Apa Itu Influencer dan Perannya untuk Bisnis Sobat

22 August 2020 • By admin_it

Beberapa waktu belakangan, heboh pemberitaan mengenai anggaran 80 miliar rupiah yang digelontorkan pemerintah untuk mendanai influencer. Para influencer ini dibiayai pemerintah untuk memopulerkan tagar #IndonesiaButuhKerja. Berita ini kemudian menjadi kehebohan sehingga banyak orang penasaran mengenai apa itu influencer dan bagaimana pengaruhnya sehingga pemerintah diduga rela mengeluarkan dana milyaran untuk membayar mereka.

apa itu influencer
Apa itu influencer dan perannya bagi bisnis. (Foto: Freepik)

Pada kenyataannya, peran influencer sebagai agen publikasi atau agen marketing memang dianggap efektif. Tidak sedikit pengusaha yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis mereka. Lalu, bagaimana sebenarnya peranan influencer untuk kemajuan bisnis? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Sobat!

JENIS-JENIS INFLUENCER

Nano Influencer

Nano influencer adalah sebutan untuk influencer skala super kecil. Pengikut nano influencer hanya di kisaran 500-1000 orang. Namun, jangan terkecoh dengan jumlah yang kecil ini. Nano influencer mendapat kepercayaan karena memiliki hubungan erat dengan para pengikut di media sosial sehingga memiliki engagement yang tinggi pula. Hal ini membuat kekuatan nano influencer cukup banyak dipertimbangkan untuk digunakan dalam promosi bisnis.

Micro Influencer

Micro Influencer adalah influencer dengan kelas di atas nano influencer. Jumlah pengikut micro influencer di media sosial berada di kisaran 1000-10.000 orang. Micro influencer biasanya adalah orang yang fokus di satu bidang tertentu seperti fesyen, make up, game online atau kesehatan sehingga produk yang mereka tawarkan, biasanya terkait dengan minat yang mereka tunjukkan di media sosial.

Macro Influencer

Golongan influencer selanjutnya adalah macro influencer yang biasanya memiliki pengikut di media sosial di kisaran 10.000-100.000 orang. Macro influencer yang telah memiliki penonton dalam jumlah besar ini biasanya sudah mempromosikan produk yang beragam, tidak hanya terkait minat dan konten yang mereka unggah sehari-hari. Audience yang besar membuat macro influencer biasanya sudah memiliki tim profesional dalam mengelola akun media sosial mereka.

Mega Influencer

Kelas tertinggi dalam strata influencer yakni mega influencer. Mega influencer biasanya merupakan selebriti, bintang TV, radio atau media populer lain yang sudah memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut. Influencer di kelas ini biasanya sudah memiliki tim manajemen yang profesional, karena itu tarif endorsement mereka pun sangat mahal. Mahalnya tarif ini tentu seimbang dengan besarnya pengaruh yang bisa mereka hasilkan pada para pengikut di media sosial.

PENGARUH INFLUENCER BAGI PERKEMBANGAN BISNIS

apa itu influencer
Peran influencer bagi bisnis Sobat. (Foto: Freepik)

Setelah mengetahui apa itu influencer serta berbagai kelas influencer, Sobat tentu penasaran mengenai peran influencer ini bagi perkembangan bisnis. Setidaknya, ada tiga hal yang menjadi kekuatan influencer bagi bisnis Sobat. Simak penjelasannya di bawah ini:

Memperkenalkan produk

Salah satu peran pertama dan terpenting influencer bagi bisnis adalah sebagai agen yang memperkenalkan produk baik barang maupun jasa kepada khalayak. Dalam sekali unggah, para influencer tentu dapat memperkenalkan produk yang dia promosikan kepada para pengikutnya di media sosial. Meski tidak semua orang lantas ikut membeli, setidaknya produk Sobat sudah dikenal oleh khalayak.

Membangun kepercayaan

Para pengikut influencer di media sosial, biasanya memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap idola mereka. Oleh karena itu, jika produk Sobat direkomendasikan oleh influencer yang mereka ikuti, tentu kepercayaan calon konsumen akan meningkat. Akan ada lebih banyak lagi orang yang tertarik mencoba produk yang ditawarkan karena percaya pada rekomendasi dari influencer yang mempromosikannya.

Meningkatkan penjualan

Pengaruh terakhir dan terpenting yang dapat dilakukan oleh influencer adalah meningkatkan angka penjualan produk yang dipromosikan. Terutama jika promosi yang dilakukan berulang kali oleh influencer yang sama sehingga banyak orang lantas meningkat rasa penasarannya. Hal ini tentu dapat berdampak positif bagi produk yang dipromosikan oleh influencer tersebut.

Itu dia, Sobat, penjelasan soal apa itu influencer dan pengaruhnya untuk bisnis Sobat. Tertarik untuk menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan bisnis Sobat? Baca dulu tips memilih influencer untuk bisnis di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks