Kerjakan Sekarang! 6 Tips Jitu agar Sobat Tidak Lagi Menunda Pekerjaan

1 August 2021 • By heppi

Apakah Sobat pernah memiliki deadline pekerjaan besar, tapi bukannya mengerjakan, Sobat malah menonton drama, atau membaca buku, atau scrolling media sosial?

Kita semua akrab dengan fenomena menunda pekerjaan. Menggunakan waktu untuk melakukan banyak hal lain yang bukan prioritas dengan tetap memikirkan deadline yang telah di depan mata. Dan ketika tenggat waktu pekerjaan sudah tinggal esok hari, kita akan panik dan berharap dapat memutar waktu untuk mengerjakannya.

Tidak lagi menunda pekerjaan
6 tips agar Sobat tidak menunda pekerjaan (Sumber: Magnet.me)

Banyak dari kita yang telah terjebak dalam siklus ini. Menunda pekerjaan, bermalas-malasan, bersembunyi dari pekerjaan, dan hanya mengerjakan pekerjaan ketika jika tenggat waktu sudah tinggal dua atau satu hari lagi. Jika Sobat terus berada dalam siklus ini, akan ada banyak kesempatan besar yang terbuang dan perjalanan menuju kesuksesan menjadi lebih lama.

Untuk membantu Sobat keluar dari siklus menunda pekerjaan ini, berikut di bawah 6 tips jitu agar Sobat tidak menunda pekerjaan.

6 tips agar Sobat tidak menunda pekerjaan

Bagi pekerjaan menjadi bagian-bagian kecil

Sebagian alasan mengapa kita menunda-nunda adalah karena secara tidak sadar, kita merasa pekerjaan itu terlalu besar dan membebani kita.

Untuk mengatasinya, lihat kembali pekerjaan yang harus Sobat kerjaan dan urai pekerjaan tersebut menjadi bagian-bagian kecil hingga Sobat berubah pikiran menjadi โ€œWah, pekerjaan ini mudah, kok.โ€

Sebagai contoh, jika Sobat adalah seorang penulis dan sedang memulai menulis buku baru, maka Sobat dapat memecah pekerjaan menulis buku yang terlihat sangat sulit dan membebani menjadi bagian-bagian kecil seperti ini:

  • Penelitian
  • Menentukan topik
  • Membuat garis besar
  • Menyusun konten
  • Menulis Bab #1 hingga #10,
  • Revisi
  • dll.

Dengan memecah pekerjaan menjadi bagian-bagian kecil, pekerjaan menulis buku menjadi lebih mudah untuk dikerjakan dan terorganisir, bukan? Sobat juga dapat langsung memulai pekerjaan dan tidak hanya memikirkan beban pekerjaan yang berat tanpa pernah memulai untuk menyelesaikannya.

Tulis deadline dengan waktu yang spesifik

Jika Sobat hanya menuliskan deadline besar pekerjaan yang perlu diselesaikan, maka sama saja Sobat sedang menarik diri pada kegiatan menunda pekerjaan. Seperti yang ditulis di atas, dengan hanya menulis deadline besar akan membuat Sobat merasa malas mengerjakan karena pekerjaan terasa berat.

Bagi deadline pekerjaan besar Sobat menjadi deadline yang lebih kecil dengan cara ini, Sobat tahu bahwa Sobat harus menyelesaikan setiap tugas pada tanggal tertentu. Buat tenggat waktu yang kuat, yang jika Sobat tidak menyelesaikan deadline hari ini, hal itu akan membahayakan keseluruhan pekerjaan besar yang harus diselesaikan. Dengan cara ini Sobat menciptakan urgensi untuk bertindak.

Bergaul dengan orang yang menginspirasi Sobat untuk bertindak

Apakah Sobat pernah membayangkan bisa berbicara selama beberapa menit dengan Steve Jobs atau Bill Gates? Dengan membayangkannya saja dapat membuat Sobat merasa termotivasi, bukan?

Mungkin Sobat memang tidak memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Steve Jobs ataupun Bill Gates. Namun, Sobat dapat mengidentifikasi orang, teman, atau kolega yang dapat memotivasi Sobat. Carilah teman-teman yang rajin dan bekerja keras dan luangkan waktu untuk setidaknya berbicara kepada mereka agar Sobat juga tertular semangat bekerja seperti mereka. Semangat bekerja dapat membuat Sobat terhindar dari keinginan untuk menunda pekerjaan.

Temukan orang yang telah terlebih dahulu sukses

Pikirkan kembali cita-cita yang ingin Sobat capai, lalu temtukan orang yang telah terlebih dahulu sukses mencapai cita-cita tersebut.

Temukan dan bangun hubungan yang baik dengan mereka. Melihat bukti nyata bahwa cita-cita Sobat dapat dicapai dengan sangat baik jika Sobat tidak menunda-nunda pekerjaan adalah salah satu pemicu terbaik untuk bertindak.

Tidak memperumit keadaan

Apakah Sobat sering menunggu waktu yang tepat untuk melakukan suatu pekerjaan? Sering berpikir bahwa mungkin sekarang bukan waktu terbaik untuk mengerjakan pekerjaan karena alasan X, Y, Z?

Jika Sobat sering melakukan hal ini, maka buang pikiran itu karena pada faktanya tidak pernah ada waktu yang tepat. Jika Sobat terus menunggu waktu yang tepat untuk mengerjakan apa pun, Sobat tidak akan pernah mencapai apa pun. Perfeksionisme adalah salah satu alasan terbesar untuk menunda-nunda.

Just do it

Pada akhirnya, semua tips untuk tidak menunda pekerjaan bermuara pada mengambil tindakan.

Karena Sobat dapat melakukan semua strategi, perencanaan, dan hipotesis, tetapi jika Sobat tidak pernah mengambil Tindakan untuk mengerjakan pekerjaan, maka pekerjaan tersebut juga tidak akan pernah selesai.

Apa pun yang Sobat tunda, jika Sobat ingin menyelesaikannya, Sobat hanya perlu mengontrol diri dan segera mengerjakannya.

Nah itu dia x tips untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Segera lakukan agar pekerjaan Sobat terselesaikan dan Sobat dapat melakukan banyak hal lainnya.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Tips Produktif saat Work From Home

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya