5 Tips Membangun dan Mengembangkan Jaringan Bisnis Kecil Sobat

25 September 2021 • By heppi

Membangun jaringan bisnis yang bereputasi adalah kunci penentu keberhasilan usaha kecil karena konsumen lebih suka berbisnis dengan bisnis yang mereka kenal, sukai, dan percayai daripada bisnis yang tampak asing bagi mereka.

Saat ini, pengembangan bisnis yang sukses bergantung pada membangun hubungan kepercayaan yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan keuntungan. Oleh karena itu sangat penting bagi Sobat untuk terus menumbuhkan dan memelihara hubungan kepercayaan ini, karena sebagian besar pertumbuhan bisnis Sobat akan berasal dari jaringan bisnis Anda.

Mengembangkan jaringan bisnis kecil
5 tips mengembangan jaringan bisnis kecil (Sumber: NeONBRAND)

Jaringan bisnis adalah strategi pemasaran berbiaya rendah yang efektif untuk mengembangkan peluang penjualan. Berikut adalah 5 tips untuk membangun dan mengembangkan jaringan bisnis kecil Sobat

5 tips membangun dan mengembangkan jaringan bisnis kecil Sobat

Selalu siap membantu

Selalu prioritaskan membantu dan memberi kepada orang lain sebelum mengambil dan menerima untuk diri sendiri. Karena ketika Sobat membantu orang-orang di jaringan (network) Sobat agar menjadi kuat, maka bisnis Sobatpun akan menjadi lebih kuat.

Selain itu, jangan pelit ilmu. Karena dengan membagikan ilmu ataupun keahlian Sobat, sebenarnya Sobat sedang menambah ilmu Sobat sendiri. Dan seperti halnya bisnis, di mana Sobat baru mendapatkan uang setelah menjual produk. Sobatpun akan mendapatkan feedback, network yang lebih kuat ketika Sobat bersedia membantu orang lain.

Berikan dukungan kepada staff Sobat

Orang-orang yang bekerja untuk bisnis Sobat juga merupakan bagian dari network Sobat.

Apakah karyawan Sobat memiliki anak yang berpartisipasi dalam tim olahraga ataupun kompetisi seni? Jika ada, jadilah sponsor mereka.

 Apakah ada komunitas atau NGO yang diikuti oleh staff Sobat yang sedang membutuhkan bantuan finansial? Mintalah mereka untuk membuat proposal dan jadilah donatur mereka. Atau Sobat juga dapat melakukan kolaborasi bisnis dengan untuk membantu komunitas dan NGO semakin berkembang.

Mendukung staff Sobat baik di dalam ataupun di luar kegiatan bisnis akan membangun hubungan mendalam yang sangat menguntungkan.

Gunakan platform media sosial

Kembangkan jaringan bisnis Sobat dengan menggunakan situs dan platform media sosial, seperti LinkedIn, Twitter, dan komunitas jaringan online. Namun, sebelum Sobat terjun ke media sosial, Sobat perlu memahami sepenuhnya platform tersebut, cara kerjanya, dan bagaimana Sobat dapat menggunakannya untuk keuntungan bisnis Sobat.

LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk memulai dan mengembangkan jaringan bisnis. Twitter adalah platform microblogging yang akan melengkapi blog bisnis Sobat. Sedangkan Facebook adalah tempat untuk membangun komunitas online di sekitar bisnis kecil Sobat.

Bangun reputasi

Membangun kepercayaan dan reputasi sangat penting untuk menumbuhkan jaringan bisnis yang kuat. Kurangnya kepercayaan akan menghambat bisnis membangun jaringan yang kuat. Koneksi atau jaringan tertentu benar-benar tidak mungkin terbentuk jika tidak ada kepercayaan dan juga reputasi bisnis yang baik.

Dalam lingkungan profesional, orang lebih suka membangun hubungan bisnis dengan orang yang mereka anggap berharga. Dengan membangun reputasi sebagai bisnis yang berkinerja baik, memberikan dampak positif kepada komunitas dan lingkungan, akan membuat orang lebih termotivasi untuk bertemu dengan Sobat dan menjaga berhubungan jangka panjang dengan bisnis Sobat.

Lakukan follow up

Ada dua alasan utama dari pentingnya follow up:

  • Networking hanya menghasilkan hasil yang baik bila ditindaklanjuti.
  • Melakukan follow up akan membantu meningkatkan kepercayaan, reputasi, dan hubungan.

Bangun reputasi sebagai seseorang yang selalu menepati janji dan gigih. Lakukan follow up kepada orang-orang yang berjanji akan melakukan sesuatu atau membantu bisnis Sobat. Terakhir, lakukan apa yang Sobat janjikan kepada orang lain.

Manakah dari tips membangun jaringan untuk bisnis kecil di atas yang paling Sobat sukai? Pilih satu dan mulai dari sana.

Saat Sobat mulai menerapkannya, perhatikan bagaimana hal tersebut memengaruhi segala sesuatu di sekitar bisnis Sobat. Tips di atas sangat bagus untuk membangun eksposur bisnis kecil Sobat dengan cara yang menyenangkan, tapi tetap memberikan dampak yang signifikan.

Apakah Sobat menyukai artikel ini? Jika Sobat tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&tik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 5 Manfaat Networking untuk Bisnis Sobat

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya