5 Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Kecil

21 July 2021 • By heppi

Saat ini, Instagram telah menjadi pemain utama di dunia media sosial. Ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan 10 miliar foto terunggah menjadikannya platform pemasaran penting untuk bisnis kecil, jika mereka tahu cara menggunakannya.

Karena platform Instagram terus berkembang dan selalu menambah fiturnya, begitu juga dengan pengaruhnya terhadap kebiasaan membeli penggunanya. Dengan mengingat hal tersebut, Instagram dapat Sobat manfaatkan tidak hanya sebagai tempat berbagi foto, tetapi juga untuk mendapatkan pelanggan baru serta meningkatkan penjualan.

Marketing untuk bisnis kecil
5 Strategi Instagram marketing untuk bisnis kecil (Sumber: Erik Lucatero)

Untuk membantu Sobat sukses di Instagram sebagai pemilik bisnis kecil, pada artikel ini akan dibahas strategi Instagram marketing terbaik untuk pemilik bisnis kecil.

Berikut adalah 5 cara yang harus Sobat saat menggunakan platform jejaring sosial sebagai alat pemasaran.

5 strategi Instagram marketing untuk bisnis kecil

Tambahkan emoji dalam caption

Menambahkan emoji dalam caption adalah cara yang efektif untuk membangun keterlibatan pengikut Sobat.  

Emoji sangat efektif digunakan dalam strategi Instagram marketing, karena dapat digunakan untuk menambahkan personality bisnis dan memasukkan sisi humanisme agar konsumen merasakan emosi seperti sedang berkomunikasi secara tatap muka.

Baca juga: 5 Tips Menulis Caption Instagram Menarik

Menjadi unik

Strategi Instagram marketing selanjutnya yang dapat Sobat lakukan untuk membangun audiens serta meningkatkan penjualan adalah dengan menjadi unik dan menjadi diri sendiri. Untuk itu Sobat perlu menetapkan terlebih dahulu image yang ingin Sobat bangun dan dipersepsikan oleh audiens.

Karena dengan menetapkan image yang ingin dibangun, akan membantu Sobat dalam memproduksi konten yang akan diunggah di Instagram.

Kita tahu bahwa saat ini banyak sekali jenis konten dengan kuantitas yang tidak terhitung. Untuk konten video saja, terdapat 500 jam video yang diupload di YouTube setiap menitnya dan 30.000 jam setiap jamnya.

Dengan fakta tersebut, jika Sobat hanya sekedar mengunggah konten untuk menggugurkan pekerjaan marketing Sobat, bisa jadi Sobat akan tenggelam dan tidak terlihat.

Sobat perlu memasukkan personality dan membuat konten dari sisi yang berbeda dari mayoritas konten yang ada. Dengan begitu audiens akan menemukan konten Sobat berbeda dan informatif.

Gunakan hashtag

Menggunakan hashtag adalah strategi Instagram marketing selanjutnya untuk membangun audiens dan menambah penjualan.

Jika Sobat akan menggunakan tagar di Instagram untuk menambah jangkauan bisnis Sobat, pastikan dulu untuk melihat kinerja tagar sebelum melakukannya. Akan lebih baik juga jika Sobat melakukan riset untuk mencari hashtag spesifik yang cocok untuk bisnis Sobat.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa hashtag akan membuat bisnis Sobat menjangkau lebih banyak audiens, ada sejumlah faktor yang menentukan seberapa baik kinerja tagar yang Sobat pilih.

Dengan melihat kinerja tagar, Sobat dapat menentukan tagar mana yang perlu Sobat tambahkan dalam caption. Karena tidak semua tagar baik digunakan setiap waktu. Ada tagar tertentu yang berkinerja baik saat digunakan orang sepanjang waktu, sementara yang lain cenderung berkinerja lebih baik ketika digunakan sesekali.

Unggah konten secara konsisten

Bukan berarti Sobat harus mengunggah konten setiap hari. Sobat dapat membuat jadwal unggah konten yang sesuai dengan bisnis Sobat. Sobat juga dapat melakukan riset untuk menentukan jadwal unggah konten.

Terlepas dari jadwal posting konten, hal yang terpenting adalah Sobat konsisten terhadap jadwal yang telah Sobat tetapkan. Karena kekonsistenan Sobat dalam mengunggah konten adalah bukti bahwa Sobat berkomitmen penuh dengan bisnis dan siap memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Buat Instagram feed yang menarik

Sebagaimana fungsi utama Instagram sebagai platform untuk berbagi foto, maka Instagram feed yang menarik juga salah satu cara membangun audiens serta meningkatkan penjualan.

Selalu pastikan foto yang Sobat unggah adalah foto dengan kualitas yang baik dan menarik. Jangan lupa untuk menyamakan tone warna dengan foto sebelumnya sehingga nyaman dan menarik untuk dilihat oleh audiens.

Sebagai bisnis kecil, aktivitas pemasaran secara digital terkadang menjadi kendala karena budget yang terbatas. Tapi, jangan khawatir, dengan mengikuti strategi Instagram marketing untuk bisnis kecil di atas, Sobat tetap dapat melakukan aktivitas pemasaran dengan baik tanpa pelu mengeluarkan budget sekalipun.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Meningkatkan Followers Instagram

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya