Terkadang, Sobat memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan tetapi Sobat menyadari bahwa waktu yang Sobat miliki sedikut. Bahkan mungkin Sobat menjadi sangat khawatir sehingga tidak tahu lagi harus mulai dari mana. Atau mungkin Sobat telah mencoba yang terbaik tetapi Sobat belum cukup cepat untuk menyelesaikan setiap tugas tepat waktu dan setiap tugas sekarang menumpuk di atas meja.

Seringkali Sobat berpikir semuanya akan baik-baik saja, saat Sobat bekerja keras. Sobat tidak sepenuhnya salah. Tetapi jika Sobat ingin berbuat lebih banyak dalam waktu singkat, Sobat seharusnya belajar untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.
Untuk itu, berikut ada 6 tips untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat yang harus Sobat coba lakukan.
6 Tips menyelesaikan pekerjaan dengan cepat
Daftar isi
Buat daftar pekerjaan
Miliki rencana untuk diikuti dengan menulis pekerjaan yang ingin Sobat lakukan setiap harinya. Daftar ini akan membantu Sobat dalam dua cara. Pertama, tidak ada pekerjaan yang akan terlewatkan. Yang kedua membuat Sobat mengetahui bahwa ada berapa banyak pekerjaan yang perlu Sobat lakukan.
Satu tips untuk membuat daftar pekerjaan adalah tulis pekerjaan yang benar-benar dapat Sobat kerjakan pada hari itu. Karena jika Sobat menulis semua daftar pekerjaan yang sebenarnya tenggat waktunya masih satu bulan, hal tersebut malah membuat Sobat tidak fokus pada prioritas pekerjaan yang perlu dilakukan.
Kerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu
Sebaiknya selesaikan tugas dan pekerjaan yang paling mengganggu pikiran Sobat terlebih dahulu. Fakta bahwa pekerjaan tersebut sampai membuat Sobat memikirkannya walaupun Sobat sudah berada di rumah, berarti pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang berat.
Setelah menyelesaikan pekerjaan yang paling menyita pikiran, maka sisa hari Sobat akan lebih ringan dan mudah. Sobat tidak hanya akan merasa lebih baik, tapi juga akan jauh lebih produktif.
Fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu
Fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum beralih ke pekerjaan berikutnya.
Orang biasanya berpikir bahwa mereka menyelesaikan lebih banyak hal dengan multitasking, tetapi pada kenyataannya, bolak-balik dari satu tugas ke tugas lain tidak menguntungkan. Karena pada faktanya, mencoba melakukan dua tugas secara bersamaan sebenarnya dapat menurunkan produktivitas.
Singkirkan semua barang yang mengganggu
Beberapa objek hanya akan memperlambat pekerjaan yang Sobat kerjakan. Objek tersebut bisa meliputi ponsel, majalah, novel dan banyak lainnya. Jika Sobat berharap dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat, tapi dengan dikelilingi barang-barang yang mengganggu, maka Sobat sedang berjalan di tempat.
Matikan media sosial
Satu hal yang perlu Sobat ketahui, bahwa media sosial merupakan hal yang paling membuat Sobat terdistraksi dari pekerjaan yang seharusnya Sobat lakukan.
Untuk itu, ambil waktu untuk beristirahat dari keramaian dan hiruk pikuk dunia luar dan hindari menggunakan Facebook, Twitter atau Instagram. Mereka hanya akan mengganggu Sobat. Untuk orang yang membutuhkan media sosial untuk bekerja, pastikan Sobat telah keluar dari akun pribadi, dan dapat berfokus pada pekerjaan.
Jangan membaca sekilas, tapi baca dengan seksama
Sangat penting untuk benar-benar membaca dokumen yang Sobat terima dengan seksama, bukan membaca sekilas. Hal ini karena membaca sekilas bisa lebih memakan waktu daripada membaca seksama karena Sobat mungkin melewatkan sesuatu dan harus kembali mengecek dokumen untuk memastikan informasi yang ada.
Dalam upaya untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, Sobat tidak harus menggunakan semua 24 jam yang Sobat miliki setiap hari. Yang Sobat butuhkan adalah menerapkan tips yang akan membantu Sobat untuk melakukan pekerjaan lebih banyak dalam waktu singkat.
Nah itu dia 6 tips menyelesaikan pekerjaan dengan cepat yang dapat Sobat coba lakukan, jika Sobat ingin membaca artikel lain terkait bisnis ataupu tips&trik, Sobat dapat klik di sini.