5 Tips Produktif saat Work from Home

26 March 2020 • By Indah

Berkaitan dengan urgensi anjuran social distancing demi mencegah persebaran COVID-19, banyak kantor telah memberlakukan sistem kerja work from home atau kerja dari rumah. Beberapa kantor yang belum memberlakukan hal ini, bisa jadi terkait dengan penyesuaian antara kerja di kantor dan kerja di rumah. Hal-hal mengenai fasilitas kerja, alur serta pengawasan tentu perlu disiapkan matang-matang agar segala tugas tetap bisa terlaksana dan selesai tepat waktu.

Tetap produktif walau bekerja di rumah. (Foto: CDN)

Untuk Sobat yang sudah work from home, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tetap produktif bekerja walau dari rumah. Sebab, untuk kamu yang belum terbiasa, alur kerja serta longgarnya pengawasan saat bekerja di rumah dapat menurunkan produktivitas. Hal ini tentu bisa membuat pencapaian dan penilain kerjamu menurun. Oleh karena itu, simak tips tetap produktif saat work from home di bawah ini:

5 Tips tetap Produktif saat sedang Work from Home

Bangun tidur di waktu seperti biasa

Dengan bekerja di rumah, Sobat tentu jadi tidak buru-buru bersiap-siap karena tidak perlu menempuh perjalanan ke kantor. Banyak yang memanfaatkan hal ini untuk tidur lebih lama. Padahal, memperpanjang waktu malas-malasan di kantor, akan memengaruhi energi dan semangatmu seterusnya. Maka dari itu, sebaiknya bangunlah di waktu yang sama seperti biasa agar kamu bisa menjadi tetap produktif sebagaimana saat bekerja di kantor.

Tetap mandi

Sobat yang malas mandi mungkin menyambut keputusan work from home dengan gembira karena tidak perlu mandi pagi. Padahal, dengan tetap mandi seperti biasa, Sobat akan lebih segar dan bersemangat. Badan yang bersih dan wangi, tentu membuat kinerja lebih baik dibandingkan jika Sobat tidak mandi sejak hari sebelumnya. Karena itu, daripada di saat bekerja Sobat merasa gerah dan tidak konsentrasi karenanya, lebih baik Sobat tetap mandi pagi seperti biasa.

Berpakaian rapi layaknya di kantor

Meski dengan bekerja dari rumah Sobat bisa mengenakan pakaian yang lebih santai dibandingkan dengan saat bekerja di kantor, namun banyak yang merekomendasikan untuk tetap memakai pakaian seperti saat pergi bekerja sebagaimana biasa. Hal ini untuk mendorong psikologis Sobat agar tetap sadar bahwa Sobat sedang ‘bekerja seperti biasa’ sehingga bisa mencegah turunnya produktivitas karena memakai pakaian yang nyaman seperti yang Sobat pakai saat bersantai di rumah.

Tetap sarapan

Tidak hanya soal ritual bangun pagi dan mandi serta berpakaian, Sobat sebaiknya juga tetap menjalani rutinitas makan seperti biasa. Sarapanlah di waktu Sobat biasa sarapan dan makan siang sebagaimana Sobat makan siang saat di kantor. Sebab, dengan mengubah pola makan, tentu akan ada penyesuaian pula dari diri Sobat secara fisik. Maka dari itu, lebih baik meneruskan kebiasaan makan Sobat seperti biasa agar Sobat tetap bisa menjaga produktivitas meski bekerja dari rumah.

Pastikan koneksi internet stabil

Salah satu kunci utama keberhasilan work from home adalah internet yang stabil. Sebab, jika internet Sobat bermasalah, tentu pekerjaan dan koordinasi akan terhambat. Maka dari itu, sebelum memulai work from home, ada baiknya Sobat mempersiapkan koneksi internet yang stabil agar tetap bisa produktif meski work from home. Tidak hanya itu, Sobat juga harus memastikan peralatan bekerja yang Sobat gunakan di rumah seperti laptop, komputer atau smartphone juga bisa bekerja dengan baik.

Itu dia 5 tips untuk tetap produktif saat work from home. Sobat bisa mempertimbankan untuk mengikutinya agar pekerjaan Sobat bisa tetap diselesaikan tepat waktu dan sesuai target walau bekerja dari rumah.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya