysis dan 5 cara melakukannya (Sumber: MING Labs)

Apa itu Market Opportunity Analysis (MOA)?

HubSpot menjelaskan bahwa market opportunity analysis atau analisi peluang pasar adalah proses meneliti di mana dan bagaimana Sobat dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial atau meningkatkan penjualan bisnis.

Proses analisis ini termasuk mengidentifikasi kompetisi, memahami target audiens, dan mencari tau potensi risiko. Melakukan analisis peluang pasar, akan membantu Sobat memprioritaskan serta mengeksekusi ide bisnis baru berdasarkan tingkat keuntungan dan risiko yang mungkin muncul.

5 cara melakukan market opportunity analysis

Tanyai pelanggan yang Sobat miliki saat ini

Tidak ada yang namanya sempurna dalam bisnis. Dan hanya karena pelanggan saat ini memilih membeli atau menggunakan produk Sobat, bukan berarti produk ataupun layanan yang Sobat tawarkan adalah yang terbaik.

Karena apapun produk atau jasa yang Sobat tawarkan kepada pelanggan, sudah berapa lama bisnis Sobat berjalan, akan selalu ada bagian dari produk atau layanan yang dapat harus dirubah atau tingkatkan kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat dinamis.

Apabila Sobat stuck atau tidak terlalu yakin dengan bagian dari produk atau layanan yang ingin dirubah, maka tanyalah kepada pelanggan. Karena pada akhirnya produk atau layanan tersebut dibuat untuk kebutuhan pelanggan Sobat.

Tanyakan kepada pelanggan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk mendapatkan insight baru dalam mengembangkan produk:

  • Apakah ada yang kurang dari produk atau layanan kami, menurut pelanggan?
  • Apakah ada fitur produk yang perlu kami tingkatkan?
  • Apakah ada layanan pelengkap yang ingin Sobat inginkan?
  • Menurut pelanggan, apakah ada hal yang dilakukan oleh kompetitor yang lebih baik dari bisnis Sobat?
  • Apa yang menyebabkan pelanggan membeli produk atau layanan Sobat?
  • Dari mana pelanggan mengetahui bisnis Sobat?

Amati perubahan dalam masyarakat

Target konsumen bisnis Sobat atau bahkan target konsumen kompetitor mungkin mengalami perubahan dalam hidup mereka yang merevolusi pola pembelian mereka. Amati perubahan tersebut dan kembangkan sesuai dengan hasil riset.

Di Cina misalnya, kebutuhan konsumen terus berkembang menuju produk mewah seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat negara tersebut. Jadi, apakah pengeluaran dan daya beli pelanggan Sobat dan kompetitor tumbuh? Jika ya, Sobat telah menemukan peluang bisnis baru di sana.

Contoh lainya adalah Indonesia. Dengan adanya pandemi Covid19, banyak sekali perubahan perilaku pembelian masyarakat. Karena setiap berkegiatan di luar rumah, masyarakat wajib mematuhi prokes ketat, kebutuhan akan masker menjadi meningkat drastis. Dengan fakta tersebut Sobat telah menemukan peluang pasar baru untuk mengembangkan bisnis.

Riset kompetitor

Melakukan analisis kompetitor adalah hal yang perlu Sobat lakukan untuk menemukan peluang pasar baru. Jadi, pastikan Sobat mengecek semua media pemasaran kompetitor, berita , dan bahkan laporan tahunan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Kompetitor mana yang saat ini sedang tumbuh pesat? Dan mengapa hal tersebut bisa terjadi?
  • Apa yang mereka tawarkan yang tidak Sobat tawarkan?
  • Apa value proposition mereka?
  • Siapa yang mereka targetkan? Dan bagaimana mereka menjangkaunya?
  • Dengan pemasok dan mitra mana mereka bekerja sama?

Menjawab pertanyaan di atas akan membantu Sobat menemukan gap yang dapat Sobat rumah menjadi peluang bisnis yang baru.

Pertimbangkan faktor eksternal

Faktor eksternal selalu membentuk dan mengubah pasar. Apa saja faktor eksternal itu? Sobat dapat menyebutnya dengan STEEP (Social, Technical, Economic, Ecological, Political).

Sosial

Bagaimana budaya mengubah pasar? Misalnya, lebih banyak karyawan yang bekerja dari rumah selama pandemi telah banyak membuka sektor pasar yang sebelumnya tidak ada.

Jika dulu Sobat harus terdaftar menjadi instruktur olahraga di suatu gym untuk menyalurkan ilmu kepada banyak orang, sekarang Sobat hanya perlu tetap di rumah dan memiliki koneksi internet untuk menjadi instruktur olahraga.

Teknologi

Inovasi baru apa yang telah mempengaruhi pasar? Bisakah Sobat menerapkan teknologi ini dengan cara lain pada bisnis Sobat?

Ekonomi

Seperti apa iklim ekonomi saat ini? Apakah memungkinkan untuk Sobat bisa mendapatkan pinjaman jika diperlukan? Apakah pelanggan Sobat memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan? Bagaimana perkiraan pasar untuk tahun depan? Lima tahun?

Ekologi

Bagaimana kondisi lingkungan dunia saat ini? Apa dampak ide bisnis yang sedang Sobat kerjakan terhadap lingkungan? Bisakah Sobat membuat produk dan layanan bisnis menjadi sustainable atau berkelanjutan?  

Politik

Faktor ini mungkin tidak terlihat memberikan dampak langsung kepada bisnis Sobat. Namun, kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah seperti peraturan pajak, bantuan modal, akses penjaman, juga perlu masuk dalam analisis peluang pasar bisnis Sobat.

Social media

Bisa dikatakan bahwa media sosial adalah mesin pencari baru saat ini. Karena digunakan oleh banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda mulai dari pendidikan, skill, pengalaman, umur, pengetahuan, Sobat bisa menemukan apa saja yang Sobat ingin ketahui di sana.

Bukan hanya informasi tentang industri bisnis Sobat saja, tapi ketika Sobat membutuhkan ide-ide baru, Sobat bisa menemukan banyak insight dan mengikuti tren yang dapat Sobat adaptasi ke dalam bisnis sebagai cara menjangkau lebih banyak konsumen.

Itu dia 5 cara melakukan analisis pasar yang dapat Sobat lakukan, jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artiker baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Tahapan Melakukan Riset Pasar yang Perlu Sobat Ketahui

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya