Tahun 2021 untuk UKM Menuju Digital

16 February 2021 • By heppi

Ada apa saja, sih, ditahun 2020? Pandemi global, pergolakan sosial, menurunnya perekonomian serta terhambatnya administrasi. Hampir semua hal terdampak, begitu juga dengan usaha kecil dan menengah (UKM).

Tahun 2021 untuk UKM
Tahun 2021 untuk UKM Menuju Digital (Sumber: Freepik)

Dengan banyaknya kejadian ditahun 2020, UKM dipaksa untuk mengalihkan usahanya ke digital. Karena jual beli secara langsung dapat menjadi perantara penularan virus, dan hampir seluruh kegiatan di luar rumah dibatasi. Dengan ini, tidak ada pilihan lain untuk UKM selain beralih ke digital, agar bisnisnya tidak mati. Tahun 2020 tentunya menjadi tahun titik balik bagi pemilik UKM.

Selanjutnya, dengan berbagai kejadian di tahun 2020, pada tahun 2021, UKM harus memastikan bahwa mereka memiliki tujuan dan strategi yang jelas yang dapat mengantarkan mereka pada peningkatkan penjualan, atau setidaknya tidak mengalami penurunan.

Transformasi digital UKM akan terus berlanjut

2021 adalah tahun di mana UKM semakin mempercepat transformasi digital mereka. Teknologi yang diadopsi untuk COVID-19 juga mendorong perubahan model bisnis ke model bisnis digital. Konektivitas, e-commerce, dan pengetahuan untuk sukses secara online saat ini menjadi lebih penting dan terus dicari informasinya dibandingkan sebelumnya.

Transformasi UKM ke digital juga didukung oleh pemerintah dengan mengeluarkan arah kebijakan UKM digital. Pemerintah siap membantu dengan memberikan akses internet, memberikan akses terhadap investasi, memberikan program-progam binaan serta memperluas pembayaran elektronik.

UKM akan berinvestasi dalam memberikan pengalaman pelanggan digital yang luar biasa

Dalam hal pengalaman pelanggan, UKM sebenarnya memiliki keuntungan lebih. Skala bisnis yang belum besar membuat UKM dapat memberikan sentuhan personal pada setiap produk yang mereka jual. Tidak jarang pelanggan dan pemilik UKM saling mengenal dan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Akan berbeda jadinya jika UKM beralih ke digital. Pengalaman pelanggannya akan menjadi sama sekali berbeda. Apa yang dilakukan oleh UKM secara online bisa jadi tidak bekerja secara online. Untuk itu, proses jual beli yang nyaman secara tatap muka juga harus dapat dirasakan walaupun prosesnya secara online.

Pemilik UKM dapat mengunggah foto ataupun video produk yang jelas dan menarik agar pelanggan dapat melihat secara jelas bagaimana bentuk produk yang dijual. Tersedianya kolom chat juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan apabila pelanggan memiliki pertanyaan terkait produk yang ingin dibeli.

Proses yang lancar dari mulai pemilihan produk, cara pembayaran, konfirmasi pembayaran, hingga pengiriman yang cepat juga akan memberikan pengalaman pelanggan yang tidak boleh dilewatkan oleh para pemilik UKM.

Komunikasi pelanggan akan menjadi perhatian utama

Menghadapi masa depan yang contactless atau berkurangnya kontak fisik, mengakibatkan komunikasi secara online akan semakin mendapatkan perhatian. Penggunaan email, aplikasi pesan teks serta pesan media sosial akan terus meningkat. Tersedianya layanan customer service 24/7 dan cepat tanggap tentunya hal yang wajib untuk mendukung komunikasi dengan pelanggan.

2021 adalah tahun UKM digital

UKM yang paham digital dan digerakkan oleh tujuan yang jelas akan berada di garda depan pada tahun 2021. Berada didunia digital, UKM akan menemukan pelanggan baru dan dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dengan memenangkan ketertarikan mereka.

UKM yang bertahan atau menjadi pemenang dengan semakin berkembangnya usaha mereka adalah UKM yang memberikan layanan dengan baik atau malah melebihi ekspektasi pelanggan. UKM yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tetap memberikan sentuhan personal serta dapat memberikan nilai-nilai positif  kepada pelanggan.

Untuk UKM yang melakukan investasi digital yang tepat, tahun yang lebih baik telah menanti.

Ingin membaca artikel lain terkait proses bisnis? Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya