6 Tips Menggunakan Instagram untuk Bisnis di Tahun 2022

16 November 2021 • By heppi

Hingga kuatral ke-4 tahun 2021 ini, Instagram masih menjadi aplikasi favorit dengan >1.000 miliar pengguna di seluruh dunia dan ada sekitar 500 miliar pengguna yang mengakses Instagram perharinya. Pada tahun 2022 diperkirakan pengguna Instagram akan semakin meningkat hingga mencapai >1.100 miliar pengguna.

Dari data di atas, dapat disimpulkan di tahun 2022 Instagram tetap menjadi platform yang menjanjikan untuk aktivitas pemasaran bisnis. Agar memudahkan Sobat melakukan kegiatan pemasaran, berikut di bawah 6 tips menggunakan Instagram untuk bisnis di tahun 2022.

Menggunakan Instagram untuk bisnis
6 tips menggunakan Instagram untuk bisnis di tahun 2022 (Sumber: Pixabay)

6 tips menggunakan Instagram untuk bisnis

Rubah akun menjadi akun Instagram profesional

Sebagai permulaan, Sobat harus membuat akun Instagram bisnis atau akun profesional untuk mendapatkan akses ke beberapa fitur yang tidak dimiliki akun Instagram personal, seperti:

  • Mendorong unggahan untuk menjangkau lebih banyak audiens
  • Menambahkan tautan ke Instagram story
  • Menganalisis performa akun
  • Menggunakan fitur Instagram shopping
  • Menambahkan CTA (Call To Action)
  • Dan banyak lagi.

Untuk membuat akun bisnis di Instagram, Sobat dapat klik menu pengaturan akun Instagram dan pilih “beralih ke akun profesional”. Jika Sobat berkeinginan untuk menggunakan fitur Instagram Ads, Sobat dapat mengkoneksikan akun Instagram Sobat dengan akun Facebook bisnis agar mempermudah menjalankan iklan.

Unggah foto berkualitas

Karena Instagram adalah platform media sosial visual, sangat penting untuk membagikan foto dan konten video berkualitas tinggi yang dapat menjadi representasi bisnis Sobat.

Jadi, pastikan Sobat mengedit foto sebelum diunggah pada feed Instagram dengan menyesuaikan kembali pada konsep dan identitas bisnis. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan caption yang menarik agar meningkatkan engagement audiens.

Gunakan fitur Instagram Story

Instagram story adalah salah satu fitur paling populer di Instagram, terutama karena Sobat dapat menambahkan tautan di dalam story, yang tidak dapat Sobat lakukan pada unggahan biasa.

Selain itu, foto atau video yang Sobat bagikan pada Instagram Story Sobat akan hilang 24 jam setelah Sobat mengunggahnya. Namun, jika Sobat ingin unggahan pada Instagram Story Sobat tetap ada pada akun Instagram, Sobat dapat menempatkannya pada highlight atau sorotan cerita. Dengan begitu, Story tetap ada di akun Instagram sampai Sobat memutuskan untuk menghapusnya.

Karena letak Instagram Story yang strategis, yaitu di berada paling atas beranda Instagram dan open rate yang lebih tinggi dari pada feed Instagram, Sobat dapat memanfaatkan fitur ini untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan serta target konsumen dengan mengunggah konten yang menarik perhatian audiens untuk turut berinteraksi.

Baca juga: 5 Alasan Perlunya Menggunakan Fitur Instagram Story Bisnis untuk Bisnis

Gunakan fitur Instagram Live

Mirip dengan Instagram Story, fitur Instagram Live dapat memudahkan Sobat untuk melakukan streaming video langsung. Dan begitu Sobat berhenti streaming, video Sobat tetap berada di Instagram Story selama 24 jam.

Fitur Instagram Live memungkinkan Sobat untuk memberikan cuplikan di balik layar bisnis Sobat kepada konsumen. Sobat juga dapat menggunakan fitur ini untuk mengumumkan perilisan produk baru atau menjawab pertanyaan langsung.

Baca juga: 5 Ide Instagram Live untuk Menambah Engagement

Gunakan fitur Instagram Shopping

Sobat menjual produk atau jasa, tapi belum menggunakan fitur Instagram Shopping? Berarti Sobat harus memasukkan Instagram Shopping dalam strategi penjualan online.

Belum familiar dengan Instagram Shopping? Fitur Instagram Shopping adalah fitur yang ditambahkan oleh Instagram pada bulan November 2020 lalu. Instagram Shopping adalah serangkaian fitur yang memungkinkan orang untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video bisnis Sobat di seluruh Instagram.

Untuk mulai berjualan di Instagram sangatlah mudah. Sobat cukup membuat katalog produk yang terhubung dengan akun bisnis Sobat. Kemudian, mirip dengan cara menandai seseorang dalam sebuah unggahan, Sobat dapat menandai produk dari katalog Sobat dan membuat postingan.

Memaksimalkan User-Generated Content (UGC)

Di era di mana konsumen sangat kritis terhadap suatu bisnis dan selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan pemelian, mengunggah User-Generated Content akan menjadi strategi pemasaran yang efektif dan berbiaya rendah.

UGC adalah bentuk bukti sosial, yang sangat berharga karena orang cenderung lebih mempercayai ulasan pengguna daripada bisnis itu sendiri.

Itu dia 6 tips yang dapat dilakukan tentang cara menggunakan Instagram bisnis di tahun 2022. Bukan hal mudah memang untuk memenangkan pasar di tengah kompetisi bisnis yang ketat. Namun, dengan menggunakan tips di atas dan tetap konsisten, Sobat pasti dapat meningkatkan keterlibatan dan penjualan bisnis.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya