10+ Ide Konten TikTok Menarik untuk Bisnis Kecil

15 October 2021 • By heppi

Jadi, Sobat saat ini sudah mulai menggunakan TikTok untuk kegiatan promosi? Atau masih mempertimbangkan untuk menggunakan TikTok?

Jika Sobat masih ragu-ragu untuk menggunakan TikTok sebagai platform pemasaran, pada artikel alasan perlunya menggunakan TikTok, telah dibahas secara detail manfaat yang akan Sobat dapatkan.

Namun, apabila alasan Sobat masih ragu-ragu dalam menggunakan TikTok adalah karena Sobat tidak tahu harus membuat konten seperti apa, berikut di bawah 10+ ide konten TikTok yang pas untuk bisnis kecil. Yuk, disimak!

Ide konten TikTok
Ide konten TikTok menarik untuk bisnis kecil (Sumber: Aaron Weiss)

10+ ide konten TikTok menarik untuk bisnis kecil

Tur kantor atau ruang kerja

Mengunggah konten tur kantor atau ruang kerja dapat menjadi konten yang sangat menarik perhatian konsumen.

Konsumen akan senang melihat di mana produk mereka dibuat. Apakah Sobat memiliki kantor khusus di rumah? Atau Sobat memiliki gedung kantor sendiri? Atau apakah Sobat bekerja dengan dikelilingi oleh hewan peliharaan Sobat? Menampilkan ruang kerja dapat membantu konsumen lebih terhubung dengan bisnis Sobat.

Rutinitas sebagai pelaku bisnis

Perlihatkan kepada audiens Sobat rutinitas Sobat sebagai pelaku bisnis kecil.

Tunjukkan beberapa hal yang Sobat lakukan setiap harinya. Mulai dari hal-hal yang terlihat ‘membosankan’ seperti mengurus dokumen dan panggilan telepon hingga hal-hal yang lebih menarik seperti brain storming untuk membuat produk baru.

Konten Ini akan membantu audiens Sobat memahami bagaimana rasanya menjadi pemilik usaha kecil.

Memperkenalkan tim Sobat

Akan sangat menyenangkan bagi audiens Sobat untuk mengenal Sobat beserta tim yang membantu bisnis kecil Sobat untuk terus beroperasi.

Jika memungkinkan, berikan masing-masing anggota tim kesempatan untuk membuat video perkenalan diri. Biarkan audiens Sobat mengenal orang-orang di balik bisnis kecil yang mereka sukai.

Alasan Sobat memulai bisnis

Apa yang membuat Sobat memulai bisnis kecil ini?

Pertanyaan tersebut sangat menarik untuk dijawab menggunakan media TikTok. Sobat dapat membagikan hal apa saja yang paling penting bagi Sobat dalam kehidupan pribadi atau misi di balik bisnis kecil Sobat.

Ide konten ini dapat membantu audiens Sobat memahami visi misi serta nilai yang Sobat bawa melalui bisnis ini.

Proses pengemasan pesanan

Salah satu konten video paling umum yang mungkin Sobat temui di TikTok adalah proses mengemas pesanan. Karena banyak orang yang suka melihat proses bagaimana bisnis mengemas pesanan dan pelanggan juga senang melihat hal-hal yang terjadi di balik layar sebelum mereka menerima pesanan mereka.

Proses pengaturan inventaris

Jika Sobat adalah bisnis kecil yang menjual produk, Sobat dapat menunjukkan bagaimana Sobat mengatur inventaris. Mulai dari produk hingga barang-barang pendukung dalam proses mengemas produk.

Konten ini dapat bermanfaat bagi pemilik usaha kecil lainnya dan membantu pelanggan Sobat memahami semua kerja keras yang Sobat lakukan yang mungkin tidak pernah audiens pikirkan.

Tutorial

Sobat mendapatkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara menggunakan produk atau merawat produk? Gunakan pertanyaan ini untuk membuat ide konten TikTok.

Buat konten untuk mengedukasi konsumen Sobat bagaimana cara yang benar dalam menggunakan produk dan melakukan perawatan.

Ide konten ini tidak hanya sebagai bentuk jawaban atas pertanyaan konsumen, tapi juga dapat meningkatkan pengetahuan produk audiens yang akhirnya dapat meningkatkan keinginan untuk melakukan pembelian ulang dan loyalitas pelanggan.

Produk best-seller

Tampilkan produk atau layanan terlaris dari bisnis Sobat.

Highlight satu atau dua produk Sobat yang paling populer dan jelaskan mengapa banyak konsumen menyukainya. Ide ini akan menjadi konten video yang bagus untuk diunggah ketika Sobat baru saja me-restock ulang produk-produk yang banyak dibeli.

Menginformasikan diskon

Konsumen mana yang tidak suka diskon?

Jika Sobat akan membuat diskon untuk beberapa produk dan layanan Sobat, pastikan Sobat juga memberi tahu konsumen melalui konten TikTok. Selain itu, pastikan juga untuk menuliskan CTA (call to action) yang tepat untuk memicu audiens melakukan hal yang Sobat inginkan.

Bagikan life hack

Banyak dari pengguna produk Sobat yang belum mengetahui cara-cara unik dan berbeda dalam menggunakan produk? Buat konten edukasi ‘product hack’ dan unggah untuk membantu pengguna agar dapat lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan produk.

Alasan untuk membeli produk dari bisnis kecil

Bantu sebarkan kesadaran tentang mengapa sangat penting untuk mendukung bisnis kecil dan lokal dan bagikan alasan Sobat sendiri membangun bisnis kecil dan membeli produk dari bisnis kecil.

Konten terima kasih

Ide konten terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah konten terima kasih.

Tentukan satu hari di mana Sobat mengunggah konten untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan, teman, keluarga, dan anggota komunitas lokal yang membantu mendukung bisnis kecil Sobat.

Konten ini dapat Sobat unggah di hari perayaan ulang tahun bisnis ataupun akhir tahun untuk menunjukkan apresiasi dan juga menjadi pengingat bahwa ada perjalanan bisnis Sobat tidak Sobat lalui sendirian.

Itu dia 10+ ide konten TikTok untuk bisnis kecil yang dapat Sobat coba lakukan untuk meningkatkan awareness dan engagement. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 7 Ide Konten Kreatif Instagram untuk Meningkatkan Engagement

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya