Setelah sebelumnya Sobat mengetahui definisi unique selling point (USP), contoh dan cara mengomunikasikannya kepada konsumen, mungkin Sobat masih bingung bagaimana membuat USP yang tepat dan unik untuk bisnis Sobat sendiri.
Untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas secara detail mengenai langkah-langkah membuat USP yang unik dan tepat untuk bisnis Sobat. Yuk, langsung kepenjelasannya!

4 langkah membuat USP untuk bisnis
Daftar isi
Tuliskan semua fitur yang membuat produk Sobat unik
Ambil kertas dan bolpoin atau buka laptop Sobat untuk mulai menuliskan semua fitur yang membuat produk Sobat unik.
Tidak harus sesuatu yang besar, sesederhana apapun fitur produk yang Sobat miliki, mulai dari warna, bahan yang digunakan, teknik pengerjaan, ataupun desain produk, tetap tulis.
Jika Sobat tetap kesulitan dalam menuliskan fitur-fitur yang produk Sobat miliki, coba berpikir dari sudut pandang konsumen dan tulis jawaban atas beberapa pertanyaan di bawah ini:
- Masalah apa yang sedang konsumen hadapi?
- Bagaimana produk atau jasa Sobat dapat memberikan solusi atas masalah tersebut?
- Apa yang membuat produk atau jasa Sobat lebih baik dari kompetitor?
- Mengapa konsumen lebih memilih untuk menggunakan produk atau jasa Sobat dari pada milik kompetitor?
Isi celah yang tidak dimiliki kompetitor
Tips selanjutnya untuk membuat USP adalah dengan mengisi celah yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Bagaimana cara melakukankannya? Dengan melakukan riset.
Ambil waktu untuk melihat apa saja yang dilakukan oleh kompetitor Sobat. Tulis hal-hal yang menjadi kekuatan serta kelemahan mereka.
Apakah kompetitor kurang memiliki performa yang baik pada divisi customer service? Atau apakah produk mereka hanya tersedia di platform tertentu? Karena hal ini berarti mereka mungkin kehilangan pasar tertentu.
Pastikan USP Sobat mengisi celah pada hal-hal yang tidak dilakukan dengan baik oleh kompetitor. Karena hal tersebut dapat menjadi kesempatan Sobat untuk menjadi unik.
Fokus pada target konsumen
Saya sangat memahami bahwa Sobat tidak ingin terjebak dalam pasar yang sempit dan ingin menjangkau lebih banyak konsumen.
Namun, jika Sobat tidak membuat USP sesuai dengan target konsumen, unique selling point ini malah dapat menjadi serangan balik bagi bisnis Sobat. Pernahkah Sobat mendengar pepatah lama, “Jika Anda mencoba untuk menyenangkan semua orang, Anda tidak akan menyenangkan siapa pun?”
Hal yang sama berlaku untuk memasarkan produk Sobat. Untuk itu, lihat kembali bagaimana demografi target konsumen yang telah Sobat tetapkan dan buatlah USP yang sesuai dengan mereka. Dengan cara ini Sobat akan menemukan USP yang unik dan tepat sasaran.
Komunikasikan USP kepada konsumen
Setelah membuat USP yang tepat, maka sekarang saatnya Sobat untuk mengomunikasikannya kepada konsumen.
Karena tanpa mengomunikan USP kepada konsumen, USP hanya akan sekedar menjadi fitur dan tidak akan menjadi nilai tambah yang membuat bisnis Sobat menonjol dari kompetitor.
Ada banyak sekali cara mengkomunikasikan USP kepada pelanggan. Mulai dari iklan tradisional, pemasaran konten, hinggal digital marketing. Untuk lebih jelasnya, Sobat dapat klik di sini.
Menciptakan USP yang sukses membutuhkan waktu, perhatian, dan usaha yang besar. Dan jika Sobat ingin segera mendapatkan USP yang tepat, maka satu-satunya cara adalah dengan segera mengeksekusi langkah-langkah di atas.
Selain itu jangan mengesampingkan proses karena Sobat mungkin akan mendapatkan lebih banyak ilmu serta informasi baru yang akan membantu bisnis Sobat agar lebih berkembang.
Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.
Baca juga: Apa Itu Unique Selling Point?