5 Alasan Kenapa Bisnis Sobat Perlu Memiliki Daftar Syarat dan Ketentuan

2 October 2021 • By heppi

Harus diakui bahwa menjalankan bisnis tidaklah mudah. Hal ini bukan hanya tentang menciptakan ide dan mengeksekusinya saja, tapi juga membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Terkadang, berapa kalipun Sobat melakukan pengecekan produk dan proses pengiriman untuk memastikan telah mengiriman produk yang sesuai kepada konsumen, Sobat tetap mendapati adanya komplain. 

Dan terlepas dari pihak mana yang melakukan kesalahan, karena bisa jadi pihak ekspedisi yang kurang hati-hati saat mengantarkan barang, Sobat tetap menjadi pihak yang akan mendapatkan komplain pelanggan.

Daftar syarat dan ketentuuan
5 alasan kenapa bisnis Sobat perlu memiliki daftar syarat dan ketentuan (Sumber: Markus Winkler)

Nah, untuk membantu Sobat dalam menanggapi komplain pelanggan dan membuat citra bisnis menjadi buruk, Sobat perlu memiliki daftar syarat dan ketentuan yang mencakup semua proses bisnis. Berikut 5 alasan perlunya memiliki daftar syarat dan ketentuan dalam bisnis.

5 alasan perlunya memiliki daftar syarat dan ketentuan dalam bisnis

Meminimalisir komplain pelanggan

Dalam bisnis, pasti Sobat akan menemui saat di mana ada konsumen tidak puas dengan pelayanan bisnis Sobat karena adanya kesalahpahaman dari pihak konsumen.

Contohnya, konsumen pasti mengharapkan proses pengiriman produk yang cepat, maksimal 2 hari setelah pembayaran. Padahal, karena bisnis Sobat adalah jasa titip produk luar negeri, Sobat membutuhkan waktu >2 minggu karena Sobat mengimpor barang dari luar negeri.

Nah, jika Sobat telah menuliskan ketentuan pengiriman dalam daftar syarat dan ketentuan produk dengan jelas, Sobat akan memiliki lebih sedikit pelanggan yang komplain dan menghemat waktu untuk menjawab panggilan dari konsumen yang mempertanyakan kenapa produk yang mereka pesan tidak kunjung dikirim.

Melindungi bisnis dari hal-hal yang tidak terduga

Saat membuat daftar syarat dan ketentuan, Sobat pastinya mencantumkan ketentuan seperti harga, cara pembayaran, dan proses proses pengiriman. Karena 3 hal tersebut adalah proses inti dari bisnis Sobat.

Namun, selalu ingat untuk mencantumkan hal lain dalam daftar syarat dan ketentuan yang mungkin bukan merupakan hal inti, tapi memiliki dampak besar dalam bisnis Sobat.

Contohnya adalah proses refund produk, jika Sobat secara tidak sengaja mengirimkan produk yang salah atau produk yang dikirim tidak lolos quality control. Contoh lainnya adalah jika produk yang diterima mengalami kerusakan akibat proses pengiriman produk oleh jasa ekspedisi.

Dua hal di atas mungkin tidak sering terjadi. Namun, ketika Sobat telah memiliki ketentuan yang jelas terkait kasus di atas, Sobat dapat meresponnya dengan baik tanpa membuat konsumen merasa kecewa.

Meminimalisir perselisihan hukum

Masalah-masalah yang disebut di atas seperti produk yang tidak lolos, produk salah kirim atau pengiriman produk tidak sesuai ekspektasi pelanggan, apabila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan risiko yang besar, seperti dibawanya masalah ke ranah hukum.

Nah, dengan memiliki daftar syarat dan ketentuan yang lengkap dan mencakup keseluruhan lini bisnis yang berhubungan dengan konsumen dan pihak lainnya, dapat menghindarkan Sobat dari masalah hukum yang dapat terjadi.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Secara tidak langsung, memiliki daftar syarat dan ketentuan yang lengkap dan menyeluruh dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk akhirnya melakukan pembelian produk yang Sobat tawarkan.

Daftar syarat dan ketentuan ini dapat membentuk persepsi konsumen yang baik karena konsumen merasa Sobat memiliki cara kerja bisnis yang baik untuk memberikan pelayanan yang ekstra dan kepastian kepada konsumen terkait produk dan layanan akan mereka dapatkan.

Itu dia 5 alasan kenapa bisnis Sobat perlu memiliki daftar syarat dan ketentuan yang mencakup keseluruhan proses bisnis. Jika Sobat belum memiliki daftar tersebut, yuk, segera buat daftar syarat dan ketentuan bisnis Sobat sendiri!

Baca juga: Wajib Tahu! 6 Cara Menghadapi Komplain Pelanggan

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya