WhatsApp adalah messenger atau aplikasi chatting paling populer di dunia dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna WhatsApp adalah 140 juta orang. Jadi, jika Sobat tidak memanfaatkan WhatsApp Business untuk keperluan bisnis, berarti Sobat telah melewatkan solusi ampuh untuk bisnis Sobat.

Jika Sobat masih belum familiar dengan WhatsApp Business, WhatsApp Business adalah aplikasi yang didesain khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. Sebuah aplikasi yang memang dikhususkan untuk pemilik bisnis dengan skala kecil-menengah.
Dengan menggunakan WhatsApp Business, Sobat dapat menggunakan fitur untuk mengirim pesan selamat datang, membalas pesan secara otomatis, menjawab pertanyaan dengan cepat hingga menyortir pesan. Berikut 4 alasan mengapa Sobat harus menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis Sobat
4 Alasan menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis
Daftar isi
Adanya fitur pesan otomatis
Greeting message: seperti namanya, fitur adalah fitur untuk mengirimkan pesan sapaan kepada konsumen ketika mereka memulai percakapan dan mengetik pesan kepada Sobat.
Away message: merupakan fitur untuk merespons konsumen secara otomatis jika mereka mengirim pesan kepada Sobat diluar jam bisnis beroperasi. Sobat dapat membuat balasan pesan otomatis sesuai dengan keinginan Sobat.
Quick replies: fitur ini memungkinkan Sobat membuat template yang dapat Sobat gunakan untuk membalas pesan yang sering ditanyakan oleh konsumen. Sobat hanya perlu melihat kembali pertanyaan-pertanyaan yang seringkali konsumen tanyakan dan buat balasan atas pertanyaan tersebut.
Manfaat utama WhatsApp Business adalah tingkat respons yang lebih cepat dan akan menghemat waktu saat Sobat harus menanggapi beberapa pertanyaan konsumen.
Terdapat fitur analisis bisnis dasar
Meskipun sejauh ini belum sempurna, Sobat dapat melacak jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dan dibaca. Dengan analisis dasar ini, Sobat dapat mengevaluasi strategi pemasaran Sobat dan merencanakan kembali strategi yang akan Sobat gunakan.
Berpotensi untuk membuat bisnis semakin efisien
Sebagai saluran layanan pelanggan, WhatsApp Bisnis memungkinkan Sobat untuk terlibat dengan konsumen diplatform yang konsumen gunakan. Selain itu WhatsApp Bisnis juga memungkinkan Sobat menjangkau hingga 256 orang sekaligus untuk sekali kirim pesan.
Broadcast dan labels
WhatsApp Business memungkinkan Sobat mengirim pesan ke semua kontak menggunakan fungsi broadcast. Fitur ini Berguna jika Sobat memiliki pembaharuan atau informasi penting yang ingin Sobat bagikan dengan semua konsumen.
Selain itu, terdapat fitur label yang memungkinkan Sobat untuk mensegmentasikan kontak Sobat menggunakan “Label”. Label memungkinkan Sobat untuk memberi nama dan mensortir kontak konsumen, seperti: konsumen baru, konsumen promo. Sobat juga dapat membuat label untuk menyortir pesanan, seperti: belum dibayar, sudah dibayar dan pesanan selesai.
Nah itu dia 4 keuntungan yang dapat Sobat dapatkan jika menggunakan WhatsApp Bisnis dalam bisnis Sobat. Dengan memiliki system pelayanan yang cepat, maka bisnis akan semakin efisien, pengalaman pelanggan semakin baik dan penjualanpun akan semakin meningkat.
Jika Sobat ingin membaca artikel lain terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.