5 Skill Penting Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Sobat

5 May 2021 • By heppi

Bagi Sobat yang sedang mulai membawa bisnis dari offline ke online, pasti sudah tidak asing dengan digital marketing atau pemasaran digital. Suatu aktivitas yang harus Sobat lakukan untuk dapat mempertemukan produk dengan target konsumen Sobat.

Jika Sobat baru akan memulai aktivitas pemasaran digital, Sobat perlu mengetahui bahwa ada beberpa skill yang perlu Sobat atau karyawan Sobat miliki agar proses aktivitas pemasaran digital berjalan lancar dan efektif.

Skill penting digital marketing
5 skill penting digital marketing untuk mengembangkan bisnis (Sumber: Freepik)

Berikut adalah 5 skill penting digital marketing untuk mengembangkan bisnis Sobat.

5 Skill penting digital marketing

Pembuatan video

Membuat video memang terlihat susah dan tidak memiliki peran untuk meningkatkan angka penjualan bisnis Sobat. Tapi, saat ini permintaan konsumen akan konten video sangat tinggi.

Konten video mungkin tidak akan langsung membawa profit bagi bisnis Sobat, tapi konten video memiliki peran yang besar dalam membentuk brand awareness serta brand trust. Kualitas konten video yang baik membuat konsumen percaya bahwa bisnis Sobat memiliki produk yang layanan yang berkualitas.

Jika Sobat berpikir bahwa Sobat bisa menyewa jasa pembuat video untuk membuat konten video Sobat, Sobat benar. Namun, biaya yang akan dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan jika Sobat atau karyawan Sobat memiliki setidaknya skill basic untuk sekedar membuat video intro bisnis.

Optimasi website

Tahukah Sobat bahwa pengoptimalan situs web memainkan peran penting dalam mendorong sasaran bisnis jangka panjang?

Situs web dengan desain yang menarik serta mudah untuk digunakan oleh kosnumen dan tingkat konversi yang baik adalah situs yang dioptimalkan dengan baik. Hal Ini tidak hanya membantu meningkatkan kinerja tetapi juga mengarahkan lebih banyak traffic ke situs web bisnis Sobat.

Situs web bisnis Sobat harus dioptimalkan sedemikian rupa sehingga ditampilkan di halaman peringkat teratas Google. Setelah peringkat meningkat, maka Sobat dapat menjangkau target konsumen dengan mudah. Pengoptimalan situs web juga akan membuat perbedaan besar dalam penjualan dan tingkat konversi bisnis.

Kemampuan untuk mengumpulkan informasi melalui penelitian

Kemampuan dasar digital marketing lain yang perlu Sobat miliki adalah kemampuan untuk meneliti. Karena dengan melakukan penelitian, suatu bisnis akan banyak mendapatkan manfaat. Salah satunya adalah bisnis akan dapat menggunakan anggaran dengan efektif dan efisien serta mencegah kerugian.

Dengan melakukan penelitian ada banyak sekali pertanyaan yang akan memiliki jawaban yang jelas berdasarkan data, bukan asumsi belaka. Contohnya adalah mengidentifikasi masalah yang menghambat kinerja atau kemampuan untuk menyelesaikan tugas serta menemukan solusinya, menemukan ide baru untuk inovasi produk ataupun layanan, hingga untuk tetap dapat terus relevan dengan tren yang ada.

Content marketing

Skill digital marketing lain yang perlu Sobat miliki adalah content marketing. Karena saat ini hampir seluruh proses bisnis beralih secara online, begitupun dengan pemasaran produk. Era pemasaran produk dengan mendatangi konsumen satu persatu sudah lewat, sekarang Sobat dapat memasarkan produk tanpa harus keluar kantor, karena semua dapat dilakukan secara online.

Karena eranya sudah berubah, strategi pemasarannya pun harus berubah. Saat ini, content marketing merupakan cara yang efektif untuk dapat menjangkau target konsumen bisnis Sobat.

Dengan pemasaran konten, Sobat dapat melakukan banyak hal. Mulai dari menyebarkan awareness atau kesadaran tentang bisnis Sobat, membentuk kepercayaan konsumen, berkomunikasi dengan konsumen, memberi pengetahuan tentang produk yang Sobat tawarkan, hingga menjadi alat untuk meningkatkan angka penjualan.

Kemampuan menulis

Skill digital marketing yang tidak kalah penting adalah kemampuan menulis dan bercerita atau dalam dunia digital marketing dikenal dengan sebutan copywriting dan storytelling.

Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentu akan menarik sejumlah pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak bisa muncul begitu saja. Diperlukan latihan secara konsisten dan keinginan untuk terus belajar.

Sebenarnya, ada banyak skill digital marketing yang perlu Sobat miliki untuk mengembangkan bisnis Sobat, tapi dengan memiliki 5 kemampuan dasar di atas, Sobat setidaknya tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga dan dapat menggunakan anggaran bisnis untuk keperluan lainya.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya