5 Alasan untuk Mengubah Bisnis Konvensional Menjadi Bisnis Online

25 May 2021 • By heppi

Semenjak pandemi Covid19 masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020, banyak bisnis konvensional yang jatuh, bahkan bangkrut. Hampir seluruh aspek kehidupan beralih menjadi online karena larangan kontak fisik sehingga mayoritas orang lebih banyak melakukan aktifitas di rumah.

Dengan situasi yang ada, sektor bisnis juga dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan agar dapat bertahan. Dan satu-satunya cara adalah dengan mengubah bisnis yang biasanya melayani pelanggan secara langsung/tatap muka ke melayani pelanggan secara online.

Konvensional menjadi bisnis online
5 alasan mengubah bisnis konvensional menjadi bisnis online (Sumber: Freepik)

Kalaupun bisnis Sobat tidak terdampak situasi yang ada, berikut adalah 5 alasan untuk mengubah bisnis konvensional menjadi bisnis online.

5 alasan untuk mengubah bisnis konvensional menjadi bisnis online

Tidak perlu modal besar

Banyak orang yang ingin memulai bisnis atau mengubah bisnis mereka menjadi bisnis online, tapi takut akan modal yang harus dikeluarkan. Seperti membayar sewa, membeli inventaris, dan membayar gaji karyawan. Namun, sebetulnya, tidak perlu modal yang besar untuk mengubah bisnis Sobat menjadi bisnis online. Sobat hanya memerlukan laptop atau HP dan koneksi internet.

Jika Sobat belum memiliki anggaran untuk membuat website bisnis sendiri Sobat dapat membuat akun pada platform media sosial yang sudah ada seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Setelah itu Sobat hanya perlu mempelajari digital marketing skill yang diperlukan untuk mulai memasarkan produk atau jasa yang Sobat miliki.

Dapat menjangkau lebih banyak konsumen

Sebagaimana Sobat ketahui, bisnis konvensional memiliki kekurangan yaitu kurang dapat menjangkau konsumen diluar wilayahnya. Sobat hanya bergantung pada pemasaran word of mouth untuk dapat memasarkan produk.

Dengan mengubah bisnis menjadi online, Sobat tidak lagi mengalami kendala dalam menjangkau konsumen baru. Karena konsumen akan dengan mudah menemukan Sobat hanya dengan menulis kata kunci produk yang diinginkan dan satu klik saja.

Sobat sekarang dapat menjangkau konsumen di luar wilayah, provinsi bahkan di luar negeri dan dapat mengirimkan produk hanya dengan bantuan ekspedisi.

Baca juga: Tahun 2021 untuk UKM Menuju Digital

Bisnis bisa berjalan 24/7

Keuntungan lain yang dimiliki bisnis online dibandingkan bisnis fisik adalah mereka dapat tetap buka 24/7. Jika dengan bisnis konvensional yang membutuhkan lapak tempat Sobat memiliki jam operasional, tidak dengan bisnis online. Dengan kata lain bisnis Sobat tidak pernah tutup dan selalu siap sedia menerima orderan.

Bahkan lebih menyenangkannya lagi, Sobat tidak perlu hadir secara fisik selama 24/7 untuk melayani pelanggan. Toko online memang buka 24/7, tapi Sobat tetap bisa beristirahat sesuai jam kerja yang telah Sobat tetapkan.

Adanya pandemi Covid19

Pertimbangan lain kenapa Sobat harus mengubah bisnis Sobat menjadi bisnis online adalah karena adanya pandemi Covid19 yang mengharuskan semua orang untuk meengurangi kontak  fisik.

Dengan terus mempertahankan bisnis untuk berjalan secara konvensional, maka cepat atau lambat bisnis Sobat akan mengalami kemunduran. Mengubah bisnis menjadi online akan membuat bisnis Sobat tetap relevan dengan keadaan dan menjadi dapat bertahan.

Adanya Covid19 tidak lagi memberi pilihan bisnis untuk beralih secara online, melainkan mengharuskan bisnis untuk beralih menjadi online.

Biaya pemeliharaan yang rendah

Uang sewa gedung, tagihan listrik, biaya keamanan, dan pengeluaran umum kantor lainnya di lokasi fisik bisa meningkat. Dengan bisnis online, Sobat tidak lagi harus mengeluarkan anggaran untuk biaya operasional tersebut dan mengalihkan anggaran untuk biaya akses internet, serta pemeliharaan inventaris laptop dan HP dengan perbandingan yang jauh lebih murah.

Merubah bisnis yang sudah lebih dulu berjalan menjadi bisnis online memang butuh proses, waktu dan usaha, tapi bukan berarti tidak bisa. Sobat hanya perlu komitmen dan meluangkan waktu untuk belajar.

Bagi Sobat yang ingin memulai bisnis online, tapi belum menemukan ide bisnis yang cocok dapat mencoba menjadi reseller atau berjualan pulsa secara online dengan menggunakan Unitedpay. Tidak hanya pulsa, tapi Sobat juga dapat menjual paket data, voucher game hingga melayani pembayaran PPOB yang lengkap dengan modal yang sedikit, tapi memberi keuntungan yang besar.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru tentang bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Pulsa Online dengan Unitedpay

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya