5 Cara untuk Membuat Urgensi dan Meningkatkan Konversi Bisnis Online

6 October 2021 • By heppi

Pasti Sobat pernah melihat produk secara online dan menemukan produk yang Sobat inginkan dengan harga yang sesuai budget dan telah Sobat masukan ke dalam keranjang belanja, tapi tidak jadi melakukan pembelian, kan?

Namun, setelah Sobat mendapatkan informasi bahwa ada promo terbatas untuk produk yang ada di dalam keranjang, Sobat langsung melakukan pembayaran karena takut kehabisan.

Adanya promo adalah untuk meningkatkan perasaan urgensi. Dan urgensi adalah taktik yang digunakan oleh begitu banyak situs web e-commerce untuk memotivasi pengguna menyelesaikan pembelian.

Urgensi dan meningkatkan konversi
5 cara meningkatkan urgensi dan meningkatkan konversi (Sumber: Artem Beliaikin)

Menciptakan rasa urgensi bagi pelanggan Sobat dapat menjadi taktik yang sangat efektif untuk meningkatkan motivasi membeli dan dapat berdampak langsung pada pendapatan bisnis.

5 cara menciptakan urgensi untuk konsumen

Tampilkan jumlah stok di halaman produk

Cara yang bagus untuk meningkatkan urgensi pembelian produk adalah dengan memungkinkan pembeli melihat jumlah stok produk yang hampir habis terjual.

Hal ini tidak hanya menciptakan rasa urgensi saat pembeli membuka halaman produk, tetapi juga informasi yang perlu untuk diketahui pelanggan. Tips ini juga dapat digunakan untuk memerangi pengabaian keranjang produk yang seringkali dilakukan oleh calon pembeli.

Menampilkan jumlah stok yang semakin menipis di halaman keranjang dapat meningkatkan rasa urgensi dan pengambilan keputusan membeli yang cepat.

Notifikasi jumlah stok barang
Notifikasi jumlah stok barang (Sumber: Shopee Imokey)

Perlihatkan notifikasi konsumen yang telah membeli kepada calon pembeli

Kelangkaan produk adalah faktor pendorong permintaan yang ampuh, jadi menunjukkan kepada calon pembeli Sobat berapa banyak pengguna lain yang tertarik dengan produk yang sama akan berdampak pada meningkatkan perasaan urgensi untuk membeli produk.

Contoh bisnis yang telah menggunakan tips ini adalah Lozy. Sebuah brand yang bergerak dalam bidang fashion yang memberikan notifikasi di halaman website agar calon pembeli melihat bahwa sudah banyak pembeli lain yang melakukan pembelian untuk produk yang sama seperti yang mereka inginkan.

Notifikasi pembelian produk
Notifikasi pembelian produk (Sumber: Lozy.id)

Tambahkan pengatur waktu pada keranjang belanja

Menambahkan fitur penghitung waktu mundur (timer) ke keranjang belanja situs bisnis Sobat dapat menjadi pemacu bagi pelanggan untuk menyelesaikan pembelian mereka.

Karena seringkali pembeli hanya menambahkan produk ke keranjang dan melupakannya karena mereka ingin melihat harga produk di tempat lain atau mereka terganggu dan keluar dari situs.

Memberi pelanggan Sobat pengingat waktu untuk menyelesaikan pembelian mereka adalah taktik yang bagus untuk menambahkan rasa urgensi pada proses pembelian dan juga membantu mencegah pelanggan menggunakan keranjang belanja sebagai tempat menyimpan daftar keinginan belanja saja.

Informasikan bahwa ada pengiriman pada hari yang sama

Sobat pasti tau bahwa proses kirim produk yang cepat adalah faktor penting dalam bisnis online. Karena konsumen tidak dapat membawa pulang langsung produk setelah membeli seperti saat berbelanja offline, maka proses kirim produk yang cepat dapat menggantikan pengalaman tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuat calon pembeli merasakan urgensi membeli? Yaitu dengan menambahkan fitur penghitung waktu mundur untuk pengiriman di hari yang sama. Taktik ini sederhana, tapi efektif untuk meningkatkan rasa urgensi dalam proses pembelian produk.

Jangan beri tahu kapan akhir dari promosi produk

Cara ini mungkin terlihat kontradiktif. Namun, tidak mengungkapkan waktu yang tepat kapan promosi penjualan Sobat akan berakhir adalah cara yang bagus untuk membangun urgensi pembeli.

Saat Sobat memberi tahu pembeli secara tepat kapan promosi akan berakhir, hal ini dapat menyebabkan peningkatan persentase pengabaian keranjang belanja (shopping cart) karena pelanggan akan terus mencari produk yang mereka inginkan, lalu menunda check out karena mereka masih punya waktu sebelum promosi berakhir.

Jadi, jika Sobat ingin meminimalisir pembatalan pembelian oleh pembeli, maka iklankan promosi produk Sobat dengan “penawaran terbatas” tanpa mengungkapkan tanggal akhir promosi. Karena cara ini dapat meningkatkan urgensi bagi pembeli untuk menyelesaikan pembelian sebelum promosi berakhir, dan memungkinkan Sobat untuk menganalisis dan memutuskan berapa lama Sobat ingin menjalankan promosi berdasarkan kinerja penjualan sebelumnya.

Membuat urgensi memang dapat meningkatkan penjualan dengan cepat. Namun, jika Sobat mengharapkan peningkatan penjualan jangka panjang hanya dengan menerapkan taktik ini, Sobat  mungkin akan kecewa.

Menciptakan rasa urgensi di situs web bisnis Sobat kemungkinan akan menghasilkan peningkatan konversi sesaat, tetapi jika pengalaman pengguna di bagian lain situs bisnis Sobat tidak dioptimalkan, Sobat pasti akan kesulitan mempertahankan pelanggan baru yang Sobat peroleh dari kegiatan promosi produk Sobat.

Baca juga: FOMO Marketing: Definisi dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya