5 Strategi Bisnis agar Bisa Bertahan di Masa COVID-19

12 September 2020 • By Indah

Pandemi COVID-19 menyebabkan dampak yang besar bagi masyarakat dunia. Selain banyaknya karyawan yang di-PHK, tidak sedikit pula bisnis yang harus gulung tikar karena dampak pandemi ini. Sobat mungkin bisa menemukan sendiri banyaknya bisnis yang terpaksa tutup sementara atau permanen karena serangan COVID-19. Para pemilik bisnis yang masih bertahan pun, terus was-was dan memutar akal mencari strategi agar bisnis bisa bertahan di masa COVID-19 ini.

strategi bisnis bertahan COVID-19
Strategi bisnis untuk bertahan di masa COVID-19. (Foto: Freepik)

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis bisa bertahan di masa COVID-19 ini? Jika Sobat juga sedang memikirkan cara untuk mempertahankan bisnis, berikut tipsnya:

5 Strategi Bisnis agar Bertahan di Masa COVID-19

Terus bergerak

Salah satu hal yang membuat bisnismu macet adalah ketika Sobat berhenti melakukan sesuatu untuk memperjuangkannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa dampak COVID-19 memberikan pukulan yang besar bagi sebagian pengusaha, namun hal ini tidak boleh menghentikan langkah Sobat untuk terus maju. Walau kemajuan usaha mungkin terhambat dan langkah jadi sangat lambat, Sobat harus memastikan bahwa Sobat terus bergerak untuk menghadapi masa sulit ini.

Jaga hubungan dengan pelanggan

Sobat mungkin merasakan kehilangan banyak pembeli dan pelanggan selama COVID-19 ini. Jangan marah dan jangan putus asa. Sobat harus tangguh dan tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sobat bisa mengirimkan pesan berisi kalimat dukungan kepada para pelanggan Sobat. Sampaikan bahwa kita sedang sama-sama melalui masa sulit dan pasti akan bisa melaluinya bersama-sama. Dengan melakukan hal ini, walau sekarang pelanggan tersebut belum bisa kembali melakukan pembelian, namun pesan hangat yang didapat tentu akan diingat di kemudian hari ketika kondisi sudah membaik kembali.

Jadikan celah evaluasi dan perbaikan

Dalam menjalankan bisnis, mungkin ada beberapa hal yang ingin Sobat perbaiki dalam hal pengelolaan, produksi atau hal lainnya, namun belum bisa Sobat lakukan karena kendala kesibukan. Masa COVID-19 yang membuat semua hal melambat, bisa Sobat manfaatkan untuk melakukan evaluasi dan perubahan untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik. Dengan memanfaatkan waktu jeda ini sebaik-baiknya, di masa mendatang, Sobat akan bisa kembali melaju kencang setelah badai COVID-19 ini berlalu.

Keluar dari zona nyaman

Salah satu hal yang wajib Sobat lakukan untuk mempertahankan bisnis di masa sulit ini adalah dengan keluar dari zona nyaman. Pelajari betul hal yang harus Sobat lakukan untuk bisnis Sobat. Jangan malas, malu atau takut rugi dalam menyesuaikan diri dengan kondisi serba krisis ini. Dengan keluar dari zona nyaman, Sobat akan menemukan jalan-jalan baru yang selama tidak Sobat dapati. Hal ini tentu baik untuk menolong bisnis Sobat bertahan di masa sulit.

Konsultasi pada mentor

Peran mentor dalam bisnis sangatlah penting, Sobat. Bahkan, pebisnis yang sudah sukses sekalipun, kadang masih butuh bantuan mentornya untuk menghadapi kendala-kendala baru yang selama ini belum pernah ditemui. Jika Sobat merasa tidak mampu lagi menemukan cara mengatasi penurunan bisnis di masa pandemi ini, mungkin sudah saatnya bagi Sobat untuk menemukan mentor dan meminta bimbingan dalam mengelola bisnis Sobat.

5 strategi agar bisnis bertahan di masa COVID-19 ini bisa Sobat coba untuk terapkan agar Sobat tidak bingung lagi dalam mengelola bisnis. Tentu saja, dalam mempraktekannya tidak semudah saat membacanya, namun Sobat harus tetap tangguh dan semangat. Percayalah bahwa masa sulit ini akan lekas berakhir dan Sobat akan bisa kembali mengelola bisnis dengan normal. Baca tips bisnis menarik lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks