Small Wins: 4 Manfaat Merayakan Keberhasilan Kecil dalam Bisnis

28 August 2021 • By heppi

Menjadi seorang wirausahawan adalah pekerjaan yang sulit dan merupakan perjalanan panjang dengan banyak rintangan. Namun, dalam perjalanannya, Sobat mungkin akan mendapatkan banyak keberhasilan kecil.

Untuk itu, pada artikel ini akan membahas mengapa penting bagi Sobat dan tim untuk merayakan pencapaian kecil, tidak peduli seberapa kecilnya.

Keberhasilan kecil dalam bisnis
4 manfaat merayakan keberhasilan kecil dalam bisnis (Sumber: Agnieszka Boeske)

4 manfaatnya merayakan keberhasilan kecil untuk bisnis

Meningkatkan kepercayaan diri dan semangat

Dalam perjalanan membangun bisnis, Sobat tentunya tidak selalu merasakan kepercayaan diri dan motivasi yang sama dengan yang Sobat rasakan saat memulai bisnis.

Dan tentunya Sobat pasti merasakan kecewa, putus asa, tidak memiliki semangat, bahkan ingin berhenti berbisnis saat Sobat menghadapi masalah dan rintangan yang berat.

Namun, ketika Sobat belajar untuk menghargai dan merayakan kemenangan dan keberhasilan kecil, menjadi mudah bagi Sobat untuk membangkitkan kembali kepercayaan diri dan semangat dalam diri Sobat.

Dengan merayakan kemenangan-kemenagan kecil dapat membuat pola pikir Sobat berubah menjadi “Jika saya dapat menghadapi masalah yang lalu, maka saya juga dapat menghadapi masalah ini.”

Bentuk cinta pada diri sendiri

Sebagai individu ataupun pelaku bisnis, kita sering kali terjebak dapat pilihan ‘all or nothing’ atau merasa gagal saat belum dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Kita sering kali sangat keras terhadap diri sendiri hanya karena kita belum dapat mencapai tujuan dan melupakan banyak hal kecil yang telah berhasil kita lalui hingga sampai di titik di mana kita berada saat ini.

Merayakan keberhasilan kecil berarti menghargai diri Sobat sendiri. Menghargai setiap waktu, usaha yang telah dilakukan. Karena seringnya tidak ada satupun orang yang akan menghargai semua usaha yang telah Sobat lakukan kecuali diri Sobat sendiri.

Sebagai penunjuk jalan menuju tujuan yang ingin dicapai

Banyak orang yang sering kehilangan arah menuju tujuan yang ingin dicapai karena mereka hanya berfokus pada tujuan tersebut tanpa mengetahui cara atau jalan mana yang perlu dilalui agar segera sampai di tempat tujuan.

Dengan berfokus pada kemenangan dan keberhasilan kecil yang telah dilalui, akan membuat Sobat mulai menyadari bahwa Sobat semakin mendekati tujuan. Hal ini juga membantu Sobat untuk tetap lebih fokus dalam mencapai tujuan.

Menghindari burnout

Manfaat terakhir dari merayakan keberhasilan kecil adalah dapat mengurangi kemungkinan stres.

Sebagai pelaku bisnis, Sobat pasti sudah paham benar bahwa mengembangkan bisnis adalah perjalanan panjang yang mungkin tidak memiliki garis finish. Fakta ini seringkali terlupakan dan pada suatu titik membuat banyak pelaku bisnis merasa stres karena mereka belum sampai pada tujuan yang diinginkan.

Di sini lah peran merayakan kemenangan kecil dibutuhkan. Ketika Sobat belum dapat mencapai tujuan yang diinginkan, cobalah untuk berhenti sejenak dan mengingat kembali hal-hal yang telah dicapai hingga sekarang.

Mungkin tujuan bisnis Sobat adalah dapat go international. Namun, fakta bahwa bisnis Sobat telah dapat membuka ratusan cabang di seluruh Indonesia tidak boleh Sobat lupakan. Karena dengan menghargai perkembangan-perkembangan kecil yang dilalui oleh bisnis Sobat akan membuat Sobat tetap semangat karena mengetahui bahwa bisnis Sobat masih tetap bertumbuh.

Itu dia 4 manfaat merayakan keberhasilan kecil yang telah Sobat lalui. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: FOMO Marketing: Definisi dan manfaatnya untuk bisnis

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya