7 Tips Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

15 August 2021 • By admin_it

Jika Sobat merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan semua pekerjaan yang ingin dan harus Sobat lakukan, mungkin inilah saatnya untuk memeriksa keterampilan manajemen waktu yang Sobat miliki.

Keterampilan manajemen waktu yang baik memang bukan keterampilan bawaan dari lahir. Jadi, jika Sobat belum bisa melakukan manajemen waktu dengan baik, tidak apa-apa karena Sobat dapat mempelajarinya mulai sekarang.

Meningkatkan produktivitas dalam bekerja
7 tips meningkatkan produktivitas dalam bekerja (Sumber: Fernando Hernandez)

Berikut adalah 7 tips yang dapat Sobat terapkan untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

7 tips meningkatkan produktivitas dalam bekerja

Buat to-do list

To-do list adalah senjata ampuh untuk meningkatkan produktivitas Sobat. Dengan membuat daftar pekerjaan yang perlu dilakukan, maka Sobat sudah mendapatkan bayangan hal-hal yang perlu dilakuna dan tidak lagi terdistrasi oleh pekerjaan-pekerjaan yang tidak perlu dikerjaan hari ini.

Singkirkan semua gangguan

Setelah Sobat mendaftar pekerjaan yang perlu Sobat selesaikan hari itu, Sobat perlu menyingkirkan semua distraksi atau gangguan yang dapat mengganggu Sobat menyelesaikan pekerjaan.

Distraksi setiap orang memang berbeda. Ada orang yang merasa terganggung dan tidak fokus ketika ruangan kotor, terganggu dengan suara lalu Lalang kendaraan dan lainnya. Untuk itu, identifikasi sendiri distraksi yang dapat mengganggu dan pastikan Sobat telah menyingkirkan gangguan sebelum mulai bekerja.

Mendengarkan musik

Gangguan memang harus dihindari, tetapi terkadang mendengarkan musik saat bekerja dapat meningkatkan semangat, fokus dan produktivitas.

Tentu saja, Sobat tidak harus mendengarkan lagu rock yang berat karena malah akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Untuk meningkatkan fokus dan semangat, Sobat mungkin dapat mendengarkan musik klasik.

Prioritaskan pekerjaan berat

Dengan membuat daftar pekerjaan, maka Sobat dapat mengetahui pekerjaan mana yang perlu Sobat prioritaskan.

Selalu kerjakan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran pertama kali saat Sobat memulai bekerja. Karena dengan begitu Sobat masih memiliki banyak energi. Jika Sobat mengerjakan pekerjaan berat di akhir waktu, Sobat membuat kualitas pekerjaan menjadi tidak maksimal karena energi yang dimiliki untuk bekerja telah habis.

Beri penghargaan diri sendiri setelah selesai menyelesaikan pekerjaan

Untuk tetap termotivasi dalam bekerja, sesekali beri penghargaan pada diri sendiri atas semua pekerjaan yang telah terselesaikan.

Dan memberi penghargaan pada diri sendiri ini tidak perlu menunggu saat pekerjaan telah selesai sepenuhnya. Namun, sekecil apapun progress pekerjaan yang diraih, Sobat tetap perlu menghargainya. Karena setiap progress kecil yang dikerjaan akan membuat Sobat bangga pada diri sendiri dan terus termotivasi.

Jangan multitasking

Jika Sobat mengira dengan mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus akan membuat banyak pekerjaan cepat selesai, maka Sobat salah. Karena multitasking malah akan membuat kualitas pekerjaan menjadi tidak maksimal karena fokus Sobat terpecah ke beberapa pekerjaan.

Cari tau jam produktif diri

Tidak semua waktu yang dimiliki dalam satu hari merupakan jam baik untuk kita bekerja. Karena memang ada jam-jam di mana pada jam tersebut kita sudah tidak lagi fokus dan sudah kehabisan energi.

Jadi, temua jam produktif personal Sobat yang dapat membantu untuk lebih meningkatkan produktivitas pekerjaan agar dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaaan.

Itu dia 7 tips untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja agar banyak pekerjaan yang dapat terselesaikan. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 6 Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Cepat

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks