4 Manfaat Transaksi Nontunai

21 September 2021 • By heppi

Penurunan kasus Covid19 memang menjadi berita baik bagi kita. Namun, bukan berarti pandemi Covid19 sudah benar-benar hilang. Beraktivitas di rumah masih tetap menjadi pilihan terbaik.

Meskipun begitu, pasti ada momen yang mengharuskan Sobat keluar rumah. Pergi ke rumah sakit ataupun ke supermarket, misalnya. Nah, di saat seperti ini Sobat perlu tetap menjaga prokes ketat dengan menjalankan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi)

Selain menjalankan 5M, kita juga perlu membatasi interaksi kontak langsung, salah satunya saat melakukan transaksi pembayaran.

Manfaat transaksi nontunai
4 manfaat transaksi nontunai (Sumber: Naipo.de)

Karenanya, penggunaan uang untuk transaksi tunai sebaiknya harus dikurangi, mengingat uang tunai sangat berpotensi menjadi media perpindahan virus. Agar lebih aman, mengalihkan transaksi menjadi transaksi secara nontunai dapat menjadi pilihan bijak di situasi saat ini.

Bukan hanya membuat lebih aman, masih ada banyak manfaat yang akan Sobat dapatkan dari transaksi secara nontunai. Berikut di bawah 4 manfaat lainnya. Yuk, di simak!

4 manfaat transaksi nontunai:

Kecepatan transaksi

Manfaat pertama dan utama dari transaksi nontunai adalah kecepatan transaksi. Menurut Visa, transaksi nontunai lebih cepat 3x dari pada transaksi tunai, yaitu 1-2 detik saja.

Kecepatan transaksi ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang baik, karena akan mengurangi konsumsi waktu yang digunakan untuk mengantre dan menunggu.

Untuk bisnis yang sering mengalami antrean yang mengular, terutama pada jam sibuk seperti jam perjalanan, mengimplementasikan transaksi nontunai akan mempercepat proses jual beli secara signifikan, mengurangi waktu antrean, dan meningkatkan peluang konsumen yang sedang terburu-buru untuk melakukan pembelian di toko Sobat.

Transaksi jadi aman dan nyaman

Menggunakan sistem nontunai untuk melakukan transaksi pembayaran tentunya akan lebih nyaman karena lebih efisien dan cepat.

Sobat tidak perlu menyiapkan uang tunai atau menunggu kembalian saat melakukan pembayaran. Selain itu, Sobat bisa langsung pergi setelah transaksi dinyatakan sukses.

Ditambah, melakukan pembayaran menggunakan sistem cashless juga akan jauh lebih aman. Sobat tidak akan mengalami kekurangan atau kelebihan kembalian karena jumlah uang yang dibayarkan melalui aplikasi pembayaran nontunai sesuai dengan nominal pembayaran yang harus Sobat bayarkan.

Sobat juga tidak perlu khawatir kehilangan uang seperti saat membawa uang tunai di dompet. Hal ini dikarenakan saldo di aplikasi pembayaran nontunai memiliki sistem keamanan yang mengharuskan penggunanya memasukkan password saat akan menggunakannya.

Memudahkan pencatatan keuangan

Sobat sering kesulitan dalam melakukan pencatatan keungan karena lupa telah melakukan transaksi apa saja dan struk transaksi yang tidak sengaja terbuang? Nah, dengan transaksi nontunai Sobat akan dipermudah dalam melakukan pencatatan keuangan.

Struk transaksi yang terbuang tidak lagi menjadi alasan untuk tidak melakukan pencatatan keuangan karena semua detail transaksi sudah ada dalam aplikasi termasuk tanggal dan jam transaksi tersebut dilakukan.

Alat yang efisien untuk melawan korupsi

Melanjutkan dari manfaat memudahkan pencatatan keuangan, transaksi nontunai dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi korupsi ataupun tindakan penggelapan uang.

Sering kali tindakan korupsi  dan penggelapan uang menjadi lebih mudah dilakukan karena tidak ada pencatatan keuangan yang baik, jadi Sobat tidak tau dari mana asal uang yang masuk dan ke mana tujuan arus uang yang keluar.

Jika semua orang terhubung melalui end-to-end payment atau transaksi pembayaran digital yang membuat lingkungan tanpa uang tunai, maka akan ada transparansi penuh dalam aliran uang.

Apapun transaksinya, baik itu investasi swasta atau uang bantuan internasional, semua orang yang terhubung secara digital akan dapat melihat ke mana tepatnya uang pergi dan bagaimana serta uang tersebut dibelanjakan.

Jadi, setiap jumlah uang yang ditemukan di luar kerangka kerja dapat dengan mudah dideteksi dan diselidiki.

Gimana Sobat? Banyak sekali, kan, manfaat yang didapat dari transaksi nontunai? Jadi, yuk, mulai transaksi nontunai Sobat sekarang!

Apakah Sobat menyukai artikel ini? Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik sini.

Baca juga: Membahas Keuntungan dan Kelemahan Metode Pembayaran Cash on Delivery (COD)

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya