5 Alasan Perlunya Menggunakan Fitur Instagram Story untuk Bisnis

27 July 2021 • By heppi

Instagram Stories memungkinkan penggunanya untuk mengunggah gambar dan video yang akan menghilang setelah 24 jam.

Pada awalnya, Sobat mungkin berpikir bahwa fitur Story ini tidak perlu atau bahkan tidak berguna. Namun, fitur ini sebenarnya dapat Sobat gunakan untuk pemasaran bisnis Sobat agar keterlibatan, visibilitas, dan konten Sobat meningkat.

Menggunakan fitur Instagram Story
5 Alasan perlunya menggunakan fitur Instagram Story (Sumber: Tunahan Gunkan)

Berikut 5 alasan mengapa Sobat perlu menggunakan Instagram Story untuk memasarkan bisnis.

5 alasan perlunya menggunakan fitur Instagram Story untuk bisnis

Meningkatkan visibilitas brand

Seperti yang Sobat ketahui, Instagram Story dari pengguna yang Sobat ikuti di Instagram akan muncul di bagian atas beranda atau feed Instagram dengan cincin warna-warni untuk menunjukkan bahwa ada IG Story baru yang diunggah.

Untuk itu, ketika Sobat mengunggah Instagram Story di akun bisnis, maka followers Sobat akan dengan mudah melihatnya.

Inilah kelebihan utama fitur Story pada Instagram. Karena letaknya berada tepat di atas beranda, maka peluang Story untuk dilihat akan semakin besar dibandingkan hanya mengunggah konten pada feed Instagram saja.

Selain itu, jangan hanya mengunggah satu Instagram Story perhari. Karena penelitian menunjukkan bahwa memposting hingga 5 Instagram Story per hari dapat menjaga tingkat retensi hingga lebih dari 70%.

Berinteraksi dengan audiens dan jangkau lebih banyak orang

Dalam dunia pemasaran media sosial, dan khususnya di dunia Instagram, Stories memiliki peran kunci karena sifat fitur ini secara tidak langsung menjadi wajah bisnis Sobat.

Dengan Instagram Stories, Sobat dapat berinteraksi langsung dengan audiens untuk lebih memahami kebutuhan mereka.

Cobalah untuk mengajukan pertanyaan kepada followers Sobat untuk membuat mereka terlibat dalam konten Instagram Story, dan minta mereka membagikan pemikiran mereka tentang bisnis Sobat.

Selain itu, dengan strategi Instagram Stories yang matang, foto atau video yang berkualitas dan copywriting yang menarik, Sobat juga dapat meningkatkan followers.

Dengan komitmen dan konsisten, setelah akun bisnis Sobat mencapai 10.000 pengikut, Sobat akan mendapatkan akses fitur “swipe up”, yang membuatnya semakin mudah untuk mengarahkan traffic ke situs website bisnis Sobat.

Mendapatkan umpan balik secara instan untuk produk atau layanan baru

Bahkan sebelum peluncuran produk baru, Sobat dapat menggunakan Instagram Stories untuk melakukan sedikit riset pasar dan meminta umpan balik yang jujur dari followers Sobat.

Jika Sobat merasa tidak yakin apakah produk atau layanan baru akan diterima dengan baik oleh target konsumen, maka Sobat dapat menggunakan Instagram Story untuk membuktikan asumsi Sobat.

Sobat hanya perlu mengunggah foto dalam IG Story dan bertanya preferensi followers dengan menggukan polling atau question box.

Meningkatkan transparansi bisnis

Manfaat Instagram Story lainnya adalah dapat menunjukkan transparansi bisnis. Sobat dapat mengunggah beberapa video dibalik layar pembuatan produk ataupun menunjukkan orang-orang yang memiliki andil dalam memberikan pengalaman pelanggan yang baik.

Tujuannya adalah untuk mengajak audiens melihat secara langsung bagaimana proses bisnis Sobat berjalan. Selain itu juga dapat membuat  audiens merasa dilibatkan dalam bisnis Sobat.

Meningkatkan brand awareness

Manfaat selanjutnya dari Instagram Story adalah meningkatkan brand awareness sehingga membuat bisnis Sobat menjadi rujukan atau pilihan pertama yang dipilih saat mereka membutuhkan salah satu produk atau layanan yang Sobat miliki.

Dengan selalu mengungggah konten dalam Story, maka audiens akan semakin melihat, membaca dan mendengar cerita bisnis Sobat. Hal ini akan membuat bisnis Sobat berada pada top of mind atau daftar teratas pilihan brand mereka.

Menggunakan fitur Instagram Story memang akan memberikan manfaat yang besar bagi Sobat. Untuk itu, jadilah seorang storyteller bagi bisnis Sobat sendiri. Kemas cerita Sobat dengan gaya yang menarik sesuai dengan personality bisnis agar menarik audiens untuk ikut terlibat dalam setiap cerita yang Sobat bagikan.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Ide Instagram Live untuk Menambah Engagement

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya