5 Tips Menyampaikan Informasi Kenaikan Harga Produk kepada Pelanggan

3 August 2021 • By admin_it

Dunia bisnis memang sangat dinamis. Setiap lini prosesnya bisa dipastikan akan selalu berubah termasuk dengan harga produk.

Ada saat di mana Sobat perlu mengganti bahan baku karena Sobat menemukan bahan baku yang lebih berkualitas ataupun karena bahan baku tersebut sudah tidak lagi dapat diproduksi. Apapun alasannya, situasi ini membuat Sobat harus menyesuaikan harga yang mungkin naik atau turun.

Menyampaikan informasi kenaikan harga
5 tips menyampaikan informasi kenaikan harga kepada pelanggan (Sumber: Johann Walter)

Nah, ketika penyesuaian harga ini berarti naiknya harga produk, Sobat akan kembali berhadapan dengan tantangan berikutnya, yaitu menyampaikan informasi kenaikan harga kepada pelanggan dengan baik. Karena siapa yang ingin mendengar bahwa produk yang sering mereka beli akan mengalami kenaikan harga?

Untuk membantu Sobat menyampaikan kenaikan harga produk dengan baik kepada pelanggan, berikut 5 tips yang dapat Sobat lakukan.

5 tips menyampaikan kenaikan harga produk kepada pelanggan

Segera beritahu pelanggan

Bayangkan jika Sobat pergi ke warung makan langganan dengan hanya membawa uang pas sebesar harga makanan yang biasa Sobat pesan, tapi ketika sudah selesai makan dan akan membayar di kasir, Sobat baru diberitahu bahwa harga makanan tersebut naik. Sobat pasti akan marah, kan? Begitu juga dengan konsumen Sobat.

Sangat tidak adil bagi pelanggan untuk tiba-tiba mengetahui ada kenaikan harga pada produk mereka. Jika terjadi kenaikan harga, pastikan Sobat memberitahu terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum kenaikan harga berlaku.

Jika Sobat tidak dapat mengontak pelanggan satu-persatu, maka gunakan channel media sosial yang Sobat miliki untuk memberitahu pelanggan dengan segera.

Selain itu, jika memungkinkan tawarkan beberapa penawaran menarik yang dapat membuat pelanggan tetap akan kembali untuk melakukan pembelian, seperti menawarkan harga bundling ataupun mengajak pelanggan untuk membeli produk dengan harga lama yang masih tersedia dengan memberikan diskon tambahan.

Ingatkan pelanggan bahwa harga yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih baik

Kenaikan harga pasti akan membuat pelanggan bertanya-tanya dan kebingunan, terutama jika mereka telah membeli produk yang sama selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Oleh karena itu, penting bagi Sobat menjelaskan bahwa kenaikan harga adalah untuk meningkatkan kualitas produk.

Karena biasanya, adanya kenaikan harga produk adalah untuk menyesuaikan dengan biaya operasi yang lebih tinggi, kenaikan gaji karyawan, atau kenaikan harga bahan baku. Untuk memastikan tingkat kualitas yang sama, terkadang Sobat memang harus menaikkan harga.

Jelaskan alasan di balik kenaikan harga

Untuk memperjelas bahwa Sobat menaikkan harga untuk menjaga kualitas produk, Sobat harus menjelaskan apa yang menyebabkan kenaikan harga.

Misalnya, karena beberapa bahan mentah menjadi semakin langka dan mahal, perusahaan yang menggunakan bahan baku ini terpaksa menaikkan harga produk. Menyampaikan hal tersebut kepada pelanggan akan membuktikan kesediaan Sobat untuk bersikap transparan serta memberikan informasi edukatif kepada pelanggan.

Pastikan seluruh tim mengetahui kenaikan harga sebelum mengumumkannya kepada pelanggan

Akan sangat memalukan jika seorang pekerja front office tidak diberitahu tentang kenaikan harga dan secara tidak sengaja membebankan harga produk yang lama kepada pelanggan.

Bahkan jika semua karyawan diberitahu tentang informasi kenaikan harga, mereka semua juga harus mengerti lebih detail terkait alasan adanya kenaikan harga seperti ada masalah bahan baku, masalah produksi atau masalah logistik.

Pemahaman ini akan membuat bisnis Sobat memiliki suara yang konsisten tentang masalah ini.

Buka kontak layanan untuk pelanggan yang ingin bertanya lebih lanjut

Pada faktanya, Sobat tidak akan pernah tau apakah informasi yang Sobat sampaikan pada pelanggan telah diterima dengan baik atau sudah memenuhi kebutuhan informasi pelanggan atau belum. Munculnya pertanyaan lanjutan dari pelanggan, pasti menjadi konsekuensinya.

Untuk itu, jika Sobat ingin pelanggan tidak meninggalkan bisnis Sobat karena adanya kenaikan pelanggan, buka lebar channel kontak layanan bagi pelanggan yang masih memiliki pertanyaan terkait kenaikan harga ataupun pertanyaan lainnya.

Cara ini akan membuat pelanggan merasa didengar serta merasa aman karena Sobat selalu ada untuk membantu dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Jadi, apakah bisnis Sobat sedang akan menaikan harga produk karena beberapa alasan dan bingung bagaimana cara menyampaikannya kepada pelanggan? Jika iya, ikuti 5 tips di atas, ya!

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Baca juga: 4 Cara Memasarkan Bisnis Kecil dengan Budget Minim

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks