Pada artikel alasan menggunakan TikTok untuk bisnis, Sobat pasti sudah memahami beberapa alasan yang menjelaskan mengapa Sobat perlu menggunakan TikTok untuk memasarkan bisnis Sobat.
Nah, jika sekarang Sobat ingin mulai menggunakan TikTok untuk kegiatan pemasaran, tapi masih bingung bagaimana cara memulai agar bisnis Sobat dapat diterima dengan baik oleh audiens, berikut 5 tips menggunakan TikTok agar kegiatan pemasaran bisnis tepat sasaran.

5 tips menggunakan TikTok untuk bisnis
Daftar isi
Pelajari platform
Hal pertama yang perlu Sobat lakukan sebelum menggunakan platform TikTok untuk memasarkan produk adalah memperlajari platform tersebut dengan tujuan meminimalisir kesalahan dalam kegiatan pemasaran nantinya.
Mempelajari di sini bukan hanya sekedar belajar secara teknik seperti mengunggah video atau mengedit video, tapi juga mempelajari jenis konten apa yang diminati dan bagaimana cara berinteraksi dengan pengguna agar bisnis Sobat dapat diterima dengan baik.
TikTok adalah tentang konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Jika Sobat melihat halaman tren TikTok, Sobat akan menemukan banyak video lucu yang diiringi lagu-lagu yang menarik.
Namun, yang perlu Sobat ingat adalah TikTok bukanlah platform yang tepat untuk strategi hard selling. Sobat tidak dapat berjualan secara terang-terangan karena sifat platform TikTok yang memang digunakan untuk edukasi dan hiburan.
Selain itu, menurut GlobalWebIndex mayoritas pengguna TikTok berusia antara 16 dan 24 tahun, jadi Sobat perlu memikirkan cara kreatif agar Sobat dapat terhubung dengan mereka, jika Sobat ingin sukses membangun eksistensi bisnis di platfrom TikTok.
Buat tren dengan hashtag challenge
Hashtag atau tagar adalah cara yang ampuh untuk menjangkau banyak orang pada platform TikTok. Untuk itu, pastikan Sobat menambahkan tagar yang relevan pada setiap video, karena itu adalah cara terbaik untuk mengambangkan eksistensi bisnis secara organik.
Jika Sobat tidak tahu tagar apa yang harus digunakan, ketikkan kata kunci apapun yang masih relevan dengan bisnis Sobat pada menu pencarian atau discover. Selanjutnya sistem TikTok akan menyarankan berbagai tagar tentang topik yang Sobat cari.
Tidak hanya mengikuti tagar yang sudah ada, tapi dengan TikTok Sobat juga dapat menjadi trendsetter. Sobat dapat meluncurkan tren tagar dan mengajak audiens untuk mengikutinya. Semakin banyak orang yang mengikuti tren tagar atau hashtag challenge yang Sobat buat, maka semakin besar juga perhatian yang bisnis Sobat dapatkan.
Buat konten yang menyenangkan
Selanjutnya setelah Sobat tahu bahwa TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas, saatnya untuk membuat konten kreatif Sobat sendiri.
Salah satu keuntungan dari TikTok adalah aplikasi ini sangat ramah untuk semua orang termasuk pemula. Sobat tidak dituntut memiliki skill yang hebat dalam membuat video dan dapat menggunakan ponsel untuk langsung membuat konten.
Satu hal yang perlu diingat adalah meskipun ada banyak sekali konten yang viral dan popular di TikTok, jangan sampai Sobat membuat konten yang tidak sesuai dengan bisnis Sobat hanya untuk mengikuti tren yang ada.
Alih-alih akan bermanfaat bagi bisnis, mengikuti tren konten yang salah akan berisiko membuat citra bisnis Sobat tercoreng.
Bekerja sama dengan influencer
Influencer TikTok mungkin tidak belum sebesar influencer di Instagram. Namun, jika Sobat ingin menjangkau banyak audiens dengan lebih efektif, maka bekerja sama dengan influencer TikTok adalah pilihan yang tepat.
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dari bekerja sama dengan influencer TikTok, pastikan audiens serta jenis konten influencer cocok dengan audiens target bisnis Sobat.
Gunakan fitur iklan
Meskipun masih cukup baru, TikTok memiliki sistem periklanan khusus yang memungkinkan brand dan perusahaan memanfaatkan basis pengguna yang besar.
Tidak perlu khawatir dengan biaya yang besar karena fitur iklan TikTok dapat memungkinkan Sobat untuk mengatur anggaran iklan secara fleksibel. Selain itu dengan fitur iklan Sobat juga dapat memantau audiens secara real-time, menyasar audiens yang sesuai dengan target konsumen serta adanya dukungan pelanggan yang baik.
Jadi, apakah Sobat sudah memahami bagaimana cara memasarkan bisnis di platform TikTok? Jika bisnis Sobat memiliki target audiens dengan umur yang muda, maka TikTok adalah tempat yang tepat untuk menarik perhatian mereka.
Pastikan Sobat menggunakan tips di atas untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi promosi TikTok.
Baca juga: Tips Jualan Online hingga Viral di TikTok




