5 Peran Penting Mentor untuk Kesuksesan Bisnis

21 August 2020 • By Indah

Sobat pernah mendengar mengenai mentor, khususnya mentor bisnis? Mentor, adalah seorang yang sudah ahli di bidangnya dan membimbing orang lain sesuai bidang ilmu yang digelutinya. Jika Sobat sedang ingin belajar bisnis, maka sangat penting untuk memiliki mentor bisnis agar Sobat tidak kehilangan arah dalam memulai dan mengembangkan bisnis. Sebab, peran mentor dalam bisnis memang sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

peran mentor bisnis
Pentingnya peranan mentor untuk kesuksesan bisnis. (Foto: Freepik)

Tapi, seberapa penting sih, peran mentor untuk kesuksesan bisnis kita? Kalau Sobat belum tertarik atau belum terpikir mengenai mentor bisnis, baca dulu ulasannya di bawah ini:

5 Peran Penting Mentor untuk Kesuksesan Bisnis

Belajar dari ahlinya

Salah satu keuntungan yang Sobat dapatkan jika memiliki mentor bisnis adalah Sobat bisa mendapatkan ilmu dan belajar langsung dari ahlinya. Sobat bisa memilih mentor yang bidangnya sesuai dengan bidang bisnis yang Sobat ingin geluti. Misalnya, Sobat ingin berbisnis di bidang properti, maka sangat penting bagi Sobat untuk memiliki mentor yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis tersebut. Memang, Sobat bisa belajar dari pengalaman dan mencoba segala sesuatu sendiri, tapi lebih menguntungkan jika mendapatkan bimbingan dari orang yang sudah berpengalaman, kan?

Autodidak tidak selalu cukup

Saat ini, kita memang bisa belajar bisnis dari mana saja. Apalagi dengan adanya internet, kita bisa mendapat ilmu mengenai bisnis dari berbagai media seperti Youtube, Podcast, Instagram hingga berbagai website mengenai bisnis. Namun, ilmu yang kita dapatkan secara autodidak atau belajar sendiri, belum tentu memenuhi semua kebutuhan dan mampu menjawab semua pertanyaan Sobat terkait bisnis. Di sinilah peran mentor menjadi penting.

Bisa konsultasi

Dalam menjalani bisnis, tentu saja Sobat akan menemui berbagai hambatan dan rintangan. Dengan keberadaan mentor, Sobat tidak perlu lagi bingung menghubungi banyak orang untuk berkonsultasi mengenai rintangan yang Sobat temui. Mentor tentu bisa memberikan solusi atas masalah yang Sobat temui berdasarkan pengalaman dan wawasannya.

Mendapatkan saran terpercaya

Seorang mentor dengan pengalaman dan wawasannya tentu ingin bisnis Sobat berkembang. Untuk itu, tak jarang mentor memberikan saran-saran pengembangan bisnis yang mungkin tidak terpikirkan oleh Sobat sebelumnya. Saran-saran yang sesuai dengan bisnis Sobat ini, tentu hanya bisa diberikan oleh orang yang sudah ahli di bidangnya, kan? Maka dari itu, peran mentor bagi kesuksesan bisnis memanglah penting.

Akan lebih percaya diri

Dengan keberadaan mentor yang siap membimbing Sobat, kepercayaan diri Sobat pun akan meningkat. Sobat tentu lebih yakin dalam memulai dan menjalani bisnis karena berada dalam bimbingan orang yang Sobat yakini kemampuannya. Selanjutnya, kepercayaan diri Sobat ini akan membuat bisnis Sobat lebih cepat berkembang karena Sobat lebih yakin dalam melangkah.

Gimana? Masih merasa mentor bisnis itu nggak perlu? Cobain aja dulu dengan meminta seseorang yang berpengalaman untuk menjadi mentormu, Sobat. Atau, Sobat juga bisa menggunakan jasa mentor secara berbayar yang sudah banyak tersedia pilihannya. Yuk, mulai bisnismu dengan mentor terbaik, Sobat!

Baca artikel soal bisnis dan tips keuangan lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks