7 Ide Konten Kreatif Instagram untuk Meningkatkan Engagement

22 September 2021 • By heppi

Sobat pasti tahu bahwa Sobat harus selalu kreatif untuk menghidupkan ide konten di media sosial untuk membuat followers terus tertarik dan terlibat serta menarik audies baru. Namun, bisa sangat melelahkan untuk menjadi kreatif setiap hari dan mengunggah konten di berbagai platform.

Untuk membantu Sobat terus dapat memproduksi konten yang menarik, berikut 7 ide konten yang dapat Sobat coba produksi.

Ide konten kreatif Instagram
7 ide konten kreatif Instagram (Sumber: Marvin Mayer)

7 ide konten kreatif Instagram

Bagikan daftar bacaan atau daftar lagu

Daftar buku, lagu ataupun film yang tim Sobat dengar atau lihat mengatakan banyak hal tentang bisnis Sobat. Mengapa tidak membagikan sedikit dari daftar tersebut  dengan pengikut Sobat?

Membagikan daftar bacaan akhir pekan, daftar lagu saat load pekerjaan sedang banyak, daftar film favorit tim, ataupun daftar drama korea yang sedang ditonton dapat memberi meningkatkan engagement dengan memicu diskusi atau rekomendasi lain di kolom komentar.

Ikuti tren meme yang sedang booming

Dengan berpartisipasi mengunggah konten meme yang sedang menjadi tren, Sobat dapat menunjukkan selera humor bisnis Sobat serta menyampaikan pesan dalam format yang menyenangkan.

Contohnya, ketika banyak konten yang menggunakan konsep salah satu adegan dalam drama korea ‘Hometown Cha Cha Cha’, Purwadhikaschool turut mengunggah konten denga konsep tersebut.

Hasilnya, konten tersebut memperoleh likes >1000 dan mendapatkan banyak komentar.

Purwadhika
Purwadhika (Sumber: Purwadhika)

Buat konten behind the scene

Baik itu konten video langsung atau video yang sudah diedit, audiens Sobat ingin mengetahui apa yang terjadi di balik layar bisnis Sobat. Jadi, unggahlah konten behind-the-scene.

Contohnya Billboard yang mengunggah video di balik layar dari pemotretan mereka dengan bintang K-pop BTS.

Tenang, Sobat tidak harus menghadirkan idola KPOP dalam video di balik layar seperti Billboard. Sobat dapat mengunggah tur kantor atau menunjukkan bagaimana proses produksi produk. Audiens Sobat akan sangat menghargai cuplikan otentik di balik layar yang Sobat unggah di platform media sosial Sobat.

Tunjukkan produk Sobat dalam situasi yang mengejutkan

Jika bisnis Sobat adalah bisnis makeup, coba buat konten ‘get ready with me’ di dalam kereta atau saat sedang menunggu pesanan makanan cepat saji datang.

Karena melihat produk yang sudah dikenal dalam situasi yang tidak biasa adalah cara jitu untuk membangkitkan minat audiens Sobat.

Unggah konten quote

Membuat konten astetik yang berisi quote yang relevan dengan bisnis adalah cara yang bagus untuk memposisikan diri Sobat sebagai seorang ahli dan sumber nilai positif. Lagipula, tidak ada orang yang suka jika selalu mendapatkan konten jualan produk.

Contohnya adalah Sukhaloka yang bisnisnya bergerak pada vitamin kolagen yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan dari dalam tubuh. Sesuai dengan nilai bisnisnya, Sukhaloka mengunggah konten quote “#CantikBeragam” yang mengajak audiensnya untuk lebih mencintai diri sendiri tanpa harus membandingkannya dengan orang lain.

Sukhaloka
Sukhaloka (Sumber: Instagram)

Tunjukkan ulasan bisnis kepada audiens

Jika ada konsumen membicarakan bisnis Sobat (dan mengatakan hal-hal baik), jangan hanya disimpan sendiri.

Seperti Skingameofficial yang mengunggah konten ulasan konsumen dengan cara yang menarik di bawah ini.  Jenis konten seperti ini bukan hanya meningkatkan engagement konsumen, tapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Sobat.

Meminta saran pada audiens

Orang suka berbagi apa yang mereka ketahui.

Seperti yang dilakukan oleh Hijabchic. Mereka meminta rekomendasi minuman paling enak kepada audiens melalui Instagram Story.

Hijabchic
Hijabchic (Sumber: Instagram)

Nah, itulah 7 ide konten kreatif yang dapat meningkatkan engagement serta eksistensi di Instagram. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Ide Instagram Live untuk Menambah Engagement

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya