4 Keuntungan Kartu Ucapan Terima Kasih untuk Bisnis Sobat

8 March 2021 • By admin_it

Salah satu tujuan setiap pemilik bisnis adalah membuat bisnisnya dapat bertahan untuk waktu yang lama. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat bisnis terus berjalan untuk waktu yang lama? Ada dua hal utama yang dapat membuat bisnis Sobat diminati oleh konsumen, yaitu produk serta layanan yang berkualitas dan memberikan pengalaman pelanggan yang positif.

4 keuntungan kartu ucapan
Keuntungan mengirimkan ucapan terima kasih (Sumber: Freepik)

Produk serta layanan yang berkualitas adalah pondasi utama bagi bisnis Sobat. Tanpa produk dan layanan yang berkualitas, bisnis Sobat dapat dipastikan tidak dapat bertahan lama. Hal selanjutnya yang perlu bisnis Sobat miliki setelah produk dan pelayanan yang berkualitas adalah memberikan pengalaman pelanggan yang positif.

Pengalaman pelanggan atau customer experience yang positif dimulai dari kemudahan konsumen menemukan akun bisnis Sobat pada platform media sosial hingga produk sampai ke tangan konsumen. Salah satu hal yang dapat Sobat lakukan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif adalah dengan menyisipkan kartu ucapan terima kasih disetiap produk yang konsumen beli.

Menyisipkan kartu ucapan terima kasih memang sangat terlihat sepele, tapi hal sepele seperti ini memiliki dampak yang besar bagi bisnis Sobat. Berikut adalah 5 keuntungan mengirimkan ucapan terima kasih untuk bisnis Sobat.

4 keuntungan kartu ucapan terima kasih untuk bisnis

Merupakan hal yang benar untuk dilakukan

Ketika semua hal menjadi serba digital, mengungkapkan rasa terima kasih memang akan menjadi efektif hanya dengan menulis “Terima kasih telah membeli produk kami J” dihalaman terakhir website ataupun chat terakhir saat konsumen telah melakukan konfirmasi pembayaran. Namun, akan menjadi lebih bermakna jika Sobat juga memberikan usaha lebih dengan menuliskan ucapan terima kasih dan menyisipkannya didalam packaging produk.

Tidak pernah salah jika Sobat mengucapkan rasa terima kasih lebih dari sekali. Malah hal tersebut akan diterima dengan baik oleh konsumen. Di sisi konsumen, ketika mereka membuka kemasan dan menemukan kartu ucapan terima kasih, mereka akan merasa spesial. Konsumen akan lebih merasa dihargai dan Sobat berarti telah melakukan strategi personal untuk setiap pelanggan Sobat.

Mengembangkan hubungan dengan konsumen

Bisnis yang ingin menonjol diantara kompetitor akan meluangkan waktu ekstra untuk berterima kasih kepada konsumen karena telah memberi dukungan dengan membeli ataupun menggunakan jasa. Sementara beberapa bisnis lebih memilih mengirimkan email, bisnis yang mengirimkan kartu ucapan terima kasih menunjukkan tingkat kepedulian ekstra untuk konsumen mereka.

Dalam dunia digital ini, catatan tulisan tangan yang menunjukkan penghargaan tulus untuk pelanggan, menunjukkan bahwa bisnis benar-benar menganggap konsumen adalah yang terpenting.  Catatan terima kasih dengan tulisan tangan tidak boleh menyertakan promosi atau insentif apa pun. Catatan tersebut harus mencakup hanya pesan terima kasih kepada konsumen atas dukungan mereka pada bisnis Sobat.

Detail dapat membuat perbedaan

Meskipun pelanggan akan menghargai ucapan terima kasih melalui email, kartu ucapan dengan tulisan tangan pasti lebih bermakna dan memiliki dampak yang lebih besar. Kartu ucapan terima kasih harus tidak terlalu formal dan personal.

Karena kartu ucapan memiliki sifat yang fleksibel, dengan kartu ucapan bisnis dapat tetap terlihat profesional namun juga dapat terlihat personal untuk pelanggan. Pemilihan jenis kertas, font serta gaya bahasa juga harus tetap diperhatikan agar tidak menghilangkan nilai dari bisnis Sobat.

Memberikan perasaan bahagia saat membuka paket produk

Memberikan kartu ucapan terima kasih bisa diibaratkan memberikan surat cinta pada konsumen. Siapa orang yang tidak menyukai surat cinta? Begitu juga dengan konsumen. Mungkin saat pertama kali membuka produk pada orderan pertama, konsumen akan kaget dengan adanya kartu ucapan terima kasih. Namun, untuk orderan selanjutnya, konsumen akan mengantisipasi saat-saat membuka produk dengan rasa senang.

Perasaan senang saat membuka produk adalah cara jitu untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif untuk seluruh konsumen Sobat. Dan pengalaman pelanggan yang positif dapat membuat konsumen kembali pada bisnis Sobat.

Yuk, mulai sisipkan kartu ucapan terima kasih disetiap produk yang konsumen beli. Satu langkah kecil ini bisa membantu bisnis Sobat untuk terus bertahan untuk waktu yang lama, lho!

Untuk Sobat yang ingin membaca artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks