Kenapa Bisnis Sobat Perlu Memiliki Foto Produk yang Berkualitas?

4 October 2021 • By heppi

Bisnis online menjadi pasar yang sangat besar semenjak adanya pandemi Covid19. Adanya aturan pembatasan kontak fisik dan juga kesadaran masyarakat untuk menjaga diri sendiri dan keluarga membuat perilaku konsumen menjadi sangat berubah.

Perubahan perilaku konsumen yang sangat terlihat adalah keputusan tempat membeli produk. Yang sebelumnya memiliki dua pilihan yaitu membeli secara offline (datang langsung ke mall atau outlet), ataupun secara online. Sekarang konsumen lebih memilih membeli produk secara online.

Selain lebih aman dan membantu memutus rantai penyebaran virus, berbelanja online membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih murah. Pembeli tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi dan harga barangpun lebih murah.

Foto produk yang berkualitas
Kenapa bisnis perlu memiliki foto produk yang berkualitas? (Sumber: Micheile)

Nah, dengan penjelasan di atas Sobat pasti sudah paham, jika bisnis Sobat ingin tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi ini, maka Sobat perlu mengalihkan bisnis Sobat menjadi beroperasi secara online.

Namun, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat bisnis Sobat stand out di pasar yang memiliki banyak sekali pemain? Di sinilah foto produk mengambil peran. Foto produk dengan kualitas bagus dapat membantu bisnis Sobat menonjol di antara ketatnya kompetisi bisnis.

4 alasan bisnis Sobat perlu memiliki foto produk dengan kualitas baik

Membangun kepercayaan

Jujur saja, saat Sobat ingin membeli produk secara online, apakah Sobat akan membeli sesuatu tanpa melihat foto produk? Atau membeli sesuatu berdasarkan foto produk yang buram dan kurang penerangan?

Meskipun Sobat tetap menuliskan deskripsi produk secara lengkap, jelas dan jujur, tapi tanpa adanya foto produk dengan kualitas baik, bisnis Sobat masih kurang menjual.

Terlebih, sebagai manusia, kita adalah makhluk visual. Kita lebih mempercayai indra penglihatan (mata) lebih dari indra kita yang lain. Jadi, dengan memiliki foto produk yang memiliki kualitas baik, Sobat dapat memberikan kepastian kepada konsumen, yang akhirnya akan membangun kepercayaan konsumen.

Konsumen ingin melihat foto produk

Saat berbelanja online, karena konsumen tidak dapat langsung melihat dan memengang produk yang ingin mereka beli, maka foto produk dengan kualitas baik merupakan pengganti pengalaman pelanggan tersebut.

Konsumen ingin melihat foto produk untuk memberikan mereka kepastian membeli dan meyakinkan diri bahwa produk tersebut sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Foto produk lebih mudah dibagikan

Alasan lain kenapa bisnis Sobat harus memiliki foto produk dengan kualitas baik adalah karena konten foto lebih mudah untuk dibagikan.

Alasan ini adalah penjelasan dari peribahasa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Terkadang ada banyak kasus di mana konsumen juga mengajak teman dekatnya untuk juga membeli produk yang dia diinginkan. Dan ada banyak alasan kenapa konsumen melakukannya.

Mungkin karena ongkos kirim yang terlalu mahal untuk hanya membeli satu produk saja sehingga mereka mengajak teman untuk meringankan ongkos kirim. Atau karena konsumen merasa bahwa teman mereka juga meyukai produk yang akan mereka beli.

Nah, untuk meyakinkan teman mereka agar bersedia membeli produk, konsumen akan mengirimkan foto produk yang dapat memberikan gambaran bagaimana produk yang akan mereka terima.

Foto produk berkualitas dapat meningkatkan konversi

Alasan terakhir perlunya bisnis Sobat memiliki foto produk yang berkualitas ini sebenarnya adalah penutup dari semua penjelasan di atas, yaitu foto produk dapat meningkatkan konversi.

Dengan foto produk yang berkualitas dan menarik, sebenarnya Sobat dapat mencapai banyak hal. Mulai dari menjangkau lebih banyak target konsumen, meningkatkan kepercayaan, hingga akhirnya meningkatkan persentase penjualan bisnis Sobat.  

Itu dia 4 alasan kenapa bisnis Sobat perlu memiliki foto produk yang berkualitas. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketingggalan artikel baru, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: Foto Produk Lebih Menarik dengan 5 Aplikasi Edit Foto Ini

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya