Mau Meningkatkan Penjualan? Yuk, Cek 4 Tips Ini!

28 September 2021 • By heppi

Bagian sederhana dari penjualan adalah berpikir bahwa seseorang membutuhkan produk atau layanan Sobat dan bersedia membelinya. Jika tidak, bisnis Sobat tidak akan hidup, karena bisnis yang tidak menjual pasti akan mati.

Proses menjual produk atau jasa bisa jadi mudah atau bahkan rumit tergantung jenis produk atau jasa yang Sobat tawarkan. Karena cara menjual kentang goreng pasti sangat berbeda dengan menjual jasa konsultas keuangan.

Mau meningkatkan penjualan
4 tips meningkatkan penjualan (Sumber: Artem Beliaikin)

Untuk membantu Sobat meningkatkan penjualan bisnis, berikut 4 tips meningkatkan penjualan.

4 tips meningkatkan penjualan

Jadilah proaktif

Salah satu masalah besar dalam penjualan adalah Sobat mendatangi setiap rumah atau menelepon banyak sekali target konsumen, tapi jarang mendapatkan tanggapan positif.

Sobat tau alasannya kenapa? Hal ini karena Sobat tidak melakukan riset terlebih dahulu.

Sebelum Sobat melakukan panggilan kepada target konsumen, cari tahu dulu siapa target konsumen yang Sobat hubungi. Jika Sobat mempersiapkan diri dengan mencari informasi ataupun membaca data yang telah tim Sobat kumpulkan, orang akan memperhatikan dan meningkatkan peluang Sobat untuk meningkatkan konversi.

Saran ini juga berlaku untuk pemasaran email. Karena ada banyak kasus perusahaan mengirimkan email yang sama ke ratusan atau ribuan penerima tanpa terlebih dahulu memastikan apakah mereka benar-benar membutuhkan apa yang mereka tawarkan. Alih-alih membangkitkan minat, cara ini malah membuat konsumen merasa terganggu.

Kenali target konsumen dengan baik

Ketika Sobat melakukan riset mengenai target konsumen, itu berarti Sobat memiliki minat pada individu tersebut, dan hal ini pasti terlihat oleh konsumen.

Coba posisikan diri Sobat sebagai konsumen. Jika ada seseorang yang memperhatikan Sobat, maka Sobat akan memberikan perhatian kepada apa yang mereka lakukan, bukan?

Nah, dalam hal bisnis, Sobat sebagai konsumen akan meluangkan waktu untuk mendengarkan tawaran yang telah mereka siapkan untuk Sobat. Mengapa? Sederhana. Karena hanya ada sedikit penjual yang melakukan hal ini.

Tepati hal yang Sobat janjikan

Jika Sobat berani menawarkan sesuatu untuk menarik konsumen membeli produk, maka tepati janji tawaran tersebut.

Jika dari awal Sobat memang tidak berniat untuk menepati tawaran yang Sobat sampaikan kepada konsumen, maka jangan berikan penawaran tersebut. Jika Sobat berbohong atau melebih-lebihkan penawaran atau klaim produk, pada akhirnya Sobat akan membayar lebih mahal untuk menjaga citra bisnis Sobat.

Diversifikasikan pelanggan

Jangan menaruh semua telur Sobat dalam satu keranjang. Apakah Sobat familiar dengan nasihat satu ini?

Mungkin Sobat sering mendengar atau membaca nasihat ini diberikan kepada orang-orang yang baru mulai berinventasi. Namun, nasihat ini sebenarnya juga dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan.

Memiliki satu klien yang sangat baik memang menyenangkan. Namun, apa yang akan terjadi ketika mereka pergi atau tidak lagi membutuhkan bisnis Sobat karena mereka menemukan bisnis yang lebih murah dengan produk yang lebih bagus? Bisnis Sobat akan menjadi goyah, bukan?

Untuk menghindari risiko tersebut, ingat aturan penjualan ini: satu pembeli tidak boleh mewakili lebih dari 20% dari total penjualan Sobat. Karena jika demikian, Sobat akan menghadapi tekanan besar untuk meningkatkan penjualan.

Buatlah rencana B di mana Sobat mempertimbangkan untuk mencari lebih banyak konsumen, serta mendiversifikasi, memperluas, atau melengkapi jenis produk serta layanan Sobat.

Itu dia 4 tips meningkatkan penjualan, jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Baru untuk Genjot Penjualan

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya