6 Skill Penting yang Dibutuhkan Setiap Pemilik Bisnis Kecil

16 October 2021 • By heppi

Ketika Sobat memiliki bisnis kecil, ada masanya Sobat harus memikul banyak tanggung jawab kegiatan bisnis, setidaknya di awal.

Memiliki beberapa pengetahuan dasar di semua aspek operasi bisnis akan dapat membuat bisnis Sobat semakin berkembang, dan pada akhirnya dapat mempekerjakan staf.

Pertanyaannya adalah keterampilan apa yang paling penting untuk dimiliki dan dikembangkan sejak awal? Berikut daftar dan penjelasannya. Yuk, di simak!

Skill penting yang dibutuhkan
6 skill penting yang dibutuhkan pemilik bisnis kecil (Sumber: LinkedIn Sales Solution)

6 skill penting yang dibutuhkan pemilik bisnis kecil

Kemampuan komunikasi

Keahlian ini mungkin terdengar klise dan sepele, tetapi perbedaan terbesar dari pemilik bisnis dan bukan pemilik bisnis adalah keterampilan komunikasi yang memadai.

Kurangnya komunikasi dapat menjadi masalah besar bagi tim dan organisasi. Sebagai seorang pemimpin, Sobat harus mampu memberi contoh dan membantu menerapkan budaya komunikasi yang proaktif, terbuka, dan jujur.

Dengan tidak memiliki keterampilan ini, akan ada banyak kesalahpahaman dan dapat menimbulkan menurunnya efektivitas kerja di dalam organisasi yang akhirnya juga akan berpengaruh pada performa bisnis.

Literasi keuangan

Tidak ada yang lebih penting dalam bisnis daripada memahami keuangan. Pemilik bisnis yang baik perlu mengetahui berapa banyak biaya, termasuk hal-hal seperti tenaga kerja, penjualan, dll. Hal ini penting agar pemilik bisnis mampu memaksimalkan arus kas dan memiliki perencanaan yang baik untuk masa depan.

Memiliki produk serta layanan yang baik memang perlu. Namun, produk dan layanan tersebut tidak dapat berkembang dan sampai pada target konsumen, jika Sobat tidak memiliki kondisi keuangan yang baik. Karena mewujudkan bisnis yang sukses tidak hanya membutuhkan produk yang bagus saja, modal juga hal yang perlu Sobat miliki.

Digital marketing

Digital marketing atau pemasaran digital sangat penting untuk bisnis apa pun saat ini. Karena sekarang, lebih khususnya setelah ada pandemic Covid19lebih banyak orang yang memiliki akses ke internet murah dan banyak orang mengandalkan mesin pencari untuk membantu mereka menemukan informasi dan membeli produk.

Pemilik bisnis perlu memiliki pengetahuan yang kuat tentang SEO, pemasaran media sosial, periklanan online, dan lainnya untuk memandu pertumbuhan bisnis. Pemilik bisnis mungkin dapat mempekerjakan orang untuk mengelola seluruh aspek bisnis, tetapi Sobat masih perlu cukup informasi untuk memimpin tim dalam menciptakan strategi pemasaran digital terbaik untuk bisnis.

Selain itu, pemilik bisnis juga harus memiliki kemampuan untuk  mengukur dan menganalisis hasil kampanye yang berbeda. Dan hal ini hanya dapat dilakukan dengan benar, jika pemilik bisnis memahami proses pemasaran digital.

Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional yang tinggi adalah keterampilan penting bagi setiap pemilik bisnis. Baik itu dengan klien, supplier, atau mitra, Sobat akan berinteraksi dengan orang-orang sepanjang hari. Mampu memahami emosi mereka akan membantu Sobat membangun hubungan yang lebih kuat.

Tidak hanya pandai membaca emosi lawan biacara, sebagai pemilik bisnispun Sobat juga perlu mengenali dan mengelola emosi Sobat sendiri, karena memiliki bisnis bukanlah hal yang mudah.

Dengan kecerdasan emosional yang baik serta kesadaran diri, Sobat akan menjadi lebih nyaman dan mudah dalam menjadi aktivitas bisnis meskipun Sobat sedang berada di bawah tekanan. Terlebih ketika Sobat lebih banyak menghadapi banyak ketidakpastian dalam kondisi pandemi saat ini. Dapat mengontrol diri adalah kunci bisnis Sobat untuk dapat bertahan.

Customer service

Kunci untuk setiap bisnis yang sukses adalah layanan pelanggan (customer service) yang baik.

Sobat bisa mendapatkan banyak pelanggan, tetapi jika Sobat tidak memberikan layanan pelanggan yang luar biasa, pelanggan tersebut tidak akan pernah bertahan. Dan Sobat perlu memahami bahwa mengakuisisi pelanggan baru membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan mempertahankan yang sudah ada.

Semua pemilik usaha kecil perlu tahu bagaimana memberikan layanan pelanggan yang baik. Hal ini termasuk belajar bagaimana menangani pelanggan yang komplain dan ulasan negatif dengan benar serta bagaimana mendengarkan dan merespons secara tepat.

Mengetahui cara menerima dan mengolah umpan balik akan membantu Sobat mempertahankan pelanggan yang ada.

Keterampilan pengambilan keputusan

Semua profesional membutuhkan keterampilan pengambilan keputusan yang kuat untuk menavigasi tantangan kompleks yang akan mereka hadapi di tempat kerja. Bagi mereka yang khusus bekerja di bidang bisnis atau manajemen, kebutuhan akan keterampilan ini semakin besar.

Menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya, karyawan mana yang perlu turut andi dalam projek baru, dan bagaimana menerapkan cara kerja baru di seluruh organisasi adalah semua keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Dengan semakin banyaknya alat dan sumber daya yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data, ketrampilan pengambilan keputusan dapat membantu para pengambil keputusan untuk dapat mengolah data dan mengambil keputusan dengan lebih bijak.

Setelah membaca daftar skill di atas, Sobat mungkin langsung berpikir dua atau tiga kali untuk menjadi pebisnis karena merasa hanya memiliki beberapa skill saja dari yang disebutkan.

Jika saat ini Sobat langsung mengurungkan niat untuk memulai bisnis, maka jangan. Sobat tidak harus menguasai satu paket ketrampilan di atas, karena semua ketrampilan di atas sebenarnya adalah ketrampilan yang dapat Sobat pelajari. Dan mayoritas Sobat perlu terjun langsung untuk belajar.

Jadi, tetap mulai merintis bisnis Sobat sendiri karena dengan memulai, Sobat sudah berada satu langkah di depan untuk menguasi ketrampilan menjadi pebisins sukses.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis atau tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: Zaman berganti, 5 Skill Bisnis Ini Tetap Penting Dimiliki

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya